Berikut Contoh Surat Lamaran CPNS yang Benar Sesuai Aturan

Sebagian besar dari kamu pasti pernah mencari contoh surat lamaran CPNS melalui internet dan pasti juga temukan banyak hasil. Sayangnya, hampir semua hasil pencarian tersebut pasti memberikan contoh yang berbeda beda. Hal semacam ini pasti membuat kamu kesal sekaligus bingung ketika akan menulis surat lamaran.

Surat lamaran, apalagi untuk CPNS memang harus benar dan mengikuti aturan yang berlaku. Aturan ini bisa saja berbeda beda ditentukan lembaga atau kementrian terkait tempat kamu melamar. Terkadang dari kementrian sendiri tidak menyediakan contoh yang benar sesuai aturan terkait tata cara pembuatan surat tersebut.

Padahal, jika salah dalam menulis surat, bisa jadi kamu tidak lolos tahap administrasi. Maka dari itu, kami akan berikan pencerahan tentang cara membuat serta contoh surat yang bisa kami gunakan untuk melamar CPNS. Lebih jelasnya, simak artikel ini dari awal sampai dengan bagian akhir nanti.

Sekarang ini memang belum ada pengumuman resmi terkait dengan penerimaan CPNS. Namun kamu pastinya sudah mendengar kabar jika tahun ini penerimaan calon PNS akan diadakan lebih awal. Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan persiapan penting terkait dengan syarat syarat mengajukan lamaran yang baik dan benar.

Dari beberapa persyaratan untuk melamar menjadi calon PNS, kamu pasti tahu jika surat lamaran adalah syarat paling dasar. Jika semua syarat dan kriteria pekerjaan sudah lengkap tapi kamu lupa membuat surat lamaran, tentu semuanya akan menjadi percuma. Jadi, jangan sepelekan aspek kecil yang satu ini.

Cari Contoh Surat Lamaran CPNS Secara Cermat

Ketika melamar sebuah pekerjaan, apapun jenisnya, ada beberapa hal dasar yang harus dikirimkan pencari kerja ke penyedia lowongan pekerjaan. Selain surat pelamaran, kerap kali kamu diminta untuk membuat CV atau data diri dan sebuah surat pernyataan. Untuk surat pernyataan tentu tergantung bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

Tapi pada kesempatan kali ini, kami akan berikan format serta contoh surat lamaran CPNS saja agar kamu semakin mudah memahaminya. Untuk contoh lain, kamu bisa pelajari pada pembahasan atau artikel kami selanjutnya. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat sebuah surat lamaran karena sifatnya yang formal.

Namun begitu, pelamar atau pencari harus mengikuti aturan main demi bisa mendapat pekerjaan impian dan tidak malah gugur pada tahapan seleksi administrasi. Bisa jadi lembaga dan kementrian yang kamu lamar memberikan syarat khusus seperti penggunaan format, jenis huruf, ukuran huruf atau bahkan ukuran kertas.

Memang tidak mudah untuk mencari pekerjaan secara resmi di lembaga pemerintah kecuali kamu juga melakukannya secara resmi. Bahkan beberapa instansi non pemerintah terkadang juga memiliki aturan berbeda beda terkait dengan pembuatan salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan ini jadi kamu harus lebih cermat lagi.

Setelah punya dasar penting tadi, barulah kamu bisa simak seperti apa contoh surat lamaran CPNS yang benar dan pastinya mudah dibuat. Cara lengkap terkait dengan pembuatan tulisan untuk melamar calon PNS ini sangat mudah. Apa saja unsur yang harus ada juga akan kami jelaskan.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kamu Harus Punya Poin ini

Supaya tidak bingung saat akan mulai membuat surat lamaran, sebaiknya kamu simak dulu apa saja bagian serta unsur yang harus ada di dalamnya. Kami memang sengaja membuat penjelasan per bagian supaya kamu lebih mudah paham dan tidak bingung ketika harus membuatnya lagi di kemudian hari.

Bagian pertama adalah penulisan kepala surat. Jika kamu berencana membuat bagian ini sebaiknya lupakan saja karena yang namanya surat lamaran tidak memiliki bagian kepala. Bagian paling awal yang harus dibuat adalah tujuan atau kepada pihak mana dan siapa surat tersebut kamu kirimkan.

