11/13/2017

Cara Menggunakan Rufus untuk Bootable di Flashdisk

Tags

Cara Menggunakan Rufus untuk Bootable di Flashdisk

Teknohits.com - Rufus adalah utilitas kecil yang memungkinkan kamu bisa membuat bootable USB di Flashdisk dari file .iso, agar dapat dijadikan sebagai media instalasi sistem operasi, baik OS windows ataupun linux.

Sebelum adanya aplikasi Rufus, membuat bootable USB di Flashdisk menjadi cara yang agak menakutkan bagi banyak orang karena harus menggunan command prompt (CMD) untuk mengakses bagian Disk. Beruntung sekarang udah ada Rufus.

Setelah adanya rufus, banyak teknisi komputer menggunakan media instalasi menggunakan flashdisk sebagai media instalasinya, karena lebih simpel dan menjadi solusi terbaik bagi yang laptopnya tidak dilengkapi dengan CD drive atau DVD drive yang bermasalah dan tidak dapat digunakan.

Versi terbaru Rufus 2.17 memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 944 KB saja, sehingga ga bakal banyak menghabiskan kapasitas flashdisk kamu. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga bersifat portable sehingga kamu dapat langsung menggunakannya tanpa repot-repot menginstalnya terlebih dahulu.

Rufus dapat dengan mudah membuat USB bootable dari berbagai sistem operasi, diantaranya: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Arch Linux, Archbang, CentOS, gNewSense, LiveXP, Hiren's Boot CD, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE, Parted Magic, Slackware, Tails, Ubuntu, Trinity Rescue Kit, Ultimate Boot CD dll.

Hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk membootable flashdisk

  1. Aplikasi Rufus
  2. file ISO (Sistem Operasi)
  3. Sebuah flashdisk dengan ruang minimal 4 GB
  4. Pada komputer Windows, kamu harus memiliki hak administrator.

Cara Menggunakan Rufus, Bootable Flashdisk


1. Pertama Download aplikasi Rufus, sebaiknya menggunakan Rufus versi terbaru.
2. Tancapkan flashdisk yang akan digunakan untuk bootable windows, kemudian buka aplikasi Rufus yang telah kamu download tadi. Ketika program rufus ini dijalankan, kamu akan melihat rufus secara otomatis akan mendeteksi flashdisk yang sedang terpasang di laptop atau pc kamu. Yang perlu kamu ubah pada bagian adalah format file os yang akan dipasang ke Flashdisk.

Lihat petunjuk nomor 1 pada gambar berikut, pilih ISO Image.

Atur pilih format iso

3. Selanjutnya adalah membuka dan memilih file windows berformat iso.

Caranya bisa lihat digambar, klik icon disk pada petunjuk nomer 2. Silahkan cari os windows atau os lainya yang kamu inginkan. Klik file untuk memilih, seperti pada petunjuk nomer 3, kemudian akhiri dengan klik Open seperti pada gambar petunjuk nomer 4.

Pilih OS format iso

4. Jika semuanya sudah siap, langsung saja mulai prosesnya, klik Start.

Star burning OS iso

5. Tunggu proses, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu saya menggunakan rufus ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk ukuran windows 8.1 PRO sebesar 3,8 GB.

Proses burning OS iso ke flashdisk

6. Jika proses sudah selesai, klik Close, Oke flasdisk sudah berhasil diproses menjadi bootable, di dalam flashdisk terdapat sistem operasi windows 8.1.

Selesai burning OS iso ke flashdisk

7. Untuk membuktikan bahwa flashdisk sudah berhasil terisi dengan file bootable, kamu bisa membuka folder yang ada di flashdisk, kira-kira isi yang ada di dalam flashdisk akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Hasil burning OS iso ke flashdisk

Selesai.

Setelah proses membuat bootable di flashdisk menggunakan rufus selesai, flashdisk akan terisi dengan file-file bootable windows yg bisa digunakan langsung untuk menginstall laptop atau pc, dan jangan lupa untuk mengatur first boot nya di bios komputer dengan removable disk agar nantinya sistem akan otomatis mendeteksi flashdisk tersebut dan untuk cara penginstalan nya masih sama dengan menginstal seperti menggunakan DVD.


Jika kamu masih bingung atau ada pertanyaan mengenai menggunakan rufus untuk bootable flashdisk, silahkan berkomentar. Sekian, selamat mencoba!


EmoticonEmoticon