11/18/2017

Mengatasi HP Android Lemot Padahal Aplikasi Sedikit


Mengatasi Android Lemot

Teknohits.com - Bagaimana cara mengatasi hp Android lemot padahal aplikasi sedikit? Bagaimana supaya android tidak lemot? Hal seperti itu menjadi sebuah pertanyaan yang sering muncul bagi pengguna android. Setiap pengguna pasti pernah mengalami masalah pada smartphone android-nya seperti lag, lamban atau lemot.

Penyebab hp android lemot ?


Salah satu masalah ini terjadi karna banyaknya aplikasi yang terpasang di smartphone kita! Memasang aplikasi dan menggunakannya setiap hari akan memperlambat smartphone. Aplikasi ini berjalan secara real-time dan menghabiskan memori, penyimpanan, dan sumber daya perangkat lainnya.

Bagaiamana kalau hp android lemot padahal aplikasi sedikit ?


Aplikasi sedikit tapi lemot, bisa jadi karena faktor-faktor berikut: spesifikasi smartphone kamu rendah, smartphone terinfeksi virus atau memori internal, eksternal sudah hampir penuh dan ada beberapa faktor lainya. Untuk mengetahuinya baca sampai bawah.

Lalu apakah menurutmu masalah seperti itu ada solusinya? Bisakah kamu mengatasi agar android tidak lemot atau mempercepat kinerja android layaknya seperti hp baru? Ya, yang kita inginkan adalah membuat perangkat android berfungsi seolah-olah baru dipakai.

Di postingan kali ini kita akan membahas beberapa cara sederhana untuk mempercepat android yang lemot. Yuuk simak diawah ini!

7 Tips Mengatasi Android yang Lemot


1. Kosongkan cache aplikasi Android


Ada beberapa aplikasi yang setiap harinya tidak kamu perlukan, namun cukup penting untuk memiliki ruang atau tempat penyimpanan di perangkat android kamu. Seperti aplikasi yang kamu gunakan untuk memesan tiket, hotel, dan memesan makanan. Agar android lebih cepat, coba hapus data cache untuk aplikasi semacam itu di Setelan untuk memastikan mereka tidak mengkonsumsi banyak ruang saat tidak digunakan.

Menghapus data dalam cache, terkadang membantu dalam membuat aplikasi menjadi lebih cepat karena akan menghapus data lama yang mungkin membuatnya tertinggal dan menyebabkan pembekuan dan kerusakan. Saat data dihapus, aplikasi dapat menyimpan versi yang lebih baru dari yang sebelumnya. Cara ini sangat membantu pada aplikasi seperti Facebook dan Instagram yang menyimpan banyak gambar dan data lainnya pada perangkat kamu.

2. Bersihkan memori sistem beberapa kali sehari


Android memiliki kemampuan manajemen tugas yang sangat baik. Ini bisa menutup proses yang tidak diinginkan dengan sendirinya. Saat ini, hampir setiap peluncur terdapat fitur untuk membersihkan memori sistem. Jika tidak ada, kamu harus mempertimbangkan untuk menginstal beberapa aplikasi pembersihan memori android.

Membersihkan RAM smartphone, saat menutup berbagai aplikasi yang tidak diinginkan yang menghabiskan memori ponsel Android, ini dapat memberi dorongan kinerja android cukup baik.


3. Gunakan versi aplikasi yang lebih hemat, jika tersedia


Banyak aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Messenger, Opera memiliki versi lite (lebih hemat dan ringan dari versi biasa). Aplikasi ringan ini sering dirancang untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

Selain hemat memori, mengugnakan versi lite juga lebih hemat baterai dan kuota internet. Karena ini adalah salah satu alasan mengapa pengembang aplikasi membuat aplikasi versi lite. Nah, bagi pengguna yang ingin menjaga android-nya tetap stabil bisa menggunakan aplikasi versi lite.

4. Hati-hati dalam memilih dan menginstall aplikasi


Sudah hampir satu dekade sejak android muncul dan jumlah aplikasi untuk platform kini telah berkembang menjadi jutaan. Tapi dari jumlah aplikasi dan game yang tak terhitung jumlahnya, tidak semuanya dirancang oleh pengembang dengan baik.

Banyak aplikasi android palsu dan ingin mengendalikan perangkat pengguna, mencuri data berharga dan mengirimkannya ke database mereka. Misalnya, aplikasi pembaruan sistem yang ada di Play Store selama tiga tahun, tidak terdeteksi.

Google baru saja meluncurkan fitur keamanan, yaitu Play Protect. Fitur tersebut dibuat untuk memindai aplikasi berbahaya bagi pengguna android. Secara tidak langsung, kamu dapat membuat perangkat android lebih cepat dengan opsi ini. Namun, kamu tetap harus memeriksa keaslian aplikasi yang tidak dikenal sebelum memasangnya, meskipun kamu mengunduhnya dari Play Store.

5. Perbarui sistem hp android kamu secara teratur


Setiap versi android yang baru hadir dengan berbagai peningkatan kinerja. Jadi, upgrade sistem ponsel android kamu jika vendor hp kamu sudah merilis sistem barunya, hal ini dapat mempercepat kinerja android.

6. Simpan file dokumen, foto, video di Cloud


Penyimpanan baru yang kini jadi trend di tahun 2017 adalah mengunggah file ke Cloud Storage. Misalnya Google Drive, Dropbox, Box, Mega dll. Ini tidak hanya membuat data kamu dapat diakses di seluruh perangkat, namun sangat membantu juga dalam menghemat penyimpanan internal yang ada di ponsel Android.

Perlu diingat bahwa penyimpanan internal memegang peranan penting dalam kinerja ponsel Android kamu. Makanya mulai sekarang coba dibiasakan menyimpan file apa saja ke Cloud, ya walaupun sedikit menguras kuota internet kamu.

7. Jangan menaruh terlalu banyak aplikasi di layar utama


Mengisi layar utama (beranda) kamu dengan wallpaper dan banyak widget memang terlihat bagus. Tapi disisi lain, ini memberi beban ekstra pada hardware dan mempengaruhi kinerja perangkat android kamu. Tidak perlu memuat semua konten setiap kali kamu kembali ke layar awal.

Mulai sekarang buat sesimpel mungkin layar utama kamu, kalau bisa jangan terlalu banyak widget yang tidak penting dan jarang dipakai. Ini bisa menjadi salah satu dari sekian banyak cara agar bisa membuat ponsel android kamu lebih cepat.


Itulah beberapa tips sederhana untuk mengatasi android lemot dan untuk mempercepat kinerja ponsel android kamu. Apakah kamu mempunyai tips dan trik lain untuk membuat Android bisa jadi lebih cepat? Beri tahu kami di komentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon