Berikut Cara Blokir ATM BRI yang Wajib Kamu Ketahui

Dalam kondisi genting dan darurat seseorang wajib mengetahui mengenai cara blokir ATM BRI jika merasa kehilangan kartu ATM atau dompet saat berada di tempat umum yang memiliki banyak orang di sana. Hilangnya suatu barang penting pasti akan membuat seseorang merasa kerepotan apalagi barang itu adalah kartu ATM yang terdapat uang simpanan di dalamnya.

Pentingnya kartu ATM dengan berisi uang di dalamnya menjadi salah satu barang berharga yang harus dijaga dengan baik. Jika sampai hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab bisa bisanya nanti uang kamu yang ada di dalam rekening akan dibobol atau digunakan. Namun di tengah majunya perkembangan zaman saat ini kamu juga harus mengetahui cara pencegahan awal.

Maraknya penipuan saat ini sangat mengkhawatirkan banyak orang terlebih jika itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Cara blokir ATM BRI digunakan sebagai tahap pencegahan awal supaya rekening kamu bisa dikembalikan secara normal. Bagi pengguna ATM BRI, cara ini sangat berguna untuk menghindari kerugian akibat hilangnya kartu dan buku rekening ATM kamu.

Dengan mengetahui langkah penanganan yang tepat, kamu akan bisa menghadapi setiap masalah akibat kehilangan suatu barang penting. Langkah penanganan lebih baik dilakukan lebih awal ketika terjadi kehilangan di saat-saat penting. Jangan mengulur waktu untuk memperbaiki masalah tersebut karena nantinya dapat berdampak fatal bagi kamu dan uang simpanan kamu.

Pentingnya Mengurus Masalah Kehilangan Kartu ATM Lebih Cepat

Masalah kehilangan kartu ATM maupun buku rekening memang menjadi pengalaman tersendiri bagi banyak orang yang pernah mengalaminya. Sebab terdapat langkah cara blokir ATM BRI yang harus dilakukan agar tabungan bisa kembali digunakan sebagaimana mestinya. Namun hal terpenting dari kehilangan kedua hal tersebut adalah jangan sampai uang simpanan di dalam tabungan hilang.

Hilangnya uang yang sudah di tabung karena tangan jahil orang tidak bertanggung jawab memang bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Namun cara tersebut tetap akan memakan waktu yang lama, sehingga perlunya mengurus kehilangan kartu ATM lebih cepat memang perlu dilakukan. Walaupun terdapat langkah untuk mengurusnya, tetap langkah tersebut terbilang mudah dan bisa dilakukan semua orang.

Selain kehilangan kartu atau buku rekening bank kamu, cara blokir ATM BRI juga bisa digunakan untuk masalah yang lainnya. Bahkan bisa dikatakan jika masalah ini sangat umum dan sering terjadi, yaitu kartu ATM kamu ditelan oleh mesin dan tidak bisa dikeluarkan. Masalah ini sering dihadapi banyak orang dan akibatnya bisa sangat fatal jika tidak langsung di blokir.

Karena saat kartu ATM di telan oleh mesin, otomatis akun tabungan kamu akan masuk ke bagian mesin ATM. Hal ini bisa sangat berbahaya jika terdapat orang yang pintar meretas mesin dan memanfaatkan masalah kamu untuk kepentingan pribadinya seperti mengambil uang yang ada di tabungan kamu. Selain itu cepatnya mengurus ATM hilang juga akan membantu dalam proses pengembalian.

Pada umumnya untuk dapat mengembalikan rekening tabungan atau membuat baru, pihak bank akan melihat berapa lama kamu mengurus pengembalian semenjak kartu ATM hilang. Hal ini dapat membantu kamu mengembalikan data lebih cepat jika kehilangan dalam jangka waktu 24 jam. Maka dari itu lebih disarankan untuk cepat-cepat mengurus masalah seperti ini.

Langkah Memblokir Kartu ATM Hilang atau Ditelan Mesin

Untuk membekukan kartu ATM hilang maupun ditelan, langkah awal cara blokir ATM BRI yang perlu kamu lakukan adalah melapor ke pihak bank. Lakukan konfirmasi untuk memblokir kartu ATM dengan alasan yang kamu hadapi. Selain kehilangan kartu ATM, tahap pertama juga berlaku bagi kamu yang kehilangan buku tabungan bank BRI.

