Kode Bank BCA dan Cara Transfer dari Bank Lain

Kode Bank BCA dan Cara Transfer dari Bank Lain

Mungkin beberapa diantara kamu belum mengetahui kode bank BCA. Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia. Bank BCA memiliki banyak sekali nasabah di Indonesia. Dengan begitu mungkin kamu akan sering menemui rekan kerja atau teman-teman kamu menggunakan rekening BCA.

Oleh sebab itu mungkin suatu saat kamu akan melakukan transfer kepada orang yang menggunakan rekening bank BCA. Ketika kamu tidak tidak memimiliki rekening BCA maka akan dibutuhkan sebuah kode unik dari bank BCA. Transfer antar bank sangat mungkin akan sering kamu lakukan di era modern seperti saat ini.

Misalkan saja, saat ini tren perbelanjaan online sedang sangat digandrungi di indonesia. Jika kamu adalah salah satunya, pasti akan sering melakukan transfer uang untuk melakukan pembayaran. Tidak menutup kemungkinan jika kamu harus melakukan transfer antar bank karena metode pembayaran yang ada tidak ada yang melalui bank yang kamu miliki.

Kode bank akan digunakan untuk mengindentifikasi transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank. Untuk melakukan transfer antar bank kamu cukup mengetahui kode dari bank tujuan. Misalnya kamu memiliki rekening bank mandiri, tetapi akan melakukan transfer ke bank BCA maka kamu membutuhkan kode bank BCA

Dalam melakukan trenfer uang dari bank terdapat beberapa cara yang dapat digunakan. Untuk melakukan transfer dapat melalui mesin ATM, SMS banking, atau internet banking. Salah satu yang cukup sering digunakan yaitu melalui mesin ATM. Mesin ATM saat ini sudah tersedia banyak sekali mesin ATM di berbagai tempat, misalnya saja tempat-tempat perbelanjaan dan tempat umum lainnya.

Kode Transfer dari Bank Lain ke Bank BCA

Seperti yang telah disebutkan sebelumya bahwa ketika akan melakukan transfer antar bank kamu membutuhkan kode dari bank tujuan. Jadi ketika kamu ingin melakukan transfer dari bank lain ke bank BCA kamu perlu menyiapkan kode bank BCA. Untuk kode tranfer bank BCA yaitu 014. Kode bank pada umumnya berjumlah tiga digit.

VIRAL :  Hati Hati Inilah 6 Aplikasi Yang Ternyata Boros Baterai, Mending Hapus

Bagi kamu yang akan melakukan transfer antar bank sebaiknya siapkan terlebih dahulu kode bank tujuan. Hal tersebut supaya tidak menghambat ketika sedang melakukan transfer. Sebenarnya jika kamu melakukan transfer antar bank melalui mesin ATM sudah tersedia informasi mengenai kode-kode bank. Tapi alangkah baiknya jika kamu mengetahuinya dari rumah sebelum berangkat.

Melakukan pengecekan kode bank di mesin ATM akan membuat proses yang dibutuhkan untuk transfer sedikit lama. Padahal kadang-kadang ada banyak sekali orang yang mengantri. Jadi sebaiknya kamu tidak terlalu lama dalam menggunakan mesin ATM. Untuk melakukan tranfer antar bank kamu hanya cukup menambahkan kode bank tujuan di depan nomor rekening. Selain menggunakan mesin ATM transfer antar bank dapat juga dilakukan melalui internet banking dan sms banking.

Cara Mengetahui Kode Bank BCA Melalui Mesin ATM

Mungkin saja kamu tidak sempat untuk melakukan pengecekan sebelum tiba di mesin ATM, kamu dapat melakukanya di mesin ATM. Caranya cukup mudah, yang pertama masukan kartu ATM kamu seperti biasa. Kemudian pilih bahasa, selanjutnya masukan kode rahasia atau password rekening kamu.

Setelah itu akan muncul menu transaksi lainnya, pilih transaksi lainnya kemudian pilih transfer. Jika sudah selanjutnya pilih antar bank online, kamu akan diminta untuk mengisikan kode bank ditambah dengan nomor rekening. Di bagian pojok kanan bawah biasanya terdapat pilihan menu daftar kode bank. Tekan saja pada daftar kode bank, maka akan ditampilkan daftar kode bank seluruh indonesia.

