Pengajuan Permohonan Chinese Visa Application Service Center Masa Pendemi

Segala pengumuman berada di website Chinese visa application service center yang resmi akan selalu up to date dalam mengumumkan sesuatu yang penting, terutama permohonan pengajuan visa. Terlebih lagi di masa pendemi saat ini, orang di Indonesia tidak bisa sembarangan masuk ke negeri Tiongkok.

Tahu sendiri bahwa negara tersebut yang memulai adanya virus corona, sehingga dalam mengunjungi negara tirai bambu itu, ada syarat dan ketentuan baru yang harus diikuti oleh WNI yang akan pergi ke sana. Meski bisa dibilang cukup sulit dan memakan waktu panjang, untuk tahun 2021, sudah ada keringanannya.

Tiongkok sekarang sudah kembali normal, bahkan kota Wuhan sebagai pusat terjadinya covid-19 untuk pertama kali, warganya sudah beraktivitas seperti biasa. Apabila ingin tahu lebih jelasnya mengenai visa, Chinese visa application service center siap untuk membantumu dalam permohonannya meski masih pada masa pendemi.

Artikel ini juga akan memberikan sedikit informasi yang membuatmu semakin terbantu dalam mengajukan visa ke Tiongkok untuk tahun ini. Diberitahukan pula, dalam melakukan pengisian formulir, dilakukan secara online, baru kemudian bisa ke kantornya.

Syarat Pengajuan Visa Tiongkok dengan Benar

Biasanya, memang pengajuan visa ke Tiongkok bisa dibilang sangat mudah, cepat dan tidak memakan waktu banyak. Kira-kira tidak mencapai satu Minggu lamanya. Kamu juga harus tahu, ika pengajuannya bukan ke kedutaan Republik Rakyat Tiongkok. Namun, harus melalui Chinese visa application service center.

Di Indonesia sendiri merupakan ibuk kota di Jakarta Selatan. Kamu bisa datang langsung atau melakukan pengajuannya melalui online. Tidak hanya di Jakarta, pengajuan di Indonesia pada kantor pusat juga tersebar di Surabaya, Denpasar, serta Medan.

Mau mengajukan visa, tentu data-datanya harus lengkap untuk memenuhi semua persyaratan legalnya. Meski nanti dalam pengajuan China visa application online, dokumen juga sudah harus dipersiapkan sedini mungkin agar saat pengisian formulir, tidak bingung mencari dokumennya

Berikut beberapa dokumen yang harus disiapkan guna memenuhi syarat pengajuan dengan benar :

  1. Paspor
  2. Harus dibawa yang versi aslinya dan masih berlaku hingga 6 bulan ke depan serta masih ada banyak beberapa halaman kosongnya.
  3. Formulir Permohonan Visa Secara Online
  4. Formulir yang diisi secara online melalui komputer, wajib dicetak dan ditandatangani oleh kamu sendiri.
  5. Foto Diri
  6. Dalam mencetak foto, ukurannya adalah 33mm x 48mm. Sementara latar belakangnya wajib berwarna putih. Wajah dan telinga harus terlihat jelas.
  7. Jika kamu membawa anak, adik, saudara atau anak yang umurnya masih di bawah 18 tahun, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar dapat berangkat ke China tanpa hambatan, yaitu :
  8. Anak itu harus menyertakan fotokopi akta lahir karena belum memiliki identitas diri secara legal.
  9. Lalu fotokopi paspor atau bisa juga identitas orang tua.
  10. Apabila bepergian sendiri, diwajibkan untuk membawa surat ijin dari orang tua dengan menyertakan kontak mereka dan jam keberangkatan.

Panduan Permohonan Visa di Application Service Center

Semua dokumen persyaratan itu memang wajib dipenuhi untuk proses pengajuan selanjutnya. Diharapkan, setelah datang ke Chinese visa application service center, semuanya sudah lengkap, tinggal menyerahkannya saja dan setelah itu akan diproses.

Namun, pada sub bab pertama tadi, kami belum memberikan penjelasan lebih lanjut tentang detail mengisi formulir pendaftarannya secara online, bukan? maka, panduannya akan kami jelaskan di sini.

Pada umumnya, akan ada waktu 4 hari kerja dalam pembuatan visa hingga bisa disahkan dan diberikan kepada pihak yang mengajukan. Sementara untuk ekspres, bisa sampai 3 hari. Akan tetapi, dalam masa pendemi sekarang, bisa cukup lama jika persyaratan tambahan belum ada.

