Cara Mudah Membuat Casing HP dari Kardus

Cara Mudah Membuat Casing HP dari Kardus

Untuk kamu yang senang berkreasi, seperti kamu harus membaca artikel ini sampai habis, karena dalam artikel ini mimin sudah merangkum cara membuat casing HP dari kardus. Gak percaya? Yuk langsung saja kita ulas caranya dibawah ini.

Langkah 1 – Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang wajib kamu persiapkan yaitu kardus bekas susu, kertas, gunting, double tape, bolpoin atau pensil, kain flanel, dan kain tile bermotif.

Langkah 2 – Pembuatan Pola HP di Atas Kertas

Letakkan HP di atas kertas, selanjutnya telusuri pola HP sesuai bentuk dan ukurannya memakai bolpoin atau pensil. Gunting pola yang telah dibikin dengan hati-hati agar bentuknya rapi dan pas dengan ukuran HP. Pastikan membuat dua pola untuk bagian depan dan belakang cover. Buatlah lubang supaya kertas enggak menghalangi kamera dan speaker HP.

Caranya, gambar pola dengan menelusuri bentuk kamera dan speaker HP. Berikutnya, potong polanya supaya kertas dapat berlubang dan enggak menghalangi dua fungsi HP itu.

Langkah 3 – Pembuatan Pola HP di Atas Kardus

Gambar pola berbentuk persegi panjang di atas kardus sesuai ketebalan HP. Pola ini berfungsi untuk bagian tengah casing HP.

Tips: Jangan gambar polanya secara pas. Beri tambahan sekitar 2-3 mm dari ketebalan asli HP. Gunting pola yang telah dibuat dengan hati-hati.

Satukan ketiga pola (depan, tengah, dan belakang casing) dengan double tape. Beri jarak 2 mm di sisi kiri dan kanan pada bagian tengah casing untuk mempermudah menutup dan membuka casing saat sudah jadi nanti.

Langkah 3 – Pembuatan Pola di Atas Kain Flanel

Kamu juga harus menyiapkan kain flanel dan gunting mengikuti kardus yang sudah berbentuk pola HP. Caranya, letakkan kardus di atas kain flanel dan gunting dengan hati-hati. Pastikan untuk memberi jarak 2 cm dari pola kardus di bagian tepi kain flanel.

VIRAL :  5 Fakta Penting Gerhana Matahari Cincin yang Perlu Kamu Tahu

Langkah 4 – Pembuatan Pola di Atas Kain Tile Bermotif

Gunting kain tile dengan menyesuaikan pola dari kain flanel yang sudah digunting.

Tips: pakai jarum pentul saat menyesuaikan pola kain flanel dengan pola kain tile supaya kain tidak mudah bergeser.

Lalu kamu tinggal ketiga pola kardus yang telah disatukan dengan double tape di atas kain flanel yang sudah dilapisi dengan kain tile. Nah tinggal beti tanda dengan bolpoin atau pensil pada pinggiran kardus.

Langkah 5 – Menjahit Kain Flanel dan Tile

Jahit bagian tengah casing dengan sisi kiri dan kanan agar menyatu. Saat lakukan proses ini, pastikan kain flanel yang melapisi pola kardus ikut terjahit. Jahit semuanya menggunakan kain tile sebagai aksen untuk mempercantik casing. Jika sudah, kamu dapat menikmati casing HP dari kardus yang baru saja kamu buat. Sebetulnya, cara ini pula dibilang sebagai cara membuat casing HP dari kain flanel, jadi kamu tidak perlu bingung, ya, sob.