10/21/2017

7 Fitur Rahasia di Android yang Jarang Diketahui

Tags

Fitur Rahasia di Android

Teknohits.com - Siapa sih yang gak punya smartphone di zaman millenium sekarang ini? Akibat dari permintaan smartphone yang tinggi, perusahaan teknologi pun antusias berlomba-lomba untuk menunjukkan produk smartphone terbaiknya.

Smartphone Android dengan pengguna terbanyak dengan berbagai fitur menarik di dalamnnya, ternyata memiliki beberapa fitur rahasia lainya yang mungkin belum banyak diketahui pengguna.

Fitur rahasia ini bukan cuma sekadar untuk personalisasi saja, tapi juga bisa membantu kegiatan kamu sehari-hari.

Yuuk cari tau, fitur rahasia apa saja yang ada di Android kamu!

Tujuh Fitur Android yang Jarang Diketahui, Apa Saja ?


1. Penelusuran suara dengan layar terkunci


Mungkin beberapa pengguna mengetahui trik ini: beberapa smartphone Android dapat melakukan pencarian dengan mengatakan "OK Google" bahkan saat layar smartphone mati! Sayangnya, hanya smartphone dengan sistem deteksi suara yang diaktifkan saja yang mampu melakukan fungsi ini.

Untuk mengetahui apakah smartphone kamu mampu melakukan fitur ini, cek pengaturan di smartphone Android kamu.
Caranya:
buka Setelan > Google Penelusuran dan Google Now > Suara > Deteksi OK Google > Selalu Aktif. Ingat bahwa kamu harus melatih Google dulu untuk mengenali suara kamu (opsi ini ada di layar yang sama). Smartphone yang tidak menawarkan deteksi 'layar dimatikan' akan memiliki opsi lain yang disebut "Dari sembarang layar" dan bukan "Selalu Aktif".

2. Sederhanakan keamanan smartphone Android kamu


Smart Lock adalah fitur yang hadir di Android versi Lollipop dan di atasnya, sudah saatnya kamu mendapatkan fitur keamanan ini. Fitur yang kurang digunakan namun praktis ini memungkinkan kamu untuk mengunci telepon dengan aman, melalui pengaturan yang sangat sederhana.
Caranya:
Buka Pengaturan > Keamanan > Agen Tepercaya dan aktifkan fitur Smart Lock. Setelah diaktifkan, kamu dapat memilih perangkat tepercaya (seperti smartwatches atau headset Bluetooth), situs terpercaya (seperti rumah atau kantor kamu), wajah (penguncian wajah), penguncian suara, atau deteksi penggunaan oleh pemiliknya.

3. Membuka fitur tersembunyi (Opsi Pengembang)


Mengaktifkan opsi pengembang terdengar seperti tindakan yang menakutkan, namun fitur itu sudah dimiliki smartphone kamu dan kamu dapat menggunakannya kapan pun kamu mau.

Bahkan jika kamu tidak menganggap diri kamu sebagai pengembang, siapapun dapat menggunakan fitur tersembunyi ini untuk mengaktifkan tweak yang mudah. Mungkin saja telepon kamu bisa memiliki kecepatan baru dengan mematikan animasi, meningkatkan kinerja GPU di game, debug koneksi USB dan banyak lagi.

mengaktifkan opsi pengembang
Mengaktifkan opsi pengembang, © androidpit.com
Caranya:
Langkah pertama buka Pengaturan > Tentang telepon, lalu gulir untuk membuat nomor dan sentuh tujuh kali berturut-turut.

Dengan demikian, kamu akan diberi tahu bahwa kamu telah menjadi pengembang. Sekarang, kembali ke menu pengaturan biasa dan gulir ke bawah. Tepat di atas "Tentang telepon", kamu akan melihat opsi Pengembang.

4. Android bisa jadi pemindai dokumen


Kini smartphone kamu bisa berfungsi sebagai scanner yang sangat serbaguna. Meski kualitasnya tidak sebagus seperti alat Scanner pada umumnya, namun menggunakan smartphone akan lebih praktis prosesnya.
memindai dokumen menggunakan CamScanner

Jika kamu ingin menggunakan ponsel sebagai pemindai, cukup mengambil foto dokumen dan menyimpannya sebagai gambar, atau kamu dapat menggunakan aplikasi dari Google Play Store untuk mengubahnya menjadi ponsel scanner. Rekomendasi menggunakan aplikasi scanner android terbaik, yaitu CamScanner.

5. Tinggalkan rincian kontak, berguna jika kamu kehilangan smartphone


Ini adalah fitur paling berharga bagi seseorang yang sering kehilangan atau meninggalkan telepon mereka di tempat tertenu. Jika telepon kamu hilang dan kamu berpikir seseorang akan mengambilnya, kamu dapat meninggalkan pesan di telepon dengan rincian kontak kamu.

tinggalkan rincian kontak di smartphone
Rincian kontak di smartphone, © androidpit.com
Caranya:
Buka Pengaturan > Keamanan > Kunci pesan layar untuk menambahkan rincian atau instruksi kontak kamu. Masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi atau alamat e-mail kamu.

6. Mengaktifkan tema gelap


Android Marshmallow telah meninggalkan tema gelap untuk saat ini, namun masih ada cara lain untuk membuat tema gelap sendiri.

mengaktifkan tema gelap di android
Mengaktifkan tema gelap, © androidpit.com
Caranya:
masuk ke Setting > Accessibility > tap Inverted Rendering untuk mendapatkan tema gelap yang kamu inginkan.
Screenshots tidak akan memperhitungkan mode gelap dan ini akan mempengaruhi tampilan ikon aplikasi. Selain itu, dengan menggunakan tema gelap (tidak banyak warna) akan lebih menghemat baterai!

7. Akses tab Chrome dari perangkat lain


Jika kamu menggunakan Chrome sebagai browser default, apakah kamu tahu bahwa kamu juga dapat mengakses tab Chrome yang terbuka di ponsel atau tablet lain ?
Pastikan bahwa akun kamu sudah terhubung (log in) di Browser Google Chrome
Caranya:
Klik pada tab terakhir (kiri) untuk mengakses tab Chrome kamu di semua perangkat kamu yang lain.
Selama kamu sudah terhubung ke Chrome, saat membuka tab baru di perangkat yang lain, kamu akan melihat opsi "tab terbaru" di kanan bawah layar. Ketuk ini untuk melihat semua URL terbuka di perangkat kamu yang lain.

Itulah beberapa fitur rahasia yang ada di smartphone Android yang mungkin belum banyak diketahui orang. Apakah ada rahasia Android lainnya yang kamu ketahui ? Beri tahu kami dengan cara berkomentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon