Tata Cara Melakukan Komplain JNE Saat Paket Bermasalah

Dalam bidang ekpedisi pengiriman, JNE merupakan salah satu perusahaan ekpedisi terkemuka di Indonesia. Namun, tidak jarang komplain JNE terus berdatangan. Hal tersebut sangat wajar, mengingat perusahaan ekspedisi ini sering dipercaya untuk mengirim barang oleh banyak pihak.

Hampir semua e-commerce menjadikan JNE sebagai rekomendasi jasa ekspedisi yang dapat digunakan. Hal tersebut dikarenakan, penyedia jasa ekspedisi ini dapat dipercaya dan selalu memprioritaskan keamanan paket hingga sampai ke tangan konsumen.

JNE sudah beroperasi sejak tahun 1990 yang merupakan salah satu divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TIKI), selama waktu itu perusahaan ini terus berkembang. Tidak hanya melayani jasa kurir dalam negeri, namun juga melayani jasa kurir dengan skala internasional.

Inovasi demi inovasi terus dikembangkan, hingga skala pengantarannya mencakup seluruh dunia dan seluruh Indonesia. Karena perkembangan JNE begitu pesat, akhirnya perusahaan ini melepaskan diri dari TIKI dan secara mandiri mengoperasikan semua kegiatan bisnisnya.

Pelayanan perusahaan pengantaran paket ini sangat baik, sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Berbagai garansi disediakan sebagai jaminan keamanan barang. Sebagian besar konsumen merasa puas, namun ada juga sebagian kecil yang tidak merasa puas.

Alasannya sangat umum yaitu masalah saat pengiriman paket. Entah waktu pengiriman yang terlalu lama atau paket tidak jelas jejak keberadaannya. Namun, dalam hal ini pihak perusahaan tidak lepas tanggung jawab. Karena, terdapat layanan komplain JNE yang dapat Kamu manfaatkan saat paket bermasalah.

Komplain dengan Melalui Media Telepon

Menyampaikan keluhan melalui jaringan telepon adalah cara yang paling umum dan paling disukai oleh customer. Karena, customer bisa langsung mendapatkan respon ketika menyampaikan keluhan. Bahkan mereka bisa langsung mendapat solusi dari masalah paketnya.

Sehingga, tidak perlu menunggu lama untuk respon dan solusi dari pihak perusahaan. Sayangnya, komplain JNE melalui telepon ini tidak gratis. Kamu harus menanggung biaya telepon saat melakukan cara ini. Berikut ini adalah menyampaikan keluhan kepada JNE melalui telepon.

  1. Hubungi Call Center JNE

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menghubungi call center JNE di nomor (021) 2927 8888. Tunggu beberapa saat hingga tersambung kepada operator yang secara otomatis menjawab telepon Anda.

2. Tekan dengan Benar Nomor Ekstensi yang Dituju

Ketika mengangkat telepon Anda, operator akan menyebutkan deretan nomor ekstensi yang spesifik dengan keperluan customer. Dengarkan dengan seksama nomor ekstensi yang akan menangani permasalahan paket.

Sebab jika Kamu menekan nomor ekstensi yang salah, maka keluhan Kamu tidak akan ditanggapi. Kamu akan diminta mengulangi panggilan dan menghubungi petugas yang tepat.

3. Sampaikan Komplain Anda

Setelah tersambung ke nomor ekstensi yang benar, akan ada petugas yang melayani Kamu dan membantu menyelesaikan permasalahan paket Anda. Sampaikan semua komplain JNE Kamu dengan bahasa dan cara yang baik agar petugas tersebut dapat memahami dengan baik.

4. Komplain Melalui Email Resmi JNE

Jika Kamu tidak menyukai mengutarakan permasalahan paket secara langsung melalui sambungan telepon, maka solusinya adalah menyampaikan melalui email resmi JNE. Keuntungan dari cara ini adalah Kamu dapat dengan leluasa menuliskan segala keluhan dan komplain secara detail.

Selain itu, biaya komplain JNE lewat email jauh lebih murah daripada menyampaikan melalui telepon. Sebab, Kamu hanya memerlukan koneksi internet saja. Tetapi, pihak ekspedisi akan memberikan respon yang lebih lambat. Meski demikian, mereka akan membantu dalam menyelesaikan permasalahan paket Anda.

Anda cukup mengirimkan email ke alamat customercar@jne.co.id. Menurut saran kami, jika permasalahan mengenai paket Kamu sangat mendesak, lebih baik jangan melakukan aduan dengan cara ini.

