11/27/2017

4 Cara Melihat IP Laptop atau Komputer Sendiri


Cara Melihat IP Laptop atau Komputer

Teknohits.com - Pada tutorial kali ini Teknohits akan berbagi panduan langkah demi langkah bagaimana cara melihat ip laptop atau komputer kita.

Alamat IP atau alamat Protokol Internet adalah label numerik yang digunakan di jaringan untuk mengidentifikasi dan menemukan perangkat jaringan. Memiliki alamat IP memungkinkan perangkat saling berkomunikasi dengan perangkat lain melalui jaringan berbasis IP seperti internet.

Komputer, printer jaringan, smartphone, tablet, media streamers dan semua perangkat lainnya yang terhubung ke jaringan internet memiliki alamat IP.

Bila laptop kamu terhubung ke jaringan, maka laptop kamu akan diberikan alamat pada jaringan yang disebut alamat IP. Setiap komputer yang terhubung ke jaringan memiliki alamat IP dan hanya akan memiliki 1 alamat IP saat terhubung ke router.

Oke langsung saja, langkah-langkah di bawah ini akan membantu kamu untuk mengetahui alamat IP Publik dan IP Private laptop atau komputer.

Cara Mengetahui IP Private dan Publik di Laptop atau Komputer


Melihat Alamat IP Laptop menggunakan Command Prompt (CMD)


1. Pada menu Start (atau start screen di Windows 10) ketik "cmd.exe" dan tekan Enter.
Ini akan membuka Command Prompt - jendela hitam seperti di bawah ini. Teknohits menggunakan Windows 10, tapi tenang saja, semua fungsi dan tampilan sama seperti pada versi Windows sebelumnya.

Command Prompt (CMD)

2. Kemudian ketik "ipconfig" dan tekan Enter seperti gambar di bawah ini.

Ketik ipconfig di CMD

3. Setelah menekan Enter, kamu akan mellihat banyak informasi tentang adapter jaringan komputer kamu. Pada jendela cmd kamu bisa melihat alamat IPv4 192.168.1.100, ini adalah alamat IP private laptop. Dan Default Gateway adalah alamat ip router yang terhubung ke komputer, dan alamatnya adalah 192.168.1.1.

Alamat IP komputer akan terdiri dari empat kelompok hingga tiga nomor, dan dipisahkan oleh periode. Misalnya, IP komputer punya saya adalah 192.168.1.100.

Melihat alamat IPv4 IP Laptop

Cek IP Private Laptop dari Network Connections


1. Buka jendela Network Connections. Kamu dapat dengan cepat mengakses jendela ini di versi Windows manapun dengan cara menekan Win + R dan mengetik "ncpa.cpl". Tekan Enter untuk membuka jendela.

Buka jendela Network Connections

2. Selanjutnya klik kanan pada koneksi jaringan yang sedang aktif . Pilih Status dari menu. Ini akan membuka jendela Network Connections.

Network Connections

3. Setelah jendela Network Connection muncul. Klik tombol Details untuk melihat rincian lengkap status koneksi jaringan laptop kamu.

Klik Detail Network Connections

4. Akan membuka jendela Network Connection Details. Alamat IP Private kamu akan tercantum dalam entri "Alamat IP" atau "Alamat IPv4".

Detail Network Connections

Melihat IP Publik Laptop dari Search Engine Google


1. Buka Bing atau Google. Kedua mesin pencari ini akan memungkinkan kamu menemukan alamat IP eksternal atau publik dengan cepat. Ini adalah alamat wifi, router atau modem kamu yang bisa dilihat oleh internet.

2. Ketikip address ke kolom Pencarian. Tekan Enter. Perintah pencarian ini akan menampilkan alamat IP publik kamu. Ini bekerja di Google, Bing, Ask, DuckDuckGo, dan beberapa mesin pencari lainnya, namun tidak bekerja dengan mesin pencari Yahoo.

Melihat IP Publik Laptop dari Search Engine Google


Melihat IP Publik dari Website


Cara cepat lainya untuk cek IP publik adalah dengan mengakses web yang memberikan detail informasi alamat protokol internet laptop kamu.

1. Kunjungi whatismyipaddress.com
2. Disana kamu akan melihat detail IP publik (IPv4 atau IPv6), ISP yang dipakai, Kota dan Negara. Untuk lokasi kota, sepertinya website ini belum bisa memberikan informasi yang akurat.

Melihat IP Publik dari Website

Nah sekarang teman-teman sudah tahu bagaimana cara melihat IP address pribadi ataupun IP publik tanpa bantuan aplikasi.

Oh iya, Jika kamu tahu cara lain untuk menemukan alamat IP di laptop, atau jika kamu memiliki pertanyaan mengenai IP Address , jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini. Sekian, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon