Kode Bank Syariah Mandiri di ATM 2021 dan Kegunaannya

Karena semakin meningkatnya kebutuhan transaksi, kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 menjadi salah satu banyak dicari nasabah. Mengingat jumlah nasabah bank yang berbasis hukum Islam ini juga semakin banyak. Itulah mengapa kode yang dipakai guna beberapa kepentingan juga semakin banyak digunakan.

Seperti umumnya bank di Indonesia, Syariah Mandiri juga mempunyai tiga digit angka sebagai kodenya. Tentunya antar satu kode dan yang lainnya memiliki angka berbeda. Seperti halnya bank Mandiri maupun Mandiri Syariah yang juga berbeda, meskipun kedua bank tersebut berasal dari satu perusahaan sama.

Ini Dia Kode Bank Syariah Mandiri di ATM 2021 serta Pemakaiannya

Seperti yang sudah dijelaskan, kode milik Bank Mandiri serta Syariah Mandiri berbeda. Karena keduanya mempunyai sistem pelaksanaan perbankan berbeda. Kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 sendiri adalah “451”. Tentunya tiga angka kode ini khusus, karena tidak ada bank lain menggunakan angka serupa.

Lantas khusus penggunaannya, pada dasarnya dipakai ketika nasabah bank lain akan memproses transfer ke rekening Syariah Mandiri. Dituliskan di awal rekening ketika melakukan transaksi dengan kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 tersebut. Contohnya terdapat rekening Syariah Mandiri 987656789. Maka apabila kamu akan melakukan transfer antar-bank, penulisan rekeningnya adalah 451987656789.

Transaksi dengan penggunaan kode ini bisa dilakukan melalui ATM. Namun tidak hanya itu, ketika kamu transfer lewat m-banking, e-banking, atau SMS banking juga tetap membutuhkannya. Apabila mengirim uang dari bank lain tetapi belum menambahkan tiga digit angka tersebut, otomatis transaksi tidak akan berhasil.

Kode ini sendiri umumnya bisa kamu temukan langsung di ATM. Namun biasanya kamu tidak mau terlalu lama mencarinya, karena bisa menimbulkan antrean. Oleh sebab itu kalau kamu akan melakukan transfer ke rekening Syariah Mandiri dari bank lain, bisa langsung menambahkan kombinasi angka “451” tersebut.

Penyebab Tidak Terprosesnya Transfer Antar Bank

penyebab tidak terprosesnya transfer antar bank, salah satunya karena kesalahan kode bank Syariah Mandiri di atm 2021, diantaranya adalah:

  1. Salah Menuliskan Kode Bank

Seperti yang sudah Kami jelaskan di awal, kode Bank Syariah Mandiri ini merupakan kombinasi angka khusus. Maka ketika salah memasukkannya, otomatis transaksi tidak berlangsung. Namun tidak perlu khawatir, asalkan nantinya memang tidak muncul detail transaksi, maka saldo kamu tidak akan berkurang.

2. Nomor Rekening Tujuannya Salah

Selain salah mengenai kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021, ketika rekening tujuan salah penulisan, transaksi juga tidak akan berhasil. Maka selalu pastikan bahwa penulisannya benar. Namun seperti saat salah kode, apabila tidak muncul detail transaksi, otomatis saldo kamu juga tidak akan berkurang.

3. Pastikan Detail Transaksinya Tepat

Ketika sudah menuliskan rekening dan jumlah uang yang akan dikirim, detail transaksi tersebut akan keluar. Detail yang dimaksud adalah nama bank, nama pemilik rekening tujuan, maupun nominal transfernya. Pastikan bahwa detail tersebut sudah benar, sebelum kamu menyelesaikan transaksi tersebut.

4. Jaringan ATM Error

Terkadang terdapat masalah ATM rusak atau error. Namun ada kasus ketika ATM masih dapat berjalan, tetapi tidak bisa transaksi. Meskipun penulisan kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 dan nomor rekening sudah benar, tetapi transaksi tidak berhasil. Apabila terjadi, hubungi CS bank tersebut.

5. Layanan Sedang Offline

Tidak semua m-banking atau e-banking bank tertentu online selama 24 jam. Maka ketika kamu transfer di jam offline tersebut, otomatis transaksi apa saja tidak berlangsung. Maka kamu harus menunggu jam onlinenya, apabila ingin melakukan transfer antar-bank tersebut.

