Cara Membuat ATM BNI dan Berbagai Syaratnya

Cara Membuat ATM BNI dan Berbagai Syaratnya

Cara membuat ATM BNI sangat mudah. BNI merupakan bank BUMN yang mungkin sudah tidak asing kamu dengar. Jaringan BNI dari tahun ke tahun juga semakin luas, bahkan sekarang hadir di setiap kecamatan serta kota seluruh Indonesia. Di beberapa negara lain, BNI bahkan sudah memiliki kantor cabang perwakilan.

Berdiri dari tahun 1946, BNI memiliki nasabah dalam jumlah yang cukup besar, selain itu nasabah BNI bukan hanya berasal dari kalangan orang dewasa saja, namun juga dari kalangan pelajar. Kalangan pelajar juga memiliki kesempatan untuk mempunyai rekening tabungan di Bank BNI.

Setiap melakukan pembukaan rekening bank, kita nantinya akan memperoleh buku tabungan serta kartu ATM yang dipergunakan untuk alat pembayaran. Kartu ATM atau kartu debit memang menjadi fasilitas perbankan yang sangat penting untuk sekarang ini.

Jenis Kartu ATM Bank BNI

Sebelum mencari tahu cara membuat ATM BNI, kamu harus mengetahui jenis ATM BNI terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui, BNI mengeluarkan begitu banyak kartu ATM untuk mengakomodir kebutuhan nasabahnya, setiap jenis kartu debit memiliki biaya dan kapasitas yang berbeda beda, berikut beberapa jenisnya:

  1. Debit BNI Silver. Debit BNI jenis ini memiliki warna abu-abu, di bagian depannya kamu akan menemukan chip serta corak batik. Jika ingin memiliki kartu debit ini, kamu hanya perlu mengeluarkan setoran pertama Rp 500 ribu.
  2. Debit BNI Gold. Bila ingin memiliki kartu debit dengan jenis gold ini, kamu harus membuka rekening Taplus Bisnis. Biaya administrasi perbulan sebesar R[ 7500, dengan limit tarik tunai Rp 15 juta per hari dan limit pembayaran Rp 50 juta per hari.
  3. Debit BNI Platinum. Biasanya, debit BNI Platinum ini dimiliki oleh pebisnis, biaya perbulan yang dimilikinya cukup besar, namun limitnya juga besar, untuk limit tarik tunai perharinya saja Rp 15 juta, sedangkan batas transfer ke sesama BNI mencapai Rp 100 juta cara membuat ATM BNI Platinum sama dengan yang lainnya.
  4. Debut GPN Hijau. Kartu debit GPN hijau hanya dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri, keuntungan dari kartu debit ini adalah biaya administrasinya yang sangat ringan, biaya administrasi perbulan hanya Rp 4 ribu saja.
  5. Debit GPN Orange. GPN Orange memiliki limit belanja sebesar Rp 10 juta per hari, dengan batas transfer sebesar Rp 50 juta per hari, dan limit tarik tunai Rp 5 jutaan per hari. Biaya administrasi bulanan hanya Rp 4 ribu saja. Selain jenis di atas, masih banyak jenis yang lainnya.

Cara Membuat ATM BNI Secara Offline

Bila kamu ingin melakukan pembukaan rekening ATM BNI, kamu bisa datang sendiri ke cabang BNI yang paling dekat dengan rumah. Membuat kartu ATM tidak bisa diwakilkan, sehingga kamu harus melampirkan berbagai macam dokumen seperti identitas diri seperti SIM atau KTP, kemudian NPWP, dan KK.

Selain berbagai macam, dokumen di atas, nantinya pihak bank juga membutuhkan tandatanganmu di bagian kartu ATM dan buku tabungan. Untuk melakukan pembukaan rekening, kamu bisa mendatangi customer service dan menjelaskan ingin membuka rekening BNI. Nantinya CS akan memberikan pilihan jenis tabungan.

Kamu tinggal menyesuaikan jenis tabungan tersebut dengan kebutuhanmu sekarang ini, contohnya jika kamu masih pemula dan membutuhkan ATM hanya untuk menabung, kamu bisa memilih produk BNI TabunganKu. Namun, apabila kamu masih berstatus sebagai pelajar, kamu dapat memilih produk Simpel BNI.