Dalam sebuah contoh surat lamaran CPNS juga harus terdapat perihal baru kemudian menyampaikan salam secara resmi yaitu, “dengan hormat” diteruskan dengan tanda baca koma. Berpindah ke alenia selanjutnya, pastikan untuk menuliskan identitas diri secara lengkap dan jangan sampai ada kesalahan apalagi kesalahan penulisan.

Jika membuat bagian yang mudah dan sederhana seperti ini saja kamu sudah salah tulis, tentu lembaga pencari tenaga kerja pasti sudah merasa ragu. Setelah itu sampaikan maksud tulisan dimana kami ingin diterima pada lembaga terkait. Jika sudah tahu, silahkan cantumkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan.

Bagian berikutnya, sertakan lampiran lampiran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang pastinya sudah tercantum pada pengumuman lowongan CPNS. Agar lebih mudah dicari, berikan nomor urut dan susun lampiran kamu sesuai dengan nomor urut. Jika urutan atau susunan lampiran sudah disediakan, maka kamu tinggal mengikutinya saja.

Hindari Kesalahan ini Jika Kamu Ingin Daftar CPNS

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, tidak semua contoh surat lamaran CPNS yang ada memiliki format sesuai dengan ketentuan. Hal ini memang kerap kali membuat calon pelamar bingung namun jangan lantas berputus asa dengan kondisi ini karena semua itu bisa dipelajari dengan mudah menggunakan cara berikut.

Ada beberapa kesalahan dasar yang harus kamu hindari ketika membuat surat lamaran apalagi untuk instansi pemerintahan agar diterima sebagai CPNS. Jika sampai kesalahan ini, kemungkinan besar tidak akan lolos. Kesalahan pertama adalah salah dalam menulis tujuan berupa lembaga atau kementrian tempat ingin melamar.

Cari dulu nama resmi, benar dan terbaru dari kementrian di mana surat tersebut ditujuan. Terkadang nama kementrian ini juga mengalami perubahan sehingga harus benar benar mencari informasi terbaru. Kesalahan dasar berikutnya adalah salah tulis. Untuk kesalahan ini sangat mendasar dan sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Format penulisan atau urutan salah dan tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan juga dalam membuat calon pelamar gagal melalui tahap administrasi. Kesalahan berikutnya terkait dengan data data lampiran dimana harus benar benar lengkap. Jangan menuliskan lampiran yang tidak disertakan karena bisa berakibat fatal.

Kunci Membuat Contoh Surat Lamaran CPNS Sesuai Aturan

Sebelum masuk pada bagian penutup dari tulisan ini, akan kami berikan kesimpulan yang merupakan rangkuman beberapa penjelasan di atas. Pertama, tidak semua sumber yang ada di internet bisa digunakan begitu saja tanpa memperhatikan formatnya. Kedua, pahami juga persyaratan dari instansi penerima CPNS terkait surat lamaran.

kesimpulan berikutnya, jika mau berusaha sebenarnya mudah untuk membuat lamaran dengan baik dan benar. Selama terdapat beberapa bagian atau poin yang wajib anda, hindari beberapa kesalahan dasar. Kesalan dasar sudah kami jelaskan juga dan ini bisa membuat pelamar ditolak secara instan.

Mungkin selanjutnya terdengar sepele namun tahapan administrasi semacam ini sebenarnya juga sudah menjadi ujian pertama bagi pelamar. Calon pekerja yang tidak memiliki kesungguhan niat akan terlihat dengan jelas dari pembuatan lamaran. Jadi usahakan untuk melalui tahap seleksi administrasi secara serius dengan menaati semua aturan berlaku.

Jika kamu sudah bisa melewati tahap seleksi administrasi, setelah itu saatnya untuk mempersiapkan diri untuk tahap ujian berikutnya. Sampai dengan bagian ini, berarti selesai sudah penjelasan mengenai contoh surat lamaran CPNS dan ternyata cara membuatnya sangatlah mudah selama kamu tahu apa saja substansinya.