Cara Transfer Melalui ATM ke Rekening Mandiri Syariah Memakai Kodenya

Cara untuk melakukan transfer uang melalui ATM ke rekening Mandiri Syariah adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan Kartu Dahulu

Pertama tentu datangi ATM yang sama dengan rekening bank milikmu atau bisa juga ke ATM bersama. Setelahnya masukkan kartu milikmu, pastikan bahwa posisinya sudah benar. Ketika sudah tepat, maka kamu bisa menuliskan PIN. Apabila belum benar, kartu biasanya tidak bisa masuk ke mesin.

2. Pilihlah Bahasa dan Tulis PIN

Menggunakan ATM umumnya mengharuskan nasabah memilih bahasa yang ingin digunakan. Pilih yang mudah kamu mengerti, misalnya Bahasa Indonesia. Lalu tuliskan PIN sebanyak 6 digit angka milikmu. Kami sarankan untuk menutupi ketika menuliskannya, sehingga keamanan selalu terjamin.

3. Pilih Jenis Transaksi yang Diinginkan

Kini kamu sudah bisa memilih jenis transaksinya. Karena hendak transfer, bisa mencari pilihan “Transfer ke Bank Lain”. Namun pilihan ini bisa berbeda tergantung ATM apa yang dipakai. Pastikan sudah memilih menu yang dipakai ketika transaksi pengiriman uang antar-bank.

4. Tuliskan Kode, Rekening Tujuan, Serta Nominal

Apabila sudah muncul baris untuk menuliskan rekening, kamu dapat menuliskan kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 terlebih dahulu. Pastikan seluruhnya tepat, supaya tidak terjadi kesalahan. Setelahnya baru masukkan rekening tujuan. Setelah pilih lanjut, kemudian tuliskan nominal uang yang akan dikirimkan.

5. Simpan Struk Transfernya

Nantinya akan muncul bukti transfer yang harus kamu cek apakah sudah benar atau belum. Apabila benar, langsung selesaikan transaksi. Kemudian bisa tekan tombol “cancel” apabila memang tidak ingin melakukan transaksi lain. Jangan lupa ambil kartu dan simpan bukti transfer apabila memang diperlukan.

Tahapan Transfer Lewat m-Banking ke Rekening Mandiri Syariah Menggunakan Kodenya

Tahapan yang harus ditempuh untuk transfer lewat ATM m-banking dengan menggunakan kode bank Syariah, adalah:

  1. Login Dahulu

Menggunakan m-banking apa saja, kamu harus login sebelum bisa memakainya. Umumnya dengan menuliskan userID serta kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. Namun kini juga sudah ada yang menggunakan biometrik. Kamu bisa menggunakan apa saja, asal bisa login ke akun milikmu untuk transaksi melaluinya.

2. Pilih Transaksinya

Kemudian pilih transaksi yang ingin kamu lakukan. Carilah kata “Transfer” kemudian pilih yang transfer antar bank. Perlu diingat juga bahwa kamu harus memastikan layanan sedang online. Namun kalau memang sedang offline, kamu juga tidak perlu khawatir saldo berkurang. Karena nantinya transaksi otomatis tidak berjalan.

3. Tulis Nominal dan Lihat Detailnya

Kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 juga harus dituliskan saat menggunakan m-banking ini. Maka tuliskan sebelum rekening tujuan. Selanjutnya bisa menuliskan nominal yang akan kamu kirimkan. Setelah tahap ini selesai, maka akan muncul detail transaksinya. Pastikan bahwa sudah benar sebelum klik setuju atau lanjut.

4. Simpan Bukti Transfer

Menggunakan m-banking untuk transfer tentunya akan memunculkan bukti transfer juga. Maka jangan lupa menyimpannya dalam bentuk jpg maupun pdf. Sehingga ketika ada kesalahan, kamu dapat menunjukkan bukti resmi tersebut. Setelahnya baru boleh melanjutkan ke transaksi lain atau log out dari aplikasi m-banking tersebut.

Kode ini memang penting dituliskan saat kamu hendak melakukan transfer antar-bank. Kamu bisa mencarinya di menu yang tertulis pada setiap ATM. Namun apabila khawatir terlalu lama, bisa langsung menambahkan tiga digit angka “451”. Namun ini khusus dipakai ketika transfer ke bank Syariah Mandiri.

Kode tersebut dapat kamu pakai ketika menggunakan ATM, e-banking, m-banking, maupun SMS Banking. Nantinya bisa dituliskan di awal sebelum nomor rekening tujuan. Namun ketika menemukan masalah, walaupun sudah menuliskan kode bank Syariah Mandiri di ATM 2021 dengan benar, segera hubungi CS bank bersangkutan.