10/20/2017

Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Tags

Fitur Baru WhatsApp Bisa Melacak Posisi Teman
Live Location WhatsApp, © blog.whatsapp.com

Teknohits.com - WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan fitur barunya yaitu Live Location , fitur baru ini bisa membagikan lokasi kita ke orang lain secara real time. Fitur ini sama seperti Live Action di Facebook yang merupakan induk dari perusahaan WhatsApp.

Fitur ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya Google Maps sudah lebih dulu menghadirkan fitur Live Location dengan mekanisme yang sama.

Fitur baru ini mengikuti pesaingnya, yaitu Telegram, yang sebelumnya juga sudah merilis fitur yang serupa. WhatsApp berjanji kalau fitur ini akan sama seperti layanan lainnya yang dienkripsi secara end-to-end, sehingga para pengguna tidak perlu khawatir lagi soal keamanan.

Fitur baru ini juga punya penanda waktu, yang bisa diatur oleh pengguna agar Live Location ini mati secara otomatis sesuai waktu yang telah di tentukan.

Pengguna bisa memilih lokasi real-time dengan siapa saja dan waktu seberapa lama yang diinginkan. Durasinya bisa mulai dari 15 menit hingga berjam-jam, tergantung kebutuhan pengguna.


Live Location di WhatsApp sendiri sudah mulai disebar 2 hari ya untuk segelintir orang. Pengguna secara keseluruhan, baik pengguna Android maupun iOS, dijanjikan bakal kebagian dalam beberapa minggu ke depan.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Live Location di WhatsApp ?


1. Buka ruang chat personal atau grup WhatsApp. Tekan ikon untuk menyisipkan dokumen dan file, lalu pilih menu "Location".
2. Selanjutnya, pilih menu "Share Live location" di layar peta yang akan muncul kemudian.

Cara menggunakan Live Location WhatsApp
Ketika baru pertama kali menggunakan Live Location, WhatsApp akan memberikan peringatan bahwa lokasi kamu bakal terlacak oleh teman personal atau grup WhatsApp. Kamu bisa menekan "Continue" untuk melanjutkannya.
3. Selanjutnya, kamu bisa memilih durasi membagi Live Location, mulai dari 15 menit, satu jam, hingga delapan jam. Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan komentar pada pembagian Live Location tersebut.
4. Terakhir, tekan tombol Send.
Jika kamu terlanjur memilih durasi tertentu dan ingin berhenti membagi lokasi sebelum durasi berakhir, kamu bisa langsung menyetopnya dengan menekan "Stop Sharing" pada tautan Live Location.
Setelah selesai membagikan Live Location, teman yang telah dipilih bisa melihat lokasi tersebut, dapat menyaksikan lokasi si pengguna di peta sekaligus pergerakannya secara real time. Dan jika dilakukan dalam grup chat, Live Location juga bisa dilakukan secara serentak dengan beberapa orang sekaligus.

Dari sisi pelacak, kamu cukup membuka tautan Live Location yang dibagikan. Khusus di grup, anggota-anggota yang turut membagi Live Location mereka di saat bersamaan akan muncul pada satu antarmuka peta digital WhatsApp. Kamu bisa melacak teman A, B, dan C, sedang di mana dalam satu waktu.

Sekian, selamat mencoba!


EmoticonEmoticon