11/25/2017

Apa Itu Proxy dan Fungsi Proxy


Apa Itu Proxy, Fungsi Proxy dan Jenis-jenis Proxy

Teknohits.com - Apa itu Proxy ? Proxy atau Proxy Server adalah server perantara yang memungkinkan pengguna membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya. Dengan menghubungkan melalui salah satu server proxy, komputer akan mengirimkan permintaan ke server proxy yang kemudian server proxy memproses permintaan dan mengembalikan apa yang komputer inginkan.

Cara Kerja Proxy

Jika kamu ingin menjelajahi web secara anonim maka proxy bisa digunakan untuk menyembunyikan alamat IP kamu. Dengan terhubung ke internet melalui proxy, alamat IP kamu tidak akan ditampilkan, melainkan IP dari server proxy lah yang akan ditampilkan.

Fungsi Proxy


1. Proxy sebagai Conecting Sharing

Salah satu fungsi proxy adalah untuk connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

2. Proxy sebagai Monitoring dan Filtering

Proxy dapat digunakan untuk menyaring permintaan pengguna, dan memblokir konten tertentu atau halaman web agar tidak dapat diakses. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan server proxy penyaringan konten yang membedakan tingkat kontrol pengguna terhadap konten, berdasarkan jenis pengguna - Tamu atau Administrator.

3. Proxy sebagai Caching

Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai caching, maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

Jenis-jenis Proxy


Ada beberapa jenis proxy yang berbeda, semuanya dengan berbagai tujuan dan fungsi yang sama. Beberapa jenis proxy yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Web Proxy - Jenis proxy yang paling umum, web proxy menyimpan koleksi halaman web di cache lokal untuk mengaksesnya dengan cepat. Jika halaman yang kamu minta tidak ada dalam cache, proxy web akan mengakses halaman dari server dan kemudian menyimpannya di cache untuk permintaan di masa depan. Jenis proxy ini digunakan untuk meningkatkan kinerja web.
  • Transparent Proxy - Proxy transparan dapat digunakan untuk menghilangkan internet positif pada suatu web. Saat menggunakan jenis proxy ini, situs web yang kamu akses akan tahu bahwa kamu mengakses melalui proxy dan masih dapat melihat alamat IP asli kamu.
  • Anonymous Proxy - Proxy anonim seperti proxy transparan karena dapat digunakan untuk membuka blokir situs. Perbedaannya adalah situs tersebut tidak akan bisa melihat IP asli kamu.
  • Distorting Proxy - Jenis proxy ini juga bekerja dengan cara yang mirip dengan transparent proxy. Proporsi distorsi, bagaimanapun, menyediakan situs web yang kamu akses dengan alamat IP palsu, bukan yang asli.
  • Reverse Proxy - Proxy jneis ini juga menggunakan caching untuk meningkatkan kinerja web, namun ini lebih untuk keuntungan server daripada pengguna individual. Reverse proxy dapat digunakan untuk membantu beban lalu lintas pada server tertentu.

Dimana saya bisa mendapatkan Proxy ?


Ada sejumlah Web Proxy yang menyediakan layanan Proxy secara gratis. Kamu bisa menemukan daftar proxy hanya dengan mengetikkan "Proxy List" di mesin pencari manapun (Google, Bing, Yahoo). Ada beberapa proxy yang gratis dan beberapa di antaranya mengenakan biaya, pilihannya terserah kamu.

Catatan: Menggunakan proxy berbayar lebih dapat diandalkan, lebih cepat dan lebih aman.

Apakah Proxy dari Web Proxy aman digunakan ?


Banyak dari kita menggunakan situs web proxy untuk membuka situs yang diblokir secara gratis. Perlu kamu ketahui bahwa situs proxy dapat mengancam privasi dan keamanan online kamu! Sebuah server proxy membutuhkan banyak uang untuk merawatnya, jadi jika penyedia proxy tidak menagih kamu apa-apa, kamu mungkin perlu bertanya darimana uang mereka dihasilkan.

Salah satu cara situs web proxy menghasilkan uang adalah dengan menyimpan data pengguna dan kemudian menjual data tersebut ke pihak ketiga. Pada tahun 2015, layanan proxy gratis Hola tertangkap menjual bandwidth penggunanya.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh Web Proxy


Web Proxy adalah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy diantaranya sebagai berikut ini:

  • Dapat menyembunyikan alamat IP address.
  • Dapat dipakai untuk mengakses suatu website yang telah di blok oleh ISP atau suatu organisasi.
  • Dapat di gunakan untuk men-blok website agar tidak dapat diakses.
  • Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan akan di encrypt.
  • Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna.

Kesimpulan Proxy

Proxy mampu membuka blokir konten yang dibatasi geo juga digunakan untuk proxy web publik. Proxy server yang paling populer yang digunakan saat ini adalah Web Proxy, dan digunakan untuk menyaring konten dan memungkinkan penjelajahan anonim.

Meskipun proxy bisa anonim dan penyaringan konten, namun sebagian besar terbatas pada penjelajahan web dan juga kurangnya keamanan. Untuk komunikasi lebih aman dan terenkripsi dengan perlindungan privasi tinggi, Teknohits merekomendasikan yang lebih aman, yaitu VPN.


Referensi : Wikipedia, www.zenmate.com, www.pengertianku.net, www.iplocation.net


EmoticonEmoticon