Karena bank yang ada di indonesia cukup banyak, membuat daftar akan ditampilkan dalam beberapa halaman. Jadi jika kamu belum menemukan kode bank BCA pada halaman pertama klik selanjutnya, maka akan muncul daftar kode bank selanjutnya. Jika sudah menemukan kamu tinggal ingat-ingat, kemudian pilih menu masukkan nomor rekening.

VIRAL :  Deretan Film Korea Sedih Tentang Ayah, Bikin Nyesel

Cara Melakukan Transfer dari Bank Lain ke Bank BCA Melalui Mesin ATM

Pertama silahkan kunjungi mesin ATM terdekat dari tempat tinggal kamu. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kartu ATM dan juga pin ATM. Pastikan jika saldo kamu cukup sebelum melakukan pengiriman. Karena nanti kamu akan dikenakan biaya tambahan ketika akan melakukan transfer antar bank. Kebijakan biaya transfer itu tergantung kebijakan dari bank masing-masing. Jadi ada kemungkinan berbeda antara bank satu dengan yang lainnya.

Setelah itu pilih menu transaksi lainnya, kemudian pilih transfer lalu pilih menu antar bank online. Kemudian pada layar kamu akan diminta untuk memasukan kode bank tujuan dan nomor rekening. Karena dalam hal ini akan melakukan tranfer ke bank BCA maka kamu perlu memasukkan kode bank BCA.

Sebagai contoh jika nomor rekening tujuan yaitu 1234567890 kamu perlu menambahkan kode 014 di depannya. Sehingga menjadi 0141234567890, selanjutnya pilih menu benar. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor referensi transfer. Namun nomor referensi ini hanya bersifat opsional jadi dapat dikosongkan saja.

Selanjutnya masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Pastikan jika nominal transfer telah sesuai, karena ketika sudah ditransfer tidak bisa ditarik kembali. Jika ingin menarik kembali kamu harus mememinta penerima untuk mentransfer kembali. Apabila nominal sudah dipastikan telah sesuai silahkan pilih menu benar.

Layar akan menampilkan informasi mengenai penerima seperti nomor rekening tujuan, bank tujuan, nama penerima, dan nominal yang akan ditransfer. Pastikan bahwa informasi yang ditampilkan telah sesuai dengan tujuan transfer. Jika tidak sesuai maka terjadi kesalahan dalam memasukkan kode bank atau nomor rekening tujuan.

Jika informasi pada layar telah sesuai silahkan lakukan konfirmasi dengan memilih benar. Kemudian mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer dan itu artinya transfer telah berhasil dilakukan. Untuk tambahan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM kembali setelah melakukan transaksi di mesin ATM.

VIRAL :  5 Situs Streaming Film Indonesia Terbaik & Terbaru, Netflix No Berapa?

Kemudahan Adanya Transfer Antar Bank

Adanya layanan tranfer antar bank jelas meberikan banyak sekali manfaat. Bayangkan saja jika tidak ada mungkin kamu harus memiliki banyak kartu ATM untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam bertransaksi. Hal tersebut dikarenakan perbankan yang ada di Indonesia sangat banyak. Tidak jarang kamu harus melakukan pembayaran ke bank lain.

Dengan memanfaatkan transfer kamu dapat melakukan pembayaran dengan mudah. Misalnya saja melakukan pembayaran gaji karyawan. Dengan menggunakan transfer pembayaran gaji karyawan juga lebih aman. Karena ketika melakukan transfer pasti terdapat bukti transfer.

Selain itu dengan adanya transfer bank membuat kamu dapat berbelanja dengan mudah. Sekarang dimana banyak sekali toko online, kamu dapat berbelanja dari rumah. Kamu tidak perlu datang ke toko langsung ketika akan berbelanja. Toko online biasanya memanfaatkan transfer sebagai metode pembayaran.

Biasanya rekening bank yang dimiliki oleh toko online berbeda-beda. Dengan andanya transfer antar bank kamu tidak perlu untuk memiliki rekening dari bank yang sama dengan toko online tersebut. Jadi kamu dapat dengan leluasa berbelanja di toko mana saja. Kamu cukup perlu tahu kode bank tujuan. Jadi jika toko oneline yang tempat berbelanja menggunakan rekening bank BCA, kamu hanya perlu mengetahui kode bank BCA untuk melakukan pembayaran.