Ini Dia Cara Transfer Ovo ke Gopay dengan Mudah

Pada artikel ini akan membahas cara transfer ovo ke gopay dengan mudah, dimana ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Di era modern sekarang ini sudah tersedia layanan dompet elektronik yang dapat membantu saat bertransaksi, seperti gopay, dana, dan sebagainya.

Selain itu, dengan menggunakan dompet elektronik biasanya juga terdapat banyak penawaran menarik seperti halnya diskon atau promo dibandingkan penggunaan uang tunai. Wajar saja jika saat ini banyak orang yang beralih menggunakan dompet elektronik ketimbang uang cash.

Tidak hanya memudahkan pengguna dalam bertransaksi, Kamu juga tidak perlu repot mengisi dompet tebal-tebal hanya untuk membayar belanjaan. Adapun cukup dengan membawa smartphone atau kartu debit saja, berbelanja jadi semakin mudah dan nyaman. Oleh karena itu, ketahui cara pengisian saldo ovo ke gopay berikut ini dengan benar.

Mengenal Apa Itu Dompet Elektronik

Perlu diketahui bahwa dompet elektronik merupakan sebuah layanan yang berguna untuk membantu penyimpanan data instrument terkait pembayaran atau lebih dikenal sebagai alat pembayaran alternatif masa kini. Hampir di seluruh pusat perbelanjaan dan restoran menerapkan sistem pembayaran elektronik ini.

Selain mempermudah konsumen dalam proses pembayaran, cara ini tergolong efektif karena dapat memiliki keamanan yang cukup tinggi. Sehingga, Kamu tidak perlu begitu banyak menimbun uang cash di laci kasir. Dengan adanya e-wallet ini secara tidak langsung uang Kamu akan diamankan oleh Bank.

Dengan adanya dompet digital atau elektronik ini, Kamu hanya perlu menggunakan kartu dan uang elektronik saja untuk menampung dana, serta melakukan transaksi. Umumnya, dompet digital ini lebih populer dengan istilah e-wallet atau electronic wallet. Adapun penggunaannya sendiri mampu mempermudah pengguna untuk bertransaksi tanpa cash.

Sebagaimana yang diketahui, di Indonesia sendiri sudah ada beberapa jenis e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat diantaranya seperti OVO Cash, Tcash, GO-PAY, DANA, dan lain-lain. Pada artikel ini akan dibahas cara transfer Ovo ke Gopay dengan mudah.

Penggunaan e-wallet ini sendiri berada dibawah naungan Bank Indonesia sehingga sangat amat digunakan sehari-hari. Masing-masing e-wallet tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tergantung si pengguna. Banyak hal yang bisa Kamu dapatkan dari e-wallet seperti diskon, promo online, dan sebagainya.

Cara Transfer OVO Ke Gopay yang Perlu Diketahui

Ketika hendak memindahkan saldo Ovo ke Gopay, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui. Adapun akun Ovo dan Gopay, keduanya wajib berstatus terverifikasi agar dapat mempermudah Kamu saat ingin melakukan transfer saldo. Caranya sendiri sangat mudah dan tidak begitu menyulitkan Kamu sebagai pengguna.

Jika belum terverifikasi, maka Kamu perlu mengupgrade akun terlebih dahulu. Caranya sendiri cukup mudah, yang dibutuhkan hanya upload foto KTP beserta foto selfie sambil memegang KTP. Kemudian, dana Ovo Cash Kamu akan bisa ditransfer ke Gopay. Berikut ini cara transfer Ovo ke Gopay yang perlu diperhatikan diantaranya:

  1. Buka dan jalankan aplikasi OVO pada smartphone Anda.
  2. Kemudian klik tombol “Transfer”.
  3. Lalu, silakan masukkan nominal dana yang ingin ditransfer.
  4. Klik pada opsi “Bank Permata”.
  5. Pada proses selanjutnya, isi nomor rekening tujuan yang akan ditransfer. Dimana Kamu perlu menggunakan format berikut : 898 diikuti nomor hp yang terdaftar pada akun Gopay contohnya: 897085725678.
  6. Setelah itu, tekan tombol “Transfer”.
  7. Lalu, tekan tombol “Konfirmasi”.
  8. Jika sudah selesai, tunggu beberapa menit hingga muncul pop up notifikasi pesan pada layar hp yang menyatakan bahwa transaksi berhasil.

