Pandai Pilih Pinjaman Online agar Tidak Tertipu

Pastikan untuk pandai pilih pinjaman online ketika sedang membutuhkan. Itu karena, platformnya sendiri sangat banyak di Indonesia. Perkembangannya terjadi pada beberapa tahun terakhir dimana sistem ini mulai dikenal masyarakat. Pengenalan tersebut dibarengi dengan semakin bertambahnya jumlah perusahaan semacam itu.

Tentu tidak semua pinjaman online memiliki kualitas tinggi. Beberapa masih berusia baru sehingga kualitas yang diberikan bisa saja tidak sesuai keinginan. Jika sampai tertipu dan memiliki platform semacam itu, kamu bisa saja dirugikan. Itu karena, bisa saja platform tersebut malah merugikan kamu.

Agar tidak tertipu dan salah pilih, sifat selektif ketika memilihnya sangat diperlukan. Dengan sifat selektif tersebut, kualitas yang didapatnya pasti sesuai keinginan. Sebenarnya, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilihnya. Selalu pandai pilih pinjaman online dengan memerhatikan beberapa tips berikut.

Pilih Platform yang Kredibilitasnya Tinggi

Tips pertama ketika memilih pinjaman online adalah dengan memerhatikan kredibilitasnya. Patokan dari kredibilitas sendiri tidak begitu rumit. Poin paling penting dari kredibilitas ini terletak pada pendaftarannya pada OJK. Jika sebuah pinjol terpercaya, pinjol tersebut pasti terdaftar di OJK. Cara pengecekannya sendiri sangat mudah.

Sudah ada banyak fitur di internet untuk mengecek apakah pinjol terdaftar di OJK. Pastikan untuk pandai pilih pinjaman online dengan memerhatikan poin ini. Jika sebuah platform tidak terdaftar di OJK, itu berarti platform tersebut ilegal. Platform ilegal bisa saja merugikan kamu karena bunga yang terlalu tinggi dan sejenisnya.

Syarat untuk platform dengan kredibilitas tinggi selanjutnya terletak pada situs atau websitenya. Sebuah platform dengan kredibilitas tinggi pasti memiliki website resmi atau aplikasi dengan tampilan mapan. Jangan sampai memilih pinjol yang menggunakan website gratisan. Jangan juga memilih pinjol yang memberikan penawaran via WA dan SMS.

Kredibilitasnya sangat dipertanyakan jika situs resmi dan aplikasi saja tidak dimiliki. Selain itu, situs dan aplikasi dari pinjol berkualitas selalu menyediakan informasi lengkap dari pinjol itu sendiri. informasi pentingnya seperti bunga dan pilihan pinjaman. Untuk membuat susunan semacam itu tidak semudah kelihatannya.

Dengan itu dapat dipastikan bahwa situs tersebut memiliki kredibilitas tinggi. Jangan lupa juga untuk memerhatikan call centernya sebagai bentuk pandai pilih pinjaman online. Sebuah platform berkualitas selalu menyediakan CS yang berkualitas untuk para konsumennya. CS berkualitas selalu mudah ketika dihubungi.

Bahkan, beberapa platform kelas atas mengaktifkan CS-nya hingga 24 jam. Kondisi ini jelas akan menguntungkan konsumen. Dengan CS terus aktif dalam waktu lama, setiap pertanyaan dari konsumen akan terjawab seluruhnya. Jawaban dari CS juga pasti memuaskan sehingga tidak mungkin konsumen merasa ada yang kurang dari jawabannya.

Pastikan Juga Platform Tersebut Tidak Akan Merugikan Konsumen

Selain memiliki kredibilitas tinggi, pandai pilih pinjaman online juga dapat dibuktikan dengan memilih platform yang tidak merugikan konsumen. Poin pertama untuk urusan ini tentu adalah bunga. Ketika meminjam pada pinjol, tidak mungkin pinjaman tersebut tidak disertai bunga. Bunganya pasti ada dalam jumlah yang berbeda-beda.

