Cara Transfer Pulsa Indosat, Praktis Pasti Berhasil

Cara Transfer Pulsa Indosat, Praktis Pasti Berhasil

Pulsa sekarang ini sudah menjadi kebutuhan utama, seringkali dibutuhkan cara transfer pulsa Indosat terutama untuk para pengguna setianya. Memang Indosat sendiri menjadi salah satu provider yang terkenal di Indonesia dan tentunya memiliki banyak pengguna setianya. Dan sekarang memiliki warna baru yaitu Indosat Ooredoo.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penggunanya, Indosat berusaha sebaik mungkin. Seperti menyediakan transfer pulsa antar pengguna sesama Indosat. Hal ini sangatlah penting jika terjadi hal yang urgent atau mendesak, jadi perlu waktu cepat dan tepat untuk menyelesaikan urusan tersebut.

Memang jia tidak dalam situasi yang mendesak, kamu bisa membeli pulsa di konter terdekat kamu atau membeli di kasir-kasir minimarket. Jika saja mendesak atau mungkin merasa memiliki nominal saldo yang banyak serta ingin dibagikan kepada teman, orang tua hingga orang-orang terdekat lainnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengirim pulsa antar pengguna. Yang dimaksudkan adalah saldo pulsa milik kamu diberikan ke pengguna lainnya dalam bentuk saldo pulsa. Jadi saldo yang dimiliki berlebihan tersebut bisa lebih berguna untuk orang lain nantinya. Pengiriman pulsa sendiri juga memiliki beberapa syarat.

Penuhi Syarat Sebelum Tahu Cara Transfer Pulsa Indosat

Beberapa syarat ini wajib dipenuhi agar nantinya transaksi pengiriman saldo lancar tidak ada kendala. Syarat pertama adalah nomor yang digunakan untuk transaksi, baik pengirim atau penerima saldo harus dalam keadaan aktif. Jika nomor sudah habis masa tenggang atau tidak aktif lagi transaksi tidak bisa dilanjutkan.

Yang kedua adalah baik kartu perdana penerima atau pengirim harus dalam keadaan aktif minimal 181 hari terlebih dahulu. Maksimal jumlah transfer per harinya sebesar 200 ribu, tidak bisa lebih dari itu. Pengirim harus memiliki sisa saldo minimal sebesar 5 ribu setelah dilakukan transaksi.

Tentu dengan transaksi transfer saldo antar pengguna ini dibutuhkan biaya tambahan, biaya dalam cara transfer pulsa Indosat ini sebesar 600 rupiah. Jadi pastikan sendiri saldo yang kamu miliki cukup jika digunakan untuk transfer tersebut. Untuk menghindari kendala-kendala saat transaksi nantinya.

Dalam transaksi ini, penerima juga akan menambah masa aktifnya hingga 30 hari. Penambahan lamanya masa aktif tersebut bergantung pada nominal saldo yang sudah dikirim oleh pengirim . Tenang saja saat penerima bertambah masa aktifnya, untuk pengirim tidak akan berkurang masa aktifnya walaupun berkurang pulsanya.

Keuntungan transaksi ini adalah bisa dilakukan melalui perseorangan dan lebih cepat jika memiliki teman dengan saldo yang banyak. Daripada harus mencari konter pulsa terdekat terlebih dahulu. Transaksi ini sendiri memiliki 2 cara berbeda, 2 cara tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Cara Transfer Pulsa Indosat dengan SMS

  1. Cara transfer pertama adalah dengan menggunakan SMS atau bisa disebut pesan singkat. Cara ini tentunya mudah dilakukan dan kebanyakan orang yang sudah memiliki ponsel sudah paham menggunakan sistem SMS. Langkah pertama yang dilakukan dalam transfer pulsa ini adalah membuka menu SMS di ponsel kamu.
  2. Jika sudah langsung saja ketik pesan dengan format, Transferpulsa(spasi)Nomor HP Tujuan(spasi)Jumlah Pulsa yang ingin dikirim. Contoh, Transferpulsa 081******** 35000. Cek lebih teliti ke nomor tujuan agar tidak ada kesalahan penulisan. Setelah itu kirim pesan tersebut ke nomor 151.
  3. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS terkait transaksi tersebut untuk keperluan konfirmasi. Jika sudah mendapatkan pesan balasan, di dalamnya akan terdapat nomer token. Lakukan konfirmasi dengan membalasnya, OK(spasi)nomor token tersebut. Contoh: OK 1h23b, lalu kirim. Kemudian saldo seharusnya sudah terkirim ke nomor tujuan.
  4. Lakukan konfirmasi kepada penerima secara mandiri untuk mengetahui apakah saldo sudah diterima atau belum. Biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama hanya beberapa menit saja. Itu jika tidak terjadi gangguan atau maintenance dipihak provider. Transfer pulsa dengan pesan singkat sudah berhasil dilakukan.

Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Kode USSD

Selain lewat pesan singkat, transaksi pulsa bisa melalui kode USSD atau UMB. Kode ini biasanya digunakan untuk melakukan cek saldo langsung melalui menu dial up. Cara ini tidak kalah praktis dengan cara sebelumnya. Perhatikan secara teliti cara mentransfer pulsa Indosat satu ini.

  1. Cara transfer pulsa Indosat yang pertama yaitu buka menu dial up atau panggilan. Terdapat dua cara berbeda jika melalui dial up ini, yaitu dibedakan untuk pemilik kartu perdana prabayar dan pascabayar. Pertama pada pemilik kartu prabayar yaitu IM3 dan Mentari bisa mengetik nomor *123*7*2*3*1# atau bisa juga melalui *123*151#.
  2. Jika sudah tinggal ikuti petunjuk berikutnya saja, seperti ketik 1 untuk lalu ok/balas. Kemudian isi dengan nomor hp penerima klik ok/balas, setelah itu isi nominal pulsa yang akan dikirim dan klik ok/balas. Pilih 1 untuk konfirmasi dan transaksi sudah diselesaikan.
  3. Tinggal menunggu sampai ke nomor tujuan dan lakukan konfirmasi kepada penerima dengan mandiri. Jika untuk pengguna pascabayar Matrix Ooredoo Auto nomor yang di dial up adalah *123*7*1*6*1# lalu panggil. Jika sudah tinggal ikuti langkah yang sama dengan langkah pada prabayar sebelumnya.
  4. Terkadang cara ini terdapat kendala pada providernya yang memilki respon lambat. Terjadi keterlambatan dalam penerimaan notifikasi berhasil atau tidaknya transaksi transfer pulsa tersebut. Jadi walaupun mudah dan praktis terkadang kamu harus bersabar sedikit jika menggunakan cara ini.
  5. Mau memilih cara melalui dial up menu panggilan atau SMS adalah pilihan kamu. Pada dasarnya kedua hal tersebut adalah sama hanya berbeda dalam prosesnya saja. Mudah, cepat dan praktis tentu saja bisa didapatkan dengan kedua cara tersebut.

Cara Transfer Pulsa Indosat kepada Provider Lain

Kedua cara di atas ditujukan untuk sesama provider Indosat, kali ini terdapat cara mentransfer pulsa Indosat ke provider lain. Tetapi provider lain penerima transaksi ini hanya terbatas untuk pengguna Telkomsel, XL, 3 dan Axis. Hal ini dirasa cukup untuk memberi kemudahan dalam transaksi berbeda provider.

Cara transfer pulsa Indosat yang pertama adalah transaksi transfer pulsa Indosat dengan provider tujuan Telkomsel. Yaitu dengan cara dial up melalui menu panggilan. Dengan mengetik *123*5*8*3*3*1# dan setelah itu klik panggil. Setelah itu ikuti sesuai petunjuknya, seperti mengisikan nomor tujuan hingga nominal yang dikirimkan.

Saat proses pengiriman tersebut, biasanya untuk pengguna provider lain terjadi gangguan dan keterlambatan pemberitahuan atau notifikasi jika transaksi sudah selesai. Jadi pastikan kamu tanyakan kepada penerima pulsa tersebut apakah sudah diterima atau bertambah saldo pulsanya. Transaksi berbeda provider ini memerlukan kesabaran lebih.

Sedangkan untuk pengiriman ke provider XL, 3 ataupun Axis harus melalui cara pesan singkat. Yaitu dengan mengirim dengan isi pesan Transferpulsa (spasi) Nomor Tujuan (spasi) Nominal Pulsa. Contoh Transferpulsa 089******** 30000. Seperti cara dengan melalui SMS di atas lalu kirim ke nomor 151.

Kemudian tunggu sms balasan untuk konfirmasi transaksi, jika sudah diterima balas dengan OK (spasi) nomor token dari sms balasan tersebut. Kirim dan transaksi transfer sudah selesai. Tinggal menunggu dan tanyakan kepada penerima apakah saldo sudah bertambah atau belum.

Mudah dan praktis bukan untuk melakukan transfer pulsa baik sesama Indosat atau berbeda provider. Kamu tidak perlu keluar rumah untuk ke konter ataupun minimarket jika ingin membeli pulsa. Manfaatkan saldo teman atau keluarga yang tersisa dan gunakan cara transfer pulsa Indosat di atas.