Apabila sudah muncul pop up notifikasi yang menyatakan proses transfer berhasil, maka saldo pada akun Kamu akan segera terpotong secara otomatis. Setelah itu, penerima hanya perlu memeriksa jika saldo pada akun Gopay telah masuk. Apabila belum terkirim, sebaiknya pengguna segera menghubungi call center OVO.

Cara transfer Ovo ke Gopay memang tergolong sangat mudah dan anti ribet, sehingga Kamu bisa memanfaatkan e-wallet dengan baik tanpa harus menarik uang cash via atm. Terlebih lagi, di era modern seperti ini sudah banyak tersedia sistem pembayaran elektronik di setiap pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Beberapa Ketentuan dalam Proses Pengiriman Dana

Berdasarkan tata cara transfer Ovo ke Gopay di atas, terdapat beberapa ketentuan dalam proses pengiriman dana yang juga perlu diperhatikan. Adapun dalam melakukan transaksi transfer, setiap penggunanya harus menjadi member Premier terlebih dahulu.

Sementara pada proses transaksi, biasanya waktu yang diberikan lumayan singkat dan bisa kurang dari 1 menit. Selain itu, pada proses transfer saldo biasanya ada biaya minimalnya yaitu Rp 10 ribu dan berlaku di seluruh bank ataupun akun Anda.

Sehingga, bagi Kamu yang memiliki saldo kurang dari Rp 10 ribu tidak bisa melakukan transfer saldo. Kamu perlu melakukan top up terlebih dahulu supaya proses transaksi dapat dilakukan segera. Adapun melalui mobile banking ataupun atm, Kamu bisa melakukan top up saldo dengan mudah, bahkan GoPay sekalipun.

Perlu diketahui bahwa dari aplikasi Ovo sudah memberlakukan minimal transfer sebesar Rp 10 ribu saja, sehingga pastikan bahwa saldo Kamu mencukupi ya. Tidak hanya itu, terdapat biaya transfer juga yang dikenakan sebesar Rp 2500 per transaksinya.

Anda juga perlu tahu jika Ovo point pada akun Kamu tidak dapat ditransfer. Mengapa demikian? Hal ini karena Ovo Point hanya dapat digunakan untuk membayar makanan, belanjaan, grab ride dan grab car saja. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan pembayaran dengan Ovo cash guna mendapat cashback di Ovo Point.

Ovo point memang tidak dapat ditransfer ke Gopay karena ini merupakan reward atau cashback yang biasanya diberikan usai melakukan pembayaran via Ovo Cash. Biasanya, besar Ovo point yang didapatkan juga tergantung promo yang tersedia.

Jika ingin membayar belanjaan dengan Ovo point, namun saldonya kurang, Kamu bisa menambahnya dengan bantuan Ovo Cash. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cara transfer Ovo ke Gopay memang sangat mudah, namun tidak berlaku untuk transfer Ovo Point.

Berapa Lama Proses Transfer Saldo Ovo dan Besar Biayanya ?

Seperti yang diketahui, terdapat perubahan efektif sejak Januari 2021 silam, dimana pihak OVO sudah mulai memberlakukan adanya biaya transfer ke bank sebesar Rp 2.500 per transaksinya. Jika sebelumnya, mereka memberi penawaran berupa gratis transfer sebanyak 10 kali ke bank apa saja tanpa minimal saldo.

Walaupun saat ini sudah dikenakan adanya biaya transfer setiap melakukan transaksi, namun biaya transfer ini tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan bank konvensional yakni sebesar Rp 6.500. Selain cara transfer Ovo ke Gopay yang tergolong mudah, besar biaya transfernya juga sangat terjangkau.

Selain itu, cara transfernya ke Gopay sendiri sangatlah mudah, dimana proses pengiriman ke Gopay sangat singkat bahkan kurang dari 1 menit. Jangan khawatir jika Kamu menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses transaksi maupun transfer uang antar bank yang berbeda.

Jika pada akun Ovo Kamu masih memiliki banyak saldo, namun hendak berbelanja dengan menggunakan Gopay, maka jangan khawatir. Berdasarkan informasi di atas, mengenai cara transfer Ovo ke Gopay diharapkan dapat membantu Kamu agar tidak kebingungan lagi jika hendak berbelanja ketika saldo Gopay kosong.

Tinggalkan komentar