Cara Cetak Rekening Koran BCA dengan Mudah dan Cepat

Mengapa kamu harus cetak rekening koran BCA? Ada beberapa alasan kenapa kamu sebagai nasabah bank tersebut harus melakukannya. Namun, tujuan utamanya tentu saja untuk memperoleh bukti atas transaksi yang telah dilakukan oleh diri sendiri dalam periode tertentu. Selebihnya, pencetakan rekening koran bisa juga untuk melengkapi suatu syarat.

Sering bukan, ketika ke bank BCA ada nasabah yang datang ke suatu meja, memberikan buku tabungan dan mencetak kertas panjang dan itu isinya riwayat transaksi yang pernah dilakukan dengan rekening tersebut. Perlu kamu tahu juga dalam mencetak, juga dikenakan biaya per lembar.

Jika kamu tidak ingin terkena charge biaya pencetakan mahal, lakukan cetak rekening koran BCA secara berkala. Sehingga, ketika dibutuhkan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dalam satu cetak di waktu sama.

Sekarang ini melakukan pencetakan juga cukup mudah dan cepat, meski datang ke kantor cabang, tidak perlu menunggunya terlalu lama. Semuanya telah dilakukan dengan mesin canggih. Informasi lebih lanjutnya, silakan untuk membaca detail informasi berikut.

Fungsi dari Rekening Koran Bank BCA

Koran sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu courant. Bila di dalam dunia perbankan, rekening koran adalah ringkasan dari riwayat transaksi keuangan secara menyeluruh dalam suatu periode di rekening sang nasabah.

Kebanyakan orang zaman sekarang melakukan transaksi melalui online dan jarang ke bank cabang. Mereka lebih suka melakukan transfer melalui M-banking, atau setor tunai langsung ke mesin ATM terdekat di rumah mereka. Maka dari itu, cetak rekening koran BCA sudah hal umum.

Tapi bukankah mereka memiliki buku tabungan? Benar sekali, tapi karena jarang ada transaksi ke bank, membuat buku tabungan kosong. Apabila memasukkan riwayat transaksi tidak akan cukup, jadi dibuat rekening koran saja.

Pada umumnya rekening koran pada bank memiliki fungsi penting bagi nasabah yang melakukannya, yaitu :

  1. Pertama, sudah pasti melakukan cetak rekening bank koran BCA karena mereka ingin melihat riwayat transaksi yang telah dilakukan dalam satu periode tertentu, untuk keperluan perhitungan pengeluaran bisa juga.
  2. Bisa juga untuk mengajukan visa. Karena jika ingin mengajukan permohonan pembuatan atau perpanjangan visa harus memiliki dana agar bisa hidup di negara lain. Untuk membuktikannya, dengan riwayat transaksinya itu.
  3. Bisa menjadi bukti hukum apabila terlibat masalah yang menyangkut keuangan pada rekening tersebut.
  4. Mengikuti lelang juga bisa asalkan mampu membuktikan dana yang dimiliki cukup mampu mengikutinya atau tidak.
  5. Lalu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman. Pihak peminjam tidak ingin rugi, maka syarat meminjam harus menyerahkan riwayat transaksi dengan bank. Membuktikan bahwa mereka bekerja memiliki uang dan mampu mengembalikan dana pinjamannya.

Syarat untuk Mengajukan Cetak Rekening Koran BCA

Begitu penting adanya hasil cetak rekening koran bank BCA untuk kepentingan seperti contoh di atas. Namun dalam mengajukannya, kamu juga perlu memenuhi syaratnya terlebih dulu. Pihak bank tidak akan memprosesnya apabila kewajiban yang harus dipenuhi tidak lengkap.

Di bank sendiri uang terus bergulir, ada yang masuk dan keluar setiap harinya. Maka, ketika kamu ingin melihat riwayat transaksi selama satu periode tertentu, tidak boleh sembarangan meski itu adalah rekening sendiri.

Maka dari itu, ketika ada pertanyaan mengenai cetak rekening koran BCA bisa diwakilkan atau tidak, jawabannya tentu saja tidak. Ada UU yang mengaturnya bahwa informasi nasabah tidak boleh bocor oleh orang lain meski kamu adalah keluarganya. Ini berlaku ketika kamu melakukan percetakan di kantor banknya langsung.

