10/29/2017

10 Aplikasi Perekam Layar Android Tanpa Root

Tags

Aplikasi Perekam Layar Android

Teknohits.com - Jika kamu sedang mencari aplikasi perekam layar di Android, kamu datang ke halamam blog yang tepat. Di postingan ini Teknohits akan memberikan aplikasi pilihan perekam layar terbaik untuk membuat rekaman video di layar android kamu. Hebatnya lagi, menggunakan aplikasi ini bisa kamu gunakan tanpa melakukan rooting.

Setelah hari sebelumnya mempublish postingan tentang aplikasi perekam layar PC, ternyata banyak juga dari pembaca yang ingin tau aplikasi apa saja untuk merekam layar di Android.

Mungkin teman-teman yg sedang membaca postingan ini ingin memulai channel YouTube sendiri atau hanya mengambil screencasts perangkat Android. Merekam aksi kamu di layar Android adalah sebuah petualangan itu sendiri. Entah itu tentang memamerkan keahlian bermain game atau membuat video tutorial, pendidikan dll.


Alih-alih menggunakan kamera eksternal, kamu dapat dengan mudah merekam layar perangkat kamu secara langsung dengan menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Di sini Teknohits telah mengumpulkan 10 perekam layar terbaik untuk Android. Semua aplikasi memiliki fitur keren, seperti tombol ajaib yang bisa menyesuaikan video kamu secara otomatis ke rekaman video game dan menangkap framerate yang lebih tinggi. Mari kita lihat beberapa aplikasi Android untuk merekam layar android kamu.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik 2017


1. AZ Screen Recorder - No Root


AZ Screen Recorder - No Root

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar android paling populer di Google Play Store. Selain bisa menciptakan video HD dan Full HD, AZ adalah satu-satunya aplikasi screencast yang bisa dijeda dan dilanjutkan saat merekam.

Kamu diizinkan untuk menggunakan mikrofon dan memasukkan audio beserta tangkapan layarnya. Tombol Magic, overlay kamera depan dan gambar pada fungsi layar adalah fitur utama untuk mendorong popularitasnya. Aplikasi AZ gratis tidak ada watermark didalamnya, AZ Screen Recorder menyediakan banyak pengaturan untuk merekam layar ponsel kamu.

2. ADV Screen Recorder


ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder memiliki banyak kemiripan sperti AZ Screen Recorder, terutama pada pengaturannya. ADV menawarkan kamu untuk merekam layar ponsel kamu dengan resolusi yang bisa berkisar antara 240p sampai 720p, kecepatan bit dari 2 Mbps sampai 15 Mbps, dan frame rate dari 24 FPS menjadi 60 FPS.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menyertakan isyarat sentuhan dan menambahkan hitungan mundur 3 detik sebelum memulai perekaman layar, dan merekam audio eksternal.

3. Perekam Layar Mobizen (Screen Recorder)


Mobizen

Mobizen adalah aplikasi perekam layar yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu merekam dan mengedit klip. Mobizen menawarkan perekaman FULL HD dengan Resolusi 1080P, Kualitas 12,0 Mbps, 60 FPS. Kamu bisa memasukkan musik latar favorit kamu atau bisa memasukan suara kamu sendiri. Selain suara, kamu juga bisa melakukan video intro dan outro.

Mobizen sangat bagus untuk merekam layar saat bermain game, merekam layar bersamaan dengan merekam wajah kamu bereaksi terhadap tindakan di layar. Mobizen adalah aplikasi gratis lainnya yang menawarkan tanpa ada watermark.

4. DU Recorder - Perekam Layar & Editor Video


DU Recorder

DU Recorder adalah salah satu aplikasi perekaman layar terbaik yang bisa kamu coba. Aplikasi DU Recorder memiliki banyak pengaturan yang berbeda untuk merekam layar smartphone kamu. Sebagai permulaan, kamu bisa memilih resolusi dari 240p sampai 1080p, kecepatan bit dari 1 Mbps sampai 12 Mbps, dan frame rate dari 15 FPS menjadi 60 FPS.

Rekaman bisa dimulai baik langsung atau dengan hitungan mundur 3, 5, atau 10 detik. Selanjutnya, kamu dapat mengkonfigurasi setelan aplikasi untuk merekam audio eksternal juga. Saat memulai perekaman layar, kamu bisa menggoyangkan ponsel untuk menghentikan rekaman tersebut.

5. SCR Screen Recorder


SCR Screen Recorder

Aplikasi SCR saat ini tidak tersedia di Google Play Store, padahal aplikasi ini memiliki banyak fitur unik. Kamu bisa mendapatkan file APK dari situs web pengembang lainya. SCR mendukung Android 4.0 dan versi yang lebih baru, walaupun kamu memerlukan akses root untuk dapat menggunakannya di Kitkat dan Jellybean.

