untuk memperoleh awalan yang tepat maka seorang pelompat akan melakukan

untuk memperoleh awalan yang tepat maka seorang pelompat akan melakukan

ntuk mendapatkan awalan yang tepat, yang akan dilakukan oleh seorang pelompat adalah dengan melakukan Checkmark

jawaban

PEMBAHASAN

 

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membantu menjawab sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan cabang olahraga atletik yaitu lompat jauh.

Lompat jauh adalah salah satu jenis olahraga atletik yang melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas kemudian melayang di udara kemudian mendarat sejauh mungkin di dalam bak pasir. Olahraga ini membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet agar dapat diperoleh hasil maksimal yaitu jarak sejauh mungkin. Ancang-ancang yang dilakukan adalah sejauh 30 meter dari garis lompat. Garis lompat adalah batas terakhir bagi pelompat untuk melakukan lompatan. Jika melewati garis itu maka dinyatakan tidak sah atau diskualifikasi.

Untuk mendapatkan awalan yang tepat, seorang pelompat akan melakukan Checkmark. Checkmark adalah pemberian tanda-tanda saat hendak melakukan tumpuan pada balok tumpu. Tanda-tanda ini dibuat empat langkah sebelum kaki menumpu balok dan meloncat. Checkmark pada lompat jauh dilakukan pada teknik ancang-ancang sebelum tumpuan. Harapannya adalah agar didapatkan hasil lompatan yang maksimal.

Lompat jauh itu sendiri memiliki teknik dasar yaitu sebagai berikut :

  1. Teknik awalan , yaitu melakukan ancang-ancang sekitar 20-30 meter dari garis lompat. Disini ancang-ancang dilakukan lari pelan kemudian semakin mendekati garis tersebut semakin meningkatkan kecepatan larinya
  2. Teknik tumpuan, yaitu suatu tahap dimana kaki melakukan lompatan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum nanti mendarat. Teknik ini bisa dikatakan sebagai kunci karena jika gagal maka akan gagal pula mendapatkan nilai dari permainan lompat jauh.
  3. Teknik melayang, yaitu gerakan yang dilakukan oleh kaki saat melayang yaitu seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang, hal ini bermanfaat mendapatkan jarak pendaratan bisa lebih jauh lagi
  4. Teknik mendarat, yaitu teknik pendaratan yang dilakukan dengan cara menundukan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakan pinggang ke arah depan.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang lompat jauh. Semoga bermanfaat.