Langsung saja begini panduan dalam mengajukan permohonan visa ke Tiongkok dari formulir online ke penyerahan dokumen asli :

  1. Proses Pengisian Formulir Online
  2. Karena banyak dari kalian yang kurang tahu, kami akan memberikan panduan proses pengisiannya, yaitu :
  3. Kunjungi website visachina.org dan pilih bendera Indonesia karena kamu adalah WNI dan dari negara ini.
  4. Kemudian, pilih kota yang akan ditunjuk dalam pengajuan visanya.
  5. Untuk halaman selanjutnya akan ada langkah-langkah pengisian formulir berdasarkan aturannya. Kamu ikuti saja.
  6. Pada poin ketiga, kamu pilih tujuan ke Tiongkok itu apa. Pilih satu dari opsi tersedia.
  7. Dan terakhir, isi kode verifikasi dan submit serta baca Terms Of Conditions lalu centang.

Proses Penyerahan Dokumen Asli

Setelah itu, kamu wajib mengunduh formulir yang telah diisi, bawa dokumen sebagai persyaratan umum pengajuan seperti tertera di sub bab pertama. Sebelum datang ke Chinese visa application service center Ada tambahan dokumen juga yang harus dilengkapi, yaitu :

  1. Bukti pemesanan tiket pulang-pergi (sebagai turis)
  2. Bukti reservasi hotel atau penginapan
  3. Menunjukkan itenary perjalanan
  4. Bawa undangan pula ketika datang ke Tiongkok dengan memenuhi undangan tersebut.
  5. Aturan Baru di Chinese Visa Application Service Center Visa Biometrik

Mengikuti perkembangan zaman yang modern, selain paspor biometrik, visa jenis tersebut juga diluncurkan untuk kunjungan Indonesia ke Tiongkok. Visa biometrik sendiri bisa disebut dengan e-visa. Seluruh data akan dilakukan dengan cepat, serta disimpan pada sebuah chips.

Pemindaian data dengan cara biometrik, jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses reguler. Di Indonesia sendiri, telah dilakukan hal tersebut pada jamaah haji agar proses antre tidak terlalu lama.

Pada halamanan website Chinese visa application service center tertera ada pengumuman baru mengenai penggunaan visa jenis biometrik tertanda berlaku mulai 3 Februari 2021. Jadi, Republik Rakyat Tiongkok menerapkan peraturan baru bagi Indonesia untuk perekaman 10 sidik jari.

Itu berlaku ketika kamu mengajukan permohonan visa atau juga saat pembuatan visa biometrik untuk WNI. Tentu hal itu tidak boleh diwakilkan dan wajib datang sendiri. Namun, pemohon bisa dibebaskan dari syarat tersebut apabila :

  1. Belum genap 14 tahun atau bahkan sudah lebih dari 70 tahun.
  2. Tidak memiliki jari lengkap atau bahkan tidak bisa direkam.
  3. Tidak berlaku pada pemegang visa diplomatik, servis serta kehormatan Tiongkok.
  4. Persyaratan Tambahan Pada Visa Tiongkok Pada Masa Pendemi

Semua penjelasan dari pertama hingga sub bab ketiga, memang harus dilakukan saat mengajukan Chinese visa application service center. Hanya saja, pendemi masih berlangsung. Meski Tiongkok sudah mulai normal kembali, tapi Indonesia masih belum pulih dari covid-19.

Maka dari itu, Tiongkok memberikan persyaratan tambahan bagi Indonesia yang akan terbang ke sana pada masa pendemi. Persyaratan yang sudah disahkan oleh pemerintah Tiongkok ke Indonesia, yaitu :

Pemegang izin tinggal di Tiongkok bagi WNI akan dipermudah jika kembali ke sana. Khususnya pada kegiatan perdagangan, teknologi atau kebutuhan manusia yang mendesak.

  1. Penumpang yang akan pergi ke Tiongkok harus menyertakan pernyataan sehat.
  2. Sebelum boarding, penumpang WNI wajib melakukan tes asam nukleat covid-19 di kedutaan besar Tiongkok di Indonesia.
  3. Setelah itu, jika hasilnya telah muncul, tunjukkan bukti hasil negatif asam nukleat dan antibodi IgM virus covid-19 sebelum naik pesawat.
  4. Tetap patuhi protokol kesehatan di mana saja. Apabila permohonan ingin cepat dikabulkan oleh Chinese visa application service center, maka kamu harus mengikuti semua aturan dan syarat yang telah kami jelaskan di atas.