Cara Mudah Kembalikan Foto atau File yang Terhapus Di Whatsapp

Cara Mudah Kembalikan Foto atau File yang Terhapus Di Whatsapp

Foto Terhapus Di Whatsapp | jika kamu pengguna Whatsapp tentunya kamu pasti pernah mengalami masalah tidak sengaja menghapus foto atau file penting yang dikirim teman ke Whatsapp kamu, dan tentunya itu membuat kamu menjadi panik.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat populer saat ini, karena bukan cuma untuk mengirim pesan singkat, Whatsapp juga bisa kamu gunakan untuk mengirim file dan foto dan juga sejenisnya dengan batas ukuran maksimal tertentu.

Tapi terkadang seseorang sering mengalami masalah mengenai data file yang tiba tiba menghilang, karena mungkin saja tak sengaja terhapus atau karena dampak lain seperti update OS smartphone, melakukan reset HP, kerusakan pada SD card.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini teknohits akan memberikan kamu solusi agar file file penting kamu yang tadi hilang kembali dengan utuh, kamu tinggal ikutin cara cara di bawah ini saja ya sobat. Sebetulnya mungkin ada saja aplikasi yang dapat bantu kamu untuk mengembalikan file WA yang terhapus, tapi penggunaan aplikasi semacam ini tentunya jauh lebih rumit dan juga belum tentu sukses.

Oleh sebab itu, mending kamu pakai trik simpel dari mimin untuk cara mengembalikan foto atau file WA yang terhapus berikut ini!

  • Langkah 1 – Uninstall Aplikasi

Langkah pertama yang harus kamu perbuat yaitu dengan me-uninstall aplikasi WhatsApp dari smartphone kamu. Kamu dapat menekan ikon aplikasi di homescreen selama beberapa detik, lalu pilih opsi Uninstall. Jika kamu mau aplikasi terhapus dengan bersih, kamu dapat memakai aplikasi cleaner yang tersedia di Google Play Store, kok, sob.

Oh ya, pastikan juga kamu sudah melakukan backup WhatsApp sebelum melakukan langkah ini, ya!

  • Langkah 2 – Install Whatsapp Kembali

Setelah itu instal kembali aplikasi WhatsApp dan buka aplikasinya. Kamu dapat download di Google Play Store, Setelah ter-install, kamu akan memulai proses dari awal, di halaman awal tap saja Agree and Continue.

  • Langkah 3 – Registrasi Whatsapp

Berikutnya, terdapat proses verifikasi nomor telepon. Masukkan nomor HP yang kamu pakai untuk akun WhatsApp. Jika sudah tap Next, dan akan muncul pop-up konfirmasi pilih OK.

  • Langkah 4 – Verifikasi Nomor

Untuk verifikasi nomor, WhatsApp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon kamu. Tunggu saja sampai prosesnya selesai, karena ini akan berjalan otomatis. Kode OTP ini berfungsi sebagai Two-Factor Authentication atau metode keamanan yang menggunakan 2 langkah untuk mengonfirmasikan identitas.

  • Langkah 5 – Restore File

Setelah proses verifikasi selesai, WhatsApp akan mendeteksi apakah di HP kamu tersimpan file back-up. Bila ada, maka akan muncul halaman Restore Backup seperti gambar di bawah. Untuk lanjut ke cara mengembalikan file yang terhapus di WA selanjutnya, kamu pilih Restore.

  • Langkah 6 – Tunggu Proses Restore Selesai

Tunggu sampai proses restore selesai, jika sudah tap Next untuk melanjutkan langkah cara mengembalikan foto yang terhapus di WhatsApp atau file media lainnya.

  • Langkah 7 – Selesai!

Langkah terakhir cara mengembalikan file WA yang terhapus yaitu WhatsApp akan menampilkan foto serta nama profile kamu. Kamu bisa mengubah atau lanjut dengan tap Next. Tunggu sampai proses loading selesai dan kamu akan masuk ke ruang chat WhatsApp. Semua data termasuk foto, video, chat, dan rekaman suara pun akan kembali ke aplikasi Whatsapp kamu.

Sudah selesai deh! Gimana, gampang banget kan cara mengembalikan foto yang terhapus di WA? Oh ya, langkah di atas juga sebetulnya bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file WhatsApp apapun, bukan cuma foto lho.