10/24/2017

Cara Nonton YouTube Offline di Android

Tags

Cara Nonton Video YouTube Offline di Android

Teknohits.com - Mengunduh dan menonton video YouTube secara offline sangat berguna jika suatu saat kamu berencana untuk menghabiskan waktu di lokasi tanpa akses Internet, sedangkan kamu masih ingin menontonnya untuk hiburan sesaat.

Menonton video YouTube secara offline juga dapat membantu kamu dalam menghemat kuota bulanan jika kamu sering menonton video yang sama beberapa kali. Video YouTube dapat diunduh dan ditonton secara offline menggunakan komputer, iOS atau Android.

Keuntungan menonton video YouTube secara offline


1. Bebas dari iklan
2. Tidak kesal karna buffering
3. Lebih hemat kuota dan batterai
4. Nonton jadi lebih enak dengan resolusi video terbaik

Pada tutorial kali ini, Teknohits akan memposting cara nonton video YouTube tanpa koneksi internet (offline) pada aplikasi seluler YouTube.

Aplikasi seluler YouTube menyediakan kontrol yang memungkinkan kamu menandai video atau daftar putar untuk pemutaran offline. Dengan fitur ini, kamu dapat menikmati video favorit kapan saja tanpa sambungan Internet.

Oh iya, sebelum lanjut ke tutorial, Teknohits mau berbagi pengetahuan sedikit tentang kebijakan YouTube soal video yang akan kamu download, berikut adalah sedikit kutipan yang diambil dari kebijakan YouTube.

Apakah mengunduh sesuai persyaratan layanan YouTube ?


Mengutip Bagian 5.1 M dari ToS:

"Anda tidak boleh menyalin, mereproduksi, mendistribusikan, mengirimkan, menyiarkan, menampilkan, menjual, melisensikan, atau mengeksploitasi Materi apa pun untuk tujuan lain tanpa izin tertulis dari YouTube atau pemberi lisensi Konten tersebut."

Ada lebih banyak jargon hukum dalam dokumen, yang dapat ditemukan di laman Persyaratan YouTube, namun untuk memasukkannya ke dalam bahasa yang sedikit lebih mudah dimengerti, untuk mendownload video YouTube Anda memerlukan izin dari orang yang mengunggah konten tersebut, atau YouTube itu sendiri.
Hanya sedikit memperingati, supaya kita bisa lebih menghargai karya orang lain, oke sekarang lanjut ke tutorial.


Video yang akan di download pada tutorial kali ini adalah video yang diunggah oleh Pak Jokowi Widodo sang Presiden Republik Indonesia saat ini, dan tidak ketinggalan juga dengan hastag ciri khasnya yaitu #JKWVLOG, video log ini dibuat saat Pak Jokowi berkunjung ke kawasan parawisata di Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berikut adalah vlog Pak Jokowi Widodo saat berkunjung ke Mandalika


Bagaimana agar bisa nonton video YouTube offline di Android ?


1. Buka aplikasi YouTube, selanjutnya cari video yang ingin kamu download agar bisa nonton video secara offline.
2. Buka video kemudian langsung saja tekan tombol Download, lihat gambar dibawah.

Mendownload video youtube di Android

Jika kamu menggunakan aplikasi YouTube versi jadul, kamu bisa menentukan kualitas video yang akan di download (aplikasi akan memberi pilihan kualitas Rendah - 144p, Sedang - 360 atau Tinggi - 720 sebelum memulai download).

Sedangkan pada aplikasi YouTube versi terbaru, saat mendownload kamu tidak akan menemukan pilihan resolusi video yang akan di download, video akan di download secara otomatis dengan kualitas terbaik.

3. Tunggu proses download hingga selesai, jika sudah selesai video akan tersimpan kebagian menu Koleksi.

Selesai download video youtube

4. Sekarang coba nonaktifkan koneksi internet.
5. Kemudian buka aplikasi YouTube > masuk ke menu Koleksi / Offline > Play video yang barusan kamu download.

Nonton video youtube offline

Horeee... sekarang kamu sudah bisa menonton video youtube dalam keadaan koneksi internet offline dan pastinya gak takut kehabisan kuota lagi.

Catatan: Tidak semua video di YouTube bisa kamu download supaya bisa nonton secara offline. Biasanya video official seperti music gak bisa di download.

Contoh video YouTube yang gak bisa di download dari aplikasi seluler YouTube


Video youtube yang tidak bisa di download

Pada tombol download tidak bisa diklik dengan ditandau coret ( fitur download atau tonton offline dimatikan). Walaupun fitur dimatikan kamu masih bisa menggunakan cara lain untuk menonontonya secara offline, masih banyak solusinya.

Untuk menonton video youtube secara offline, kamu bisa mendownloadnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu video downloader yang ada di Google Play Store, cek dulu disini aplikasi download video YouTube di Android gratis.

Jika ada pertanyaan seputar cara nonton video YouTube Offline , teman-teman bisa berkomentar pada bagian akhir artikel ini. Sekian.


EmoticonEmoticon