Komplain dengan Melalui Sosial Media

Salah satu cara pengaduan masalah paket Kamu adalah lewat sosial media JNE. Perusahaan penyedia pengantaran paket ini merupakan salah satu yang paling mengikuti perkembangan jaman. Hal ini dibuktikan dengan kehadirannya di berbagai platform media sosial.

Media sosial ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyampaikan berbagai komplain JNE dari customer. Bisanya, pihak perusahaan ekspedisi ini akan merespon dengan cepat baik dengan cara komentar di postingan atau pesan langsung.

Hal ini membuktikan keterbukaan layanan JNE kepada para pengguna jasanya dan sebagai salah satu cara untuk tetap menjaga kepercayaan customer. Kamu dapat menghubungi perusahaan jasa pengantaran paket ini JNE (facebook), JNE_ID (twitter), dan jne_id (instagram).

Komplain Melalui Ask Joni yang Sudah Disediakan

Selain sambungan telepon call center, JNE juga menyediakan fitur chatting dengan respon yang sangat cepat di halaman websitenya. Fitur chatting ini diberi nama Ask Joni, fitur ini merupakan layanan live chat bersama customer service yang telah disediakan untuk mengurus segala aduan customer.

Saat Kamu membuka fitur Ask Joni, maka sistem akan meminta Kamu untuk mengisi beberapa data pribadi yang sangat berhubungan dengan paket milik Anda. Pastikan setiap data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai.

Setelah itu, server akan menyambungkan permintaan Kamu dan mencari customer service yang bisa melayani komplain JNE. Saat customer service sudah terhubung dengan live chat, maka Kamu dapat menyampaikan segala aduan mengenai permasalahan paket.

Customer service akan memberikan solusi atas permasalahan tersebut secara langsung saat itu juga. Kamu hanya memerlukan sambungan internet agar dapat melakukan aduan dengan cara ini. Respon yang diberikan juga jauh lebih cepat daripada lewat e-mail.

Jenis Aduan Paling Sering Disampaikan

Aduan setiap customer sudah pasti berbeda-beda, mengingat JNE merupakan perusahaan ekspedisi yang sangat besar di negeri ini. Oleh sebab itu, berbagai macam aduan masuk dari berbagai pihak melalui berbagai macam media.

Dari banyaknya pengaduan tersebut, ternyata inti dari semuanya dapat ditarik garis besar dan dijadikan beberapa kelompok sebagai berikut.

  1. Keterlambatan Paket

Keterlambatan paket adalah permasalahan yang sangat sering terjadi. Faktor yang mempengaruhi keterlambatan paket ini diantaranya kemacetan, kerusakan mobil ekspedisi saat mengirim paket, kerusakan jalan, atau banyak hal lagi yang tidak dapat diprediksi.

2. Salah Kirim

Paket yang salah kirim tentu sudah lumrah terjadi, apa lagi jika alamatnya ambigu dan mirip-mirip dengan alamat orang lain. Meski paket tersebut bisa dikirim ulang, namun akan sangat fatal jika ternyata paket tersebut tidak dapat diambil kembali dari penerima awalnya.

3. Paket Hilang

Paket yang hilang sering terjadi karena terselip atau tertinggal di pos-pos JNE lainnya. Terutama ketika jumlah barang yang dikirim sedang banyak, tidak jarang ada yang luput dari pendataan dan tertinggal. Hal ini tentunya menyebabkan komplain JNE semakin meningkat.

4. Paket Rusak

Kerusakan barang yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi memang sangat rentan. Sebab, dalam proses pengangkutan dan pengirimannya barang akan ditumpuk-tumpuk, dilempar, dan kegiatan lainnya yang dapat merusak barang.

Oleh sebab itu, JNE memberikan garansi untuk kerusakan barang. Kamu juga dapat meningkatkan keamanan dalam pengiriman dengan menggunakan jasa pelayanan tertentu. Misalnya untuk barang elektronik yang rentan akan kerusakan.

5. Pelayanan Tidak Memuaskan

Pelayanan yang tidak memuaskan ialah salah satu alasan banyak customer melakukan komplain kepada perusahaan ekspedisi. Karena, semua orang pasti tidak akan merasa senang saat dilayani dengan asal-asalan dan terkesan tidak dihormati.

Komplain JNE merupakan hak bagi setiap customer. sebab hal itu bukan hanya untuk kebaikan customer, namun juga demi kebaikan JNE agar terus meningkatkan kualitasnya di bidang ekspedisi.