Selain merekam layar kamu, SCR bisa merekam audio atau yang keren lainya yaitu menambahkan overlay kamera menghadap ke depan. Ini sangat berguna jika kamu ingin menggunakannya untuk video YouTub..

6. Screen Recorder


Screen Recorder

Perekam Layar yang satu ini menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Yang membedakannya dari aplikasi lainnya adalah frame rate dan bit rate yang ditawarkannya.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Screen Recorder memungkinkan kamu untuk merekam layar dengan frame rate dari 15 FPS menjadi 80 FPS dan kecepatan bit rendah serendah 512 Kbps sampai 20 Mbps. Selain itu, kamu juga bisa merekam video dan audio eksternal dengan kualitas yang bisa diatur dari 32 kbps sampai 128 kbps.

7. Lollipop Screen Recorder


Lollipop Screen Recorder

Sesuai namanya, aplikasi ini hanya tersedia di Android Lollipop saja. Ini adalah salah satu aplikasi paling sederhana dalam daftar ini dan hanya memberi kamu opsi dasar seperti orientasi resolusi dan layar.

Untuk mulai merekam, kamu perlu membuka aplikasi dan klik ikon yang disorot di atas. Untuk berhenti merekam, cukup tekan notifikasi aplikasi. Aplikasi ini juga bisa merekam audio, meski tidak ada bit dan fitur berenda lainnya yang bisa dibicarakan. Ini adalah pilihan bagus bagi kamu yang tidak mau ribet.

8. Rec. (Screen Recorder)


Rec.

Dengan apliaksi Rec., kamu mendapatkan banyak pilihan penyesuaian. Meskipun versi gratis hanya menawarkan fitur dasar seperti resolusi kustom, bit rate kustom, penghitung waktu mundur yang telah ditentukan sebelumnya 10 detik, dan pilihan untuk menyertakan audio.

Sebagian besar fitur keren pada aplikasi ini dapat diakses dengan membeli versi pro, kamu bisa mendapatkan akses ke fitur canggih seperti menggoyangkan perangkat untuk menghentikan perekaman, menyembunyikan pemberitahuan yang sedang berlangsung untuk aplikasi, menunjukkan sentuhan, waktu yang disesuaikan, menentukan preset dan pastinya bebas dari iklan.

9. ilos Screen Recorder


ilos

Perekam Layar ilos bisa kamu gunakan tanpa root dan tidak ada iklan atau batas waktu untuk perekaman layar. Setelah kamu membuka aplikasi, kamu akan diminta untuk mendaftar atau masuk, namun kamu dapat mengabaikannya dan menyentuh tombol besar di tengah untuk mulai mengambil gambar.

ilos akan menampilkan notifikasi, dan kamu dapat menekan "Start" untuk mulai merekam. Kamu harus kembali ke aplikasi untuk menghentikan rekaman. Setelah selesai, kamu dapat melihat hasil rekaman kamu dari dalam aplikasi ilos. ilos tidak memiliki banyak fitur tapi lebih mudah digunakan untuk merekam layar.

10. Google Play Games


Google Play Games

Sebagian besar perangkat Android sudah dilengkapi dengan aplikasi Google Play Game. Jika perangkat pada perangkat kamu tidak ada, Teknohtis akan sangat menyarankan kamu untuk mendownloadnya. Meskipun tidak memungkinkan kamu untuk merekam semua aktivitas pada layar, namun fitur built-in ini memungkinkan kamu untuk merekam gameplay permainan apa pun yang tersedia di Play Store.

Untuk merekam permainan, cari permainan di Google Play Game, ketuk ikon rekaman, lalu pilih kualitas video. Kamu bisa memilih dari resoulusi 480p atau 720p. Selanjutnya, kamu akan diminta meluncurkan aplikasi setelah kamu memulai rekaman.


Catatan: Semua aplikasi perekam layar di atas memang tidak membutuhkan akses root untuk menjalankannya, akan tetapi beberapa aplikasi di atas hanya dapat berjalan pada OS versi 5.0 (lolipop) keatas. Jadi kalau OS Android yang kamu punya saat ini versi 5.0 kebawah, android kamu harus di root dulu agar bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Itulah sepuluh aplikasi untuk menangkap atau merekam layar video perangkat Android kamu. Mereka semua memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi cobalah beberapa dari aplikasi di atas untuk melihat fitur dan kecocokan yang terbaik untuk android kamu.


EmoticonEmoticon