Organ gerak ikan yg di gunakan untuk berenang adalah

Organ gerak ikan yg di gunakan untuk berenang adalah

jawaban

Setiap makhluk hidup seperti manusia dan hewan memiliki cara tertentu untuk berpindah tempat seperti berlari, berjalan, merayap ataupun terbang. Semua tergantung dari bentuk organ gerak yang dimilikinya. Organ gerak setiap makhluk hidup berbeda-beda dalam hal bentuk terutama sekali hewan.

Organ gerak pada hewan tergantung dari habitat dimana hewan tersebut tinggal.

Salah satu contohnya ikan. Ikan memiliki organ gerak yang berbeda dengan hewan yang berada di wilayah daratan dan udara. Ikan bergerak di air dengan cara berenang. Untuk menghasilkan sebuah daya dorong supaya ikan bisa bergerak, ikan memiliki organ gerak bernama sirip dan ekor  ikan yang bergerak  secara lateral untuk memberikan daya dorong dibantu oleh otot dan tulang belakang yang fleksibel .

Pembahasan

Jenis Organ Gerak

  • Organ gerak hewan air: hewan yang hidup di air dapat bergerak melayang-layang di dalam air menggunakan energi yang tidak terlalu besar karena air lebih memiliki kerapatan dan gaya angkat yang lebih besar. Dengan memiliki sirip dan ekor serta bentuk tubuh torpedo (streamline) yang dilengkapi otot dan tulang belakang , ikan dapat bergerak fleksibel secara lateral dibantu gelembung renang yang dapat mengeluarkan gas untuk mengatur gerakan naik-turun sehingga menghasilkan daya dorong kedepan untuk sebuah pergerakan. Sirip ikan terdiri dari sirip pasangan dan sirip tengah. Ikan yang memiliki jenis sirip seperti ini sangat cocok hidup di terumbu karang. Sementara bebek berbeda dengan ikan, bebek hanya memanfaatkan tegangan permukaan air untuk mengapung.
  • Organ gerak hewan udara: hewan yang melayang di udara menggunakan organ gerak bernama sayap untuk menghasilkan gaya angkat dan gaya dorong yang besar dalam rangka mengimbangi gaya gravitasi. Karena itulah sayap memiliki bentuk yang melengkung, otot yang kuat dan ringan. Bentuk sayap melengkung menyebabkan udara mengalir pada bagian atas sayap lebih cepat dibanding bagian bawah sehingga menghasilkan daya angkat dan daya dorong yang kuat untuk pergerakan tubuh burung.
  • Organ gerak hewan darat: hewan darat bergerak dengan menggunakan kaki. Hewan darat memiliki otot dan tulang yang kuat untuk bergerak ataupun melompat dengan cepat.