Jika sudah memutuskan jenis tabungan, kamu harus mengisi form pembukaan rekening tabungan. Isi pembukaan rekening dengan benar dan sesuai dengan data diri mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, penghasilan dan yang lainnya. Hindari mencorat-coret blanko data diri. Cara membuat ATM BNI selanjutnya kamu tinggal membayar setoran awal.

Setoran awal pembukaan rekening ini beragam, bergantung dari pilihan jenis tabungan yang ingin kamu buka. Pembayaran setoran awal ini melalui teller bank, sehingga bukan melalui customer service. Setelah pembayaran awal setoran sudah berhasil dilakukan, kamu bisa mendapatkan ATM dan buku tabungan.

Membuat ATM BNI Secara Online

Membuat ATM BNI juga bisa dilakukan secara online. Jika memilih pembukaan rekening secara online, kamu tidak perlu datang ke kantor cabang. Layanan ini memungkinkanmu untuk membuka rekening dimana saja dan kapan saja. Cara membuat ATM BNI secara online ini hanya membutuhkan waktu paling lama 15 menit saja.

Tetapi, harus diingat, jika kamu harus menyiapkan identitas diri untuk pembukaannya, selain itu kamu juga harus memastikan jika ponsel yang digunakan terhubungan dengan jaringan internet, sehingga nantinya pembukaan rekening bisa dilakukan dengan mudah. Bila semua berkas sudah siap, kamu bisa membuka aplikasi BNI mobile banking.

Lakukan penginstalan aplikasi mobile banking bank BNI, download aplikasi melalui App Store atau Google Store, pastikan jika ponsel selalu tersambung pada jaringan internet saat melakukan proses pengunduhan aplikasi. Aplikasi tidak bisa terunduh dengan sempurna bila internet mengalami putus nyambung.

Apabila pengunduhan sudah selesai, nantinya aplikasi akan terpasang dengan otomatis, kamu bisa membuka aplikasi mobile banking BNI dan pilih daftar. Kamu bisa membaca syarat dan ketentuan, jika sudah membacanya, klik saya setuju agar bisa melanjutkan proses pembukaan.

Pilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa mengisi halaman data diri sesuai dengan identitas seperti NIK KTP, tanggal lahir kemudian masukkan OTP yang dikirimkan melalui SMS, kamu juga bisa melengkapi data diri serta data perusahaan.

Jika data diri sudah diisi, cara membuat ATM BNI selanjutnya ialah mengupload foto selfie bersama dengan KTP, foto KTP, beserta dengan tandatangan. Klik ambil foto KTP. Nantinya layar handphone akan mengaktifkan kamera dengan otomatis. Saat mengupload selfie dengan KTP.

Klik daftar mobile banking jika sudah selesai melakukan upload data, kemudian kamu hanya perlu membuat User ID agar bisa mengakses layanan, klik syarat dan ketentuan dan klik selanjutnya. Nantinya kamu akan diberi kode referensi dan pilih video banking. Setelah itu, kamu akan melakukan panggilan video call dengan CS.

Keuntungan Menggunakan Kartu ATM BNI

Setelah mengetahui cara membuat ATM BNI, hal berikutnya yang harus kamu ketahui adalah keuntungan menggunakan kartu ATM dari bank BNI. Memiliki kartu debit dari bank BNI memudahkan kita untuk melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai.

Dengan pembayaran secara non tunai, keuangan bulanan menjadi lebih bisa terdeteksi dengan baik, kamu bisa melihat apa saja kebutuhan yang kamu keluarkan selama satu bulan penuh. Selain itu BNI juga memiliki banyak promo menarik, sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan poin hingga keuntungan potongan harga ketika melakukan pembayaran dengan kartu debit.

Sebelum melakukan pembukaan rekening BNI, lebih baik ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi kebutuhanmu sekarang ini. Jangan sampai hanya karena ingin mengejar gengsi memiliki kartu berkelas, kamu memilih debit Platinum, padahal sebenarnya kamu belum membutuhkannya, jadi sebelum praktek cara membuat ATM BNI, ketahui dulu kebutuhanmu.