Akhirnya Terungkap! Inilah 5 Fakta Rahasia Saat Menghapus Cache

apa itu cache? Mungkin terdengar familiar untuk kamu pengguna smartphone tapi kebanyakan tidak tahu apa sih fungsi dan kegunaan cache, nah jadi buat kamu yang belum tahu cache itu bisa dibilang merupakan sebuah data yang dapat mempercepat aktivitas perangkat kita.

Tapi ada dampak buruk yang ditimbulkan cache, karena data cache akan semakin menumpuk yang akan mengakibatkan memori kalian cepat penuh, lalu bagaimana kalau kita menghapus cache? Apakah data aplikasi kita akan terhapus? Yuk kita bahas semua itu dibawah ini ya.

 

5 Fakta Rahasia Menghapus Cache

Hapus cache

Menghapus cache membuat HP menjadi lebih ringan

Yang pertama yaitu smartphone kamu tentunya akan terasa lebih ringan. Seperti yang sudah teknohits jelaskan di atas jika cache menguras memori internal smartphone tanpa kita sadari, sehingga dengan menghapusnya kapasitas memori kita akan bertambah.

Menghilangkan LAG di HP

Tentu saja hal tersebut akan buat aplikasi merestart ulang seperti pada saat awal kamu install, sehingga bila aplikasi tersebut sering error seperti macet atau LAG akan kembali pulih.

Menghapus chace tidak akan menghilangkan data

Gam jarang pula pengguna sangat ketakutan untuk menghapus cache karena alasan takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang. Bila kamu merupakan salah satu pengguna yang telah mengalaminya maka akan Jaka beritahu faktanya kalau sebenarnya cache itu cuma lah sebuah sampah, jadi kamu tidak akan pernah kehilangan data satu pun setelah melakukan penghapusan cache. So nggak perlu kawatir.

Loading Berat

Cache juga akan kembali dari awal dan akan menyebabkan loading aplikasi bertambah lama. Akan tetapi jangan kawatir karena sebetulnya masalah yang akan muncul ini sifatnya hanya sementara saja kok meski terkadang sedikit menyebalkan harus karena harus menunggu lebih mana dari biasanya.

Baterai akan terkuras setelah menghapus cache. Mungkin sebagian dari kalian gak percaya mengenai masalah menghapus cache yang pula akan berkaitan dengan baterai. Baterai akan cepat terkuras setelah menghapus cache ini disebabkan karena system yang membuka dari nol yang pastinya membutuhkan tenaga lebih tinggi daripada menyalakan ulang ataupun mengakses memori yang telah tersimpan. Itu sebabnya baterai akan terasa lebih banyak terkuras setelah melakukan penghapusan cache.