Sementara itu, ketika sakit atau ada urusan lain yang tidak bisa ditinggalkan, bisa dilakukan secara online. Bila kamu ingin mendapatkan rekening koran, silakan penuhi beberapa syarat berikut :

  1. Bawa Buku Rekening Asli
  2. Buku rekening asli harus dibawa ketika sudah berada di depan meja CS untuk melalui proses cetak rekening koran BCA selanjutnya.
  3. Bawa Identitas Diri
  4. Boleh membawa KTP, tapi yang asli sebagai bukti untuk mencocokan identitas pada buku tabungan. Bisa juga dengan SIM atau Paspor.
  5. Kartu Debit
  6. Diperlukan juga membawa kartu debit sebagai bukti kepemilikan atas rekening tersebut.
  7. Menyiapkan Uang untuk Biaya Cetak
  8. Di atas sudah dijelaskan akan ada biaya ketika cetak rekening koran BCA. Umumnya, akan dikenakan biaya Rp. 2.500 per lembarnya. Jadi, harus bawa uang cash untuk transaksi satu ini.
  9. Cara Cetak Rekening Koran di Kantor Bank Cabang

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuannya, langsung saja melakukan tujuan utamamu, yaitu mencetak rekening koran bank BCA. Kali ini, kami akan menunjukkannya jika kamu meminta bantuan customer service dari kantor bank cabang.

Ini juga alternatif yang sangat direkomendasikan bagi kamu ketika baru pertama kali melakukan cetak rekening koran BCA. CS akan memberi panduan kepada kamu nantinya, atau bisa konsultasi ketika tujuan mencetaknya untuk mendapat pinjaman dari bank BCA.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut agar nantinya kamu juga tidak bingung ketika sudah ada di bank cabang daerah :

  1. Pertama, sudah pasti kamu harus datang dulu ke kantor cabang yang ada di sekitar tempat tinggal.
  2. Mengambil nomor antrean customer service dan tunggu hingga nomormu itu dipanggil.
  3. Langsung saja mengatakan ke CS bahwa kamu ingin cetak rekening koran BCA. Serta sebutkan mutasi yang ingin dicetak. Misalnya 2 bulan terakhir.
  4. Serahkan semua dokumen persyaratan yang telah kami sebutkan di atas tadi.
  5. Dan terakhir, tunggu hingga telah dicetak dan diterima. Jangan lupa membayar biaya percetakannya.

Langkah Cetak Rekening Koran Bank BCA Via Online

Saat ini banyak orang yang tidak sempat datang ke kantor cabang hanya untuk mencetak rekening koran saja. Sementara itu, jika ingin memiliki rekening koran, tidak bisa diwakilkan meski walinya adalah keluarga.

Maka, jalan terbaik memang menggunakan alternatif cetak rekening koran BCA online. kemajuan perbankan dari segi teknologi memang sudah bagus, maka transaksi jarak jauh juga bisa dilakukan.

Untuk bisa cetak secara online, kamu hanya perlu membutuhkan smartphone dan sudah terdaftar di I-banking BCA dan mengunduh aplikasi BCA mobile. Cara ini juga cukup menghemat biaya karena tidak ada biaya print out bila memiliki printer di rumah.

Pendaftaran bisa dilakukan pada CS pada saat ke kantor cabang. Berikut adalah langkah bila mencetaknya secara online :

  1. Buka aplikasi BCA Mobile dan pilih KlikBCA
  2. Masukkan userID dan juga PIN I-banking yang kamu miliki.
  3. Langsung pilih menu e-Statement, lalu tentukan periode riwayat transaksi yang akan dicetak.
  4. Langsung klik unduh dan tunggu beberapa saat. Nanti filenya bentuk PDF dan bisa langsung dicetak melalui perangkat printer yang kamu miliki.
  5. Kamu juga bisa mencetaknya di tempat fotokopian. Ketentuan kertasnya tidak ada, tapi pada tampilan harus pas dan tidak ada yang terpotong hingga terlihatnya malah kurang jelas.

Ingat untuk tidak melakukannya sendiri secara online ketika belum paham. Bagi nasabah yang belum terdaftar M-Banking atau i-banking, ada baiknya datang ke kantor cabang saja agar lebih mudah cetak rekening koran BCA dan hanya perlu membayar biaya print outnya, langsung selesai. Cari waktu paling tepat agar bisa datang.

Tinggalkan komentar