11/24/2017

Apa itu VPN dan Fungsi VPN pada Jaringan Internet


Apa itu VPN dan Fungsi VPN pada Jaringan Internet

Teknohits.com - Apa itu VPN ? VPN (Virtual Private Network) adalah alat yang dirancang untuk menjaga identitas pengguna internet agar tetap aman, pribadi dan anonim. Klien VPN membuat layanan ini agar pengguna dapat terhubung ke internet melalui server yang dijalankan oleh penyedia VPN. Semua data yang berjalan di antara komputer, telepon atau tablet kamu, dan "server VPN" ini aman karna sudah dienkripsi.

Untuk lebih memahami apa itu VPN, pertama kamu harus tahu tentang apa itu alamat IP. Alamat IP adalah kumpulan nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi komputer secara online, ini seperti alamat pos untuk komputer, smartphone, atau perangkat lain yang memiliki akses ke internet.

Sementara alamat IP diperlukan untuk mengirim informasi melalui internet, mengganggu alamat IP juga menunjukkan lokasi geografis kamu ke situs web atau aplikasi apa pun yang ingin kamu akses.

Di sinilah fitur VPN masuk: Penyedia VPN memiliki server yang berada di berbagai lokasi di seluruh dunia dan dapat mengarahkan lalu lintas kamu untuk menyembunyikan alamat IP asli dan menukarnya dengan alamat IP dari server. Secara sederhana, alamat IP kamu akan ditukar dengan alamat IP baru yang berasal dari lokasi yang diinginkan.

Apa saja fungsi dan kegunaan dari VPN ?


Ada tiga hal yang bisa dilakukan dengan VPN.

Pertama, VPN menyembunyikan identitas online kamu, artinya kamu tidak dapat dilacak oleh penjahat dunia maya, seperti hacker, biro iklan atau pemerintah. Semua aktivitas online kamu akan anonim (rahasia) dan kamu dapat menjelajah semua website tanpa meninggalkan jejak.

Kedua, kamu juga dapat menggunakan VPN untuk mengakses situs streaming yang diblokir atau membuka situs web yang diblokir atau tidak tersedia di lokasi kamu saat ini, baik karena penyensoran atau pembatasan geo.

Ketiga, Remote Access - Dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan lain, dari mana saja selama masih terhubung ke jaringan internet atau publik.

Bagaimana VPN melindungi sebuah data ?


VPN dapat menggunakan "protokol VPN" yang berbeda, yang menawarkan standar enkripsi dan tingkat keamanan yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya:

  • IP security (IPsec): Protokol ini biasanya digunakan bersamaan dengan L2TP (Layer 2 Tunnel Protocol) untuk mengenkripsi lalu lintas. Secara keseluruhan, ini diyakini sebagai metode yang aman, namun dapat memperlambat lalu lintas jika dibandingkan dengan protokol VPN lainnya.
  • OpenVPN: OpenVPN adalah protokol VPN terbaru dan paling aman saat ini. Ini jauh lebih cepat daripada metode lain. OpenVPN tidak terintegrasi ke dalam sistem operasi populer, yang berarti kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga, seperti aplikasi ZenMate, OpenVPN atau aplikasi VPN terbaik lainya.
  • PPTP: Ada banyak masalah keamanan yang diketahui dengan protokol tunneling point-to-point (PPTP). Untuk sementara, diasumsikan bahwa NSA mendekripsi koneksi PPTP yang berarti keamanan yang ditawarkan oleh metode ini meragukan.
  • SSTP: Secure Socket Tunneling Protocol juga merupakan bentuk protokol yang sangat aman dan menggunakan enkripsi AES, yang pada dasarnya merupakan standar dalam metode enkripsi. Secara keseluruhan SSTP menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, kelemahan utama SSTP adalah sebagian besar hanya digunakan untuk pengguna OS Windows.

Mengapa harus menggunakan VPN ?


Layanan VPN adalah teknologi yang harus diketahui pengguna internet. Berikut adalah 3 contoh sehari-hari ketika kamu benar-benar harus menggunakan VPN saat menggunakan Internet.

  • Saat menggunakan wifi publik: Jaringan wifi umum adalah tempat yang sangat mudah bagi peretas untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi kamu seperti kata sandi dan rincian perbankan. Menggunakan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas akan menghentikan peretas untuk melihat data dan identitas kamu dan kemudian mencurinya. Maka dari itu, jadilah anonim dengan menggunakan VPN.
  • Melewati penyensoran ketat: Banyak negara di dunia menyensor sebagian internet, termasuk media sosial, platform perpesanan, dan situs dewasa. Dengan VPN kamu dapat melewati penyensoran dan membuka blokir situs apa pun.
  • Saat torrenting: Torrenting adalah cara terbaik untuk berbagi file secara online, namun masalah dengan torrenting adalah bahwa semua orang yang kamu hubungkan dapat melihat alamat IP kamu. Jika kamu tidak ingin ada yang melacak kamu saat sedang torrenting maka sebaiknya kamu menggunakan VPN.
Untuk menggunakan VPN kamu harus mendaftar layanan VPN ke salah satu Penyedia VPN, biasanya harga VPN antara $5 - $10 per bulan.
Kesimpulan VPN

VPN adalah alat yang sangat serbaguna yang akan meningkatkan pengalaman berinternet, menghindari kemungkinan terkena hack, dan mencegah pemerintah untuk tidak melihat semua yang kamu lakukan secara online.

Referensi : www.zenmate.com


EmoticonEmoticon