Setelah melakukan konfirmasi, maka tabungan kamu akan diblokir dan tidak bisa dipergunakan untuk menarik saldo lagi. Pentingnya melakukan cara ini agar saat kartu ATM kamu ditelan mesin, otomatis akun dan tabungan kamu tidak dapat diakses oleh pihak luar. Saat tidak bisa diakses, mesin ATM akan melalui tahap perbaikan dan kartu kamu akan diamankan.

Walaupun kartu diamankan, kamu tetap harus melakukan cara blokir ATM BRI agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Secara umum, mesin ATM bisa menelan kartu kamu karena jarang dilakukan perbaikan sehingga bisa terjadi masalah seperti ini. Biasanya mesin ATM pinggir jalan atau daerah umum sering terjadi masalah seperti ini.

Saat kamu sudah melaporkan pihak bank mengenai masalah yang dihadapi, langkah selanjutnya adalah dengan membuat surat kehilangan di kantor polisi. Nantinya kamu akan diminta data diri dan lokasi kehilangan atau tempat mesin ATM mengalami kerusakan. Kamu tenang saja karena di tahap ini semua proses dilakukan dengan cepat dan tidak sampai 24 jam lamanya pemrosesan.

Polisi nantinya akan memberikan kamu surat keterangan resmi yang membuktikan jika kamu telah kehilangan kartu ATM atas alasan tertentu. Surat keterangan tersebut menjadi syarat utama cara blokir ATM BRI untuk membuka rekening tabungan BRI kamu kembali karena masalah kehilangan barang berharga sudah diketahui oleh pihak yang berwajib.

Tahap Akhir Pengembalian Kartu dan Rekening Tabungan BRI

Selanjutnya setelah kamu memiliki surat keterangan resmi kehilangan dari kantor polisi, kamu datangi bank BRI terdekat untuk melakukan tahapan selanjutnya. Nantinya saat kamu mengurus rekening untuk dibuka kembali, pastikan semua persyaratan sudah dibawa terlebih dahulu. Di antaranya surat kehilangan, KTP, uang administrasi dan materai 6000.

Namun kamu tenang saja karena biasanya pihak bank sudah menyediakan materai dan kamu hanya tinggal membayar semua biaya yang diperlukan. Saat mengurus pengembalian buku rekening BRI, kamu akan diminta mengisi formulir pengembalian dengan isi data diri lengkap dan bagaimana kamu bisa mengurus pengembalian buku rekening tersebut.

Setelah mengisi formulir kamu akan diminta untuk menandatangani beberapa perjanjian dari pihak bank dengan format tanda tangan di atas materai 6000. Perhatikan beberapa perjanjian dan aturan yang disediakan oleh pihak bank BRI. Sebelumnya cara blokir ATM BRI digunakan untuk mengunci tabungan rekening bank kamu.

Tetapi saat kamu sudah selesai menandatangani perjanjian kamu akan bisa menggunakan rekening dan kartu ATM seperti sebelumnya. Biasanya biaya administrasi untuk mengembalikan kartu yang hilang sebesar 15 ribu rupiah. Dengan biasa tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan kartu ATM baru untuk digunakan menarik saldo di mesin ATM.

Kesimpulan Mengapa Harus Mengetahui Cara blokir ATM BRI

Kehilangan kartu ATM bank BRI memang menjadi masalah besar bagi kamu yang kehilangan atau mendapat masalah kartu di telan ATM. Cepat lakukan pelaporan kehilangan pada pihak bank dan polisi untuk mendapat penjagaan dari pihak berwajib. Kehilangan kartu merupakan masalah besar karena itu termasuk barang berharga.

Jangan sampai kehilangan kartu ATM BRI di masa depan karena masalah kehilangan kartu bisa lebih bahaya dari pada kartu yang di telan mesin. Kartu bisa digunakan untuk membayar di supermarket atau diretas dengan alat khusus agar bisa digunakan oleh yang mengambilnya. Jaga kartu dengan baik dan jangan sampai dihilangkan atau diberikan kepada orang yang tidak dekat dengan kamu.

Masalah kehilangan barang berharga memang bisa dilaporkan pihak berwajib untuk ditindak lanjuti. Namun jika bisa diatasi dan dicegah dari awal oleh kita sendiri, kenapa harus membutuhkan bantuan mereka. Cara blokir ATM BRI menjadi informasi yang perlu kamu ketahui agar di masa depan masalah seperti ini bisa diatasi dengan cepat dan aman.