Dari bunga inilah pemilik platform akan memiliki keuntungan dan bisa mempertahankan bisnisnya. Sebenarnya dalam pinjol sendiri, salah satu kesulitan utama terletak pada adanya bunga harian. Bunga haria harus dibayar apabila pembayaran sudah melewati jatuh tempo. Bunga harian sebenarnya merupakan sesuatu yang umum.

Namun pada beberapa platform, sering kali bunga hariannya terlalu tinggi. Bahkan, ada beberapa yang mematok bunga harian lebih dari 2%. Sekarang bayangkan kamu meminjam uang 10 juta rupiah dengan bunga harian 2%. Dengan itu, bunga per harinya mencapai 200 ribu rupiah.

Apabila pembayaran terlambat satu bulan, maka bunga tersebut sudah mencapai 6 juta rupiah. ini terbilang luar biasa mengingat jumlah tersebut lebih dari setengah kali pinjaman awal. Sebagai bentuk pandai pilih pinjaman online, pastikan memilih platform dengan bunga tidak lebih dari 1%.

Itu merupakan biaya standar yang dipilih dan disarankan oleh OJK. Oleh sebab itu, pilihlah platform lain jika bunga hariannya saja lebih dari 1%. Jangan lupa juga untuk memerhatikan mekanisme pinjaman dari sebuah platform. Jika mekanisme pinjamannya saja tidak jelas, bisa saja kamu tiba-tiba ditagih dalam jumlah yang terlalu besar.

Masalah ini biasanya dialami ketika platform yang dipilih tidak transparan dalam memberikan rincian pinjaman. Oleh sebab itu, selalu pilih pinjol yang terbuka dalam hal ini. Sebagai patokan, terdapat 3 hal utama dalam mekanisme tersebut. Ketiga hal itu antara lain batas pelunasan, simulasi dari cicilan, dan suku bunga.

Beberapa Platform Terbaik dan Kontaknya

Sebagai bentuk pandai pilih pinjaman online, tidak semua platform bisa dipilih. Terdapat beberapa yang layak dipilih karena kelebihan yang dimilikinya. Pilihan pertama adalah UangTeman. UangTeman sendiri sebenarnya lebih dikhususkan bagi mahasiswa. Ini membuat mahasiswa bisa memenuhi kebutuhannya ketika sedang mepet.

Kebanyakan pinjol memang hanya diperuntukkan bagi pekerja. Kantor resmi dari UangTeman sendiri ada di Jakarta Selatan. Untuk info lebih lanjut, CS-nya bisa dihubungi pada nomor 021-8062-3000. Selanjutnya adalah Kredivo. Ini adalah salah satu pinjaman online dengan perkembangan paling pesat. Popularitasnya terus meningkat.

Ketika pertama kali mendaftar, seseorang bisa mendapat limit hingga 30 juta rupiah. jumlah tersebut tentu bukan jumlah yang kecil. Kredivo sendiri sudah tersedia baik dalam bentuk aplikasi ataupun situs resmi. Kontaknya sendiri bisa dihubungi pada jam. Untuk menghubunginya, kamu bisa menelepon ke 0807-1573-348.

KTA Instan juga bisa dijadikan jalan untuk membuktikan pandai pilih pinjaman online. Popularitasnya tidak setinggi nama lain pada ulasan ini. Itu karena, karakteristik khusus dari KTA instan terletak pada batas penghasilan dari peminjamnya. Ketika seseorang ingin meminjam kesana, penghasilan orang tersebut tidak boleh kurang dari 3 juta rupiah.

Jika penghasilannya kurang, proses lebih lanjut tidak bisa dilakukan. KTA online sendiri bisa dipilih ketika kamu sering merasa disulitkan oleh beberapa pinjaman online yang mengharuskan peminjam memenuhi banyak persyaratan. Proses disini terbilang simpel karena akan selesai dalam waktu 1 menit.

Terakhir, Kredit Pