11/23/2017

Perbedaan Layar AMOLED, OLED, TFT dan IPS


Perbedaan Layar AMOLED, OLED, TFT dan IPS

Teknohits.com - Teknologi yang digunakan pada layar smartphone kini telah berkembang secara signifikan. Di era smartphone layar sentuh seperti sekarang, teknologi layar telah menjadi salah satu nilai jual utamanya, dan pastinya fitur yang paling baik.

Jadi kalau teman-teman mau beli hp layar sentuh (touchscreen), kalau bisa jangan berpikir yang penting layar sentuh, tapi memilih juga mana yang lebih tajam, gambar yang semarak dan kecerahan layar yang baik!

Oh iya, membahas tentang layar hp (smartphone) tidak luput dari perbincangan mana yang lebih bagus, mana yang terbaik dan mana yang lebih hemat baterai. Di sini Teknohits telah mengumpulkan sedikit informasi penting tentang berbagai tipe layar hp.

Lebih tepatnya Teknohits hanya akan membahas 4 tipe layar saja yaitu AMOLED, OLED, TFT dan IPS, karna kebanyakan dari vendor smartphone juga lebih memilih ke 4 jenis layar tersebut. Yuuk simak perbedaanya dibawah ini!

Apa perbedaan antara Layar AMOLED, OLED, TFT dan IPS pada Smartphone, bagus mana ?


Layar AMOLED


AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Selangkah lebih baik dari layar OLED, layar AMOLED dapat mengendalikan setiap individualitas piksel sambil mempertahankan properti panel OLED.

Layar AMOLED memiliki semua atribut layar OLED seperti reproduksi warna yang sangat baik, waktu respons yang lebih cepat, sudut pandang yang lebih lebar, kecerahan yang lebih tinggi dan desain bobot yang sangat ringan.

Layar tipe ini adalah teknologi layar yang disukai produsen smartphone meski harganya cukup mahal untuk diproduksi.

Layar Super AMOLED


Teknologi layar Super AMOLED adalah versi lanjutan dari layar AMOLED. Samsung menggunakan istilah ini untuk panel AMOLED yang mereka kembangkan sebagai penyempurnaan dari AMOLED.

Layar Super AMOLED dibangun dengan sensor sentuh kapasitif pada layar itu sendiri. Layar Super AMOLED jauh lebih responsif bila dibandingkan dengan layar AMOLED.

Kini samsung telah mengambil layar SMOLED ke tingkat berikutnya dengan mengembangkan layar Super AMOLED +, HD Super AMOLED + dan FHD Super AMOLED +.

Layar OLED


OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Teknologi layar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi layar LCD karena reproduksi warnanya yang sangat bagus, waktu respon lebih cepat, sudut pandang yang lebih lebar, kecerahan dan desain yang lebih ringan.

OLED terdiri dari film tipis molekul organik yang menciptakan cahaya dengan penerapan listrik.
Plastik, lapisan organik OLED lebih tipis, lebih ringan dan lebih fleksibel daripada lapisan kristal dalam LED atau LCD.

OLED lebih terang dari LED dan tidak memerlukan lampu latar seperti LCD. Karena OLED tidak memerlukan lampu latar, mereka mengkonsumsi daya lebih sedikit daripada LCD. Karena bentuk tampilan ini lebih mudah diproduksi, mereka bisa dibuat dengan ukuran lebih besar.

Layar TFT


TFT adalah singkatan dari thin film transistor, teknologi layar paling umum yang digunakan di ponsel. Sebuah varian liquid crystal display (LCD), teknologi menggunakan teknologi TFT untuk meningkatkan kualitas gambar.

TFT menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar LCD generasi sebelumnya.

Kelemahan dari layar TFT adalah banyak mengkonsumsi energi, yang berakibat pada masa pakai baterai yang buruk. Contoh smartphone yang menggunakan layar TFT adalah Google Nexus 7.

Layar IPS


IPS (In Plane Switching) adalah varian dari TFT. Teknologi pada layar ini menawarkan kualitas tampilan yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar TFT-LCD. Bagian yang bagus dari layar IPS adalah ia menawarkan sudut pandang yang lebih baik dan lebih hemat energi (baterai).

Karena biaya layar IPS yang mahal, layar tipe ini hanya ditemukan pada smartphone kelas atas saja, seperti Apple. Apple menggunakan versi IPS LCD resolusi tinggi (640x960 piksel) pada iPhone 4.


So, itulah sedikit pembahasan tentang layar pada layar smartphone. Sekarang kamu sudah tau mana yang lebih bagus dan mana yang lebih buruk. Jadi, layar tipe mana nih yang terpasang di smartphone kamu? jelek apa bagus 😀.

Referensi : www.indiatvnews.com


EmoticonEmoticon