11/11/2017

7 Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Game


Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Gaming

Teknohits.com - OS Windows 10 menjadi versi terpopuler dan terbaru yang tersedia untuk semua pengguna saat ini. Memang tidak diragukan lagi, Windows 10 memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Desain mewah, tata letak warna-warni sangat menawan. Windows telah hadir dengan Windows 10 yang berisi beberapa fitur hebat untuk membuat game di PC lebih mudah dan mulus daripada sebelumnya.

Windows 10 bukanlah platform sempurna untuk bermain game. Jika kamu masih belum puas dengan performa Windows 10 saat bermain game dan ingin agar PC windows kamu memungkinkan kamu bermain game dengan performa terbaik, kamu perlu membuat beberapa penyempurnaan pada perangkat lunak ini.

Ya, sekarang kamu bisa bermain game di Windows 10 dengan baik. Kamu perlu mengoptimalkan sistem Windows 10 kamu untuk bermain game. Kamu perlu melakukan perubahan (tweak) tertentu pada sistem windows untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 agar lebih lancar dan stabil saat bermain game.

Dengan mengoptimalkan perangkat windows 10, akan sangat mudah bagi pengguna untuk beralih ke mode permainan. Dengan memanfaatkan beberapa tips sederhana, kamu dapat menikmati permainan dengan lancar pada os windows 10.

Di postingan kali ini, Teknohits telah merangkum cara sederhana untuk mengoptimalkan Windows 10 yang sesuai untuk gaming. Panduan ini semata-mata ditujukan untuk para pemula yang sangat antusias dengan permainan.

Simak 7 cara yang bisa mengoptimalkan windows 10 untuk gaming dibawah ini!


1. Nonaktifkan update otomatis Windows dan Aplikasi


Kenapa Windows Update di nonaktifkan ?

Secara default, fungsi pembaruan otomatis aplikasi dan windows update selalu diaktifkan. Apa yang sebenarnya dilakukannya adalah memperbarui sistem operasi kamu secara otomatis agar selalu diperbarui. Hal ini juga berguna bagi kamu karena kamu akan mendapatkan fitur dan keamanan terbaru.

Tapi di sisi lain, tidak baik bermain game di PC karena memperlambat kinerja game PC. Alasan di balik ini cukup jelas bahwa pembaruan otomatis terjadi di latar belakang dan menggunakan koneksi internet dan kecepatan pemrosesan kamu.

Jadi, jelas, jika kamu bermain game online maka akan memperlambatnya karena internet juga digunakan untuk pembaruan Windows. Setiap kali Windows memperbarui dirinya secara otomatis maka ada banyak restart ulang Windows yang dapat menyebabkan hilangnya kemajuan game kamu. Jadi, ada baiknya menonaktifkan update otomatis.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan Windows Update

  1. Bukalah Control Panel
  2. Kemudian pilih System and Security, lalu pilih Administrative Tools.
  3. Setelah kamu meng-klik Administrator Tools, maka akan muncul halaman baru yang berisi tool. Pilihlah tool Service.
  4. Dalam tool Service akan ada pilihan, pilih Windows Update. Klik 2 x untuk membuka Windows Update Properties.
  5. Apabila telah terbuka selanjutnya ubah pilihan Startup type menjadi Disabled, kemudian klik Stop pada Service status. Jika sudah tekan OK.


Cara mematikan pembaruan Aplikasi otomatis

  1. Buka App Store
  2. Klik pada ikon personal, lalu pilih Settings.
  3. Di atas kamu akan melihat opsi untuk App Update.
  4. Kamu akan melihat opsi untuk mengonfigurasi Update Apps otomatis, pilih opsi OFF untuk mematikan pembaruan aplikasi secara otomatis.


2. Sesuaikan efek visual pada Windows 10


Antarmuka Pengguna Grafis pada perangkat Windows 10 mungkin merupakan hambatan besar bagi kekuatan pemrosesan pc kamu. Pada Windows 10, pengaturan tampilan sering diatur agar terkesan secara default.

Permainan yang sering kamu mainkan di perangkat terkadang tidak seimbang dengan Antarmuka Pengguna Grafis yang berkilauan yang beroperasi di latar belakang. Lebih baik membuat beberapa penyesuaian pada pengaturan untuk meningkatkan kinerja daripada mementingkan penampilan. Untuk melakukan perubahan pada perangkat Windows 10 kamu, Ikuti langkah singkat berikut ini:

  1. Pertama-tama, klik kanan pada bagian logo Windows > Control Panel.
  2. Ketik performance di kolom pencarian, lalu enter unuk mulai mencari.
  3. Klik pada pilihan yang bertuliskan Adjust the appearance and performance of Windows.
  4. Setelah itu, pilih opsi Adjust for best performance.
  5. Terapkan dan kemudian tombol Ok.
  6. Kamu perlu menavigasi ke tab Advanced pada jendela yang sama dan pastikan opsi ini diatur ke Programs.

3. Update Driver terbaru


GPU adalah unit dasar komputer yang memberikan pengalaman bermain terbaik bagi semua pengguna. Perlu driver terbaru agar saat bermain game bisa bekerja dengan lebih cepat dan lebih baik.

Terlepas dari jenis kartu grafis, kamu pasti akan mendapatkan keuntungan dengan memperbarui driver secara teratur. Untuk memperbarui driver langsung dari PC, silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik kanan pada Desktop > Klik pada opsi Display Settings > Advanced Display Settings > Display Adapter Properties.
  2. Kamu bisa mendownload update driver dari situs resmi Microsoft atau lagnsung dari perangkat kamu sendiri.
  3. Beberapa produsen menawarkan update game gratis untuk program perangkat lunak yang berbeda. Ini sangat membantu pengguna agar driver tetap diperbarui secara otomatis.

4. Nonaktifkan wi-fi sense


Secara umum, Wi-Fi Sense diaktifkan secara default pada perangkat Windows 10 kamu. Wi-Fi Sense memiliki kemampuan untuk terhubung ke berbagai jaringan yang tersedia secara otomatis melalui Wi-Fi. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menonaktifkan Sense Wi-Fi pada PC windows 10 kamu.

  1. Pertama-tama, buka Pengaturan di perangkat kamu.
  2. Kamu cukup menggunakan tombol Windows + I untuk mengakses Settings.
  3. Pilih opsi Jaringan dan Internet.
  4. Kemudian pilih menu Wi-Fi, sekarang nonaktifkan semua pilihan yang ada di bawah Sense Wi-Fi.


5. Nonaktifkan OneDrive


Jika kamu tidak menggunakan OneDrive lebih baik nonaktifkan saja. Aplikasi ini menggunakan banyak bandwidth, untuk menonaktifkannya cukup klik kanan pada icon OneDrive (temukan di taskbar), lalu klik Exit > Close OneDrive.

6. Uninstall program tidak penting


Untuk meningkatkan permainan di PC dan mengoptimalkan Windows 10 untuk kinerja gaming terbaik, kamu perlu memiliki ruang yang cukup pada disk. Seolah-olah tidak ada ruang penyimpanan yang cukup di sistem. Sebaiknya uninstall semua program yang tidak penting, baik permainan atau aplikasi Windows yang hanya memperlambat kinerja pc saja.

Caranya: masuk ke Control Panel > Programs & features > Uninstall sebuah program yang menurut kamu tidak penting dan sudah tidak pakai lagi, kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin kamu uninstall dan klik tombol Uninstall.

7. Instal software game booster


Gunakan software game booster untuk meningkatkan kinerja keseluruhan game di Windows 10. Jika kamu tidak ingin melakukan semua pengaturan manual seperti cara-cara diatas untuk meningkatkan Windows 10, coba gunakan salah satu game boostar terbaik yang sudah tersedia di internet. Ini memberikan lebih banyak sumber daya untuk permainan kamu dengan mematikan layanan yang tidak diinginkan. Beberapa game booster terbaik untuk Windows 10 adalah Razor Game Booster, Game Booster Wise, Game Fire dll.


Perlu diketahui bahwa tips di atas tidak bisa menggantikan perangkat keras untuk game berat. Kamu masih memerlukan RAM tinggi dan GPU yang tangguh untuk memainkan game offline HD dan game online. Itu saja beberap cara mengoptimalkan atau mempercepat kinerja windows 10 khusus untuk bermain game. Selamat menikmati permainan favorit kamu.
Mohon maaf langkah-langkah tidak disertai gambar! Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah postingan ini


EmoticonEmoticon