11/14/2017

Cara Memainkan Uno Stacko

Tags

Cara Memainkan Uno Stacko

Teknohits.com - Uno Stacko adalah permainan adaptasi menyenangkan dari permainan uno yang asli. Aturan Uno Stacko pun sangat berbeda dengan uno yang asli. Ini adalah permainan yang hebat dan harus memungkinkan berjam-jam bersenang-senang keluarga!

Uno Stacko terdiri dari beberapa warna balok, diantaranya yaitu balok plastik berwarna merah, biru, kuning, dan hijau. Blok diberi nomor satu sampai empat, (tapi versi lain memiliki lebih banyak blok berlabel "reverse", "skip", dan "draw two").

Para pemain memutar sebuah kubus untuk mengetahui gerakan apa yang harus mereka lakukan. Bila kubus itu berwarna nomor, pemain harus mengambil warna atau nomor dari menara. Permainan ini sangat mirip dengan Jenga. Untuk lebih jelas bagaimana cara bermain uno stacko yang benar, kamu baca aturan lengkapnya dibawah ini.

Cara Main Uno Stacko


  1. Siapkan menara UNO Stacko yg ada.
  2. Pemain pertama mengambil sebuah balok dari bagian bawah atau tengah menara dan meletakkannya di bagian atas menara.
  3. Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna yg sama dengan nomor apa saja atau balok dengan angka yg sama dengan warna apa saja.
  4. Apabila balok dengan tanda 'reserve' dipindahkan maka arah permainan dibalik. Sedangkan balok tanda 'draw two' mengharuskan pemain memindahkan 2 balok langsung ke atas menara. Balok dengan tanda 'skip' berarti pemain tsb dilewati oleh pemain berikutnya. Dan ketika balok warna ungu diambil maka pemain tsb harus menyebutkan warna balok apa yg harus diambil pemain berikutnya.
  5. Permainan berakhir apabila menara roboh dan pemain yg menyebabkan robohnya menaralah yg kalah.

Lihat video cara main unto stacko yang diunggah oleh Ade Harly


Panduan Bermain Uno Stacko (Rules)


Setup


Permainan ini bisa dimainkan 2-10 pemain, usia 7 ke atas. Setiap pemain memulai dengan tujuh kartu. Sisa kartu ditempatkan di Draw Pile menghadap ke bawah. Di samping tumpukan, sebuah tempat harus ditunjuk untuk Penumpukan Buang. Kartu teratas harus ditempatkan di Discard Pile, dan permainannya dimulai!

Susunan Awal Uno Stacko


Untuk awal permainan uno stacko, balok disusun membentuk seperti menara. Setiap baris pada tumpukan terdiri dari 3 balok dan disusun menyilang antara baris 1 dengan baris berikutnya.

Game Play


Pemain pertama biasanya mulai dari sebelah kiri dealer (kamu juga bisa memilih pemain termuda) dan permainan ini biasanya mengikuti searah jarum jam. Setiap pemain melihat kartunya dan mencoba mencocokkan kartu tersebut di dalam Discard Pile.

Kamu harus mencocokkan baik dengan nomor, warna, atau simbol / tindakan. Misalnya, jika Discard Pile memiliki kartu merah yaitu 8 kamu harus meletakkan kartu merah atau kartu dengan kartu nomor 8 di atasnya. Kamu juga bisa memainkan kartu Wild (yang bisa mengubah warna saat bermain).

Jika pemain tidak memiliki kecocokan atau mereka memilih untuk tidak memainkan kartu mereka meskipun mereka memiliki kecocokan, mereka harus menarik kartu dari tumpukan Draw. Jika kartu itu bisa dimainkan, mainkan. Jika tidak, permainan akan beralih ke orang berikutnya secara bergantian. kamu juga bisa memainkan kartu Wild, atau kartu Wild Draw Four di belokan kamu.

Catatan


Jika kartu pertama muncul dari Draw Pile (untuk membentuk Discard Pile) adalah kartu aksi, aksi dari kartu itu berlaku dan harus dilakukan. Pengecualiannya adalah jika kartu Wild atau Wild Draw Four muncul, dalam hal ini - Kembalikan mereka ke Draw Pile, kocoklah, dan balikkan kartu baru. Setiap saat, jika Draw Pile menjadi habis dan belum ada yang memenangkan putaran itu, ambillah Discard Pile, kocok, dan balikkan untuk menumbuhkan Draw Stile baru.

Ada dua cara berbeda untuk bermain dalam menggambar kartu baru. Aturan Uno Resmi menyatakan bahwa setelah kartu ditarik, pemain bisa membuangnya jika itu adalah pertandingan, atau jika tidak, bermain lolos ke pemain berikutnya. Tipe lainnya adalah dimana pemain terus menarik kartu sampai mereka memiliki kecocokan, meski sudah 10 kali.

Pertandingan berlanjut sampai pemain memiliki satu kartu tersisa. Saat seorang pemain hanya memiliki satu kartu, mereka harus berteriak "UNO!". Jika mereka tertangkap tidak mengatakan "Uno" oleh pemain lain sebelum kartu apapun dimainkan oleh pemain lain, pemain harus menggambar dua kartu baru.Dengan asumsi pemain tidak dapat memainkan atau membuang kartu terakhir mereka dan perlu menggambar, tapi setelah menggambar, mereka kemudian bisa memainkan atau membuang kartu terakhir kedua, pemain harus mengulangi tindakan memanggil "Uno". Intinya adalah - Mengumumkan "Uno" perlu diulang setiap kali kamu ditinggalkan dengan satu kartu.

Begitu pemain tidak memiliki sisa kartu, putaran permainan sudah berakhir, poin akan dicetak, dan permainan dimulai lagi. Biasanya, setiap orang mencoba menjadi yang pertama meraih 500 poin, tapi kamu juga bisa memilih poin apa saja untuk memenangkan pertandingan, asalkan semua orang setuju dengannya.

Kartu Aksi


Selain kartu angka, ada beberapa kartu lain yang membantu dalam permainan. Ini disebut kartu Aksi atau Simbol.

  • Reverse - Jika terjadi searah jarum jam, beralih ke berlawanan arah jarum jam atau sebaliknya.
  • Skip - Saat pemain menempatkan kartu ini, pemain berikutnya harus melewati belokan mereka. Jika muncul di awal, pemain pertama kehilangan giliran mereka.
  • Draw Two - Ketika seseorang menempatkan kartu ini, pemain berikutnya harus mengambil dua kartu dan membatalkan gilirannya.
  • Wild - Kartu ini mewakili keempat warna, dan dapat ditempatkan pada kartu apapun. Pemain harus menyatakan warna mana yang akan diwakili untuk pemain berikutnya. Hal ini dapat dimainkan terlepas dari apakah kartu lain tersedia.
  • Wild Draw Four - Ini bertindak seperti kartu liar kecuali pemain berikutnya juga harus menggambar empat kartu dan juga kehilangan gilirannya. Dengan kartu ini, kamu tidak memiliki kartu alternatif lain untuk bermain yang sesuai dengan warna kartu yang sebelumnya diputar. Jika kamu memainkan kartu ini secara ilegal, kamu mungkin ditantang oleh pemain lain untuk menunjukkan tangan kamu. Jika bersalah, kamu perlu menarik 4 kartu. Jika tidak, penantang perlu menarik 6 kartu sebagai gantinya.

Skor


Bila pemain tidak lagi memiliki kartu dan permainan berakhir, dia menerima poin. Semua kartu lawan diberikan kepada pemenang dan poin dihitung. Semua kartu nomor sama nilainya dengan nomor kartu (misalnya 9 adalah 9 poin). "Draw Two" - 20 Points, "Reverse" - 20 Points, "Skip" - 20 Points, "Wild" - 50 Points, dan "Wild Draw Four" - 50 Points. Pemain pertama yang meraih 500 poin memenangkan pertandingan.

Peraturan Pemain


Untuk dua pemain, ada sedikit perubahan peraturan:


  • Reverse bekerja seperti Skip
  • Mainkan Lewati, dan kamu mungkin langsung memainkan kartu lain
  • Jika kamu memainkan kartu Draw Two atau Wild Draw Four, lawan kamu harus menarik jumlah kartu yang dibutuhkan, dan kemudian segera memutar kembali giliran kamu.

Untuk empat pemain (dua tim)


Pemain duduk di seberang pasangan mereka, dan bermain sampai salah satu dari kedua pasangan itu keluar dengan satu kartu Uno yang tersisa. Skor untuk tim pemenang dilakukan dengan menambahkan semua poin dari lawan tangan lawan.

Harga uno stacko Rp47.804 hingga Rp120.000

Referensi : www.unorules.com


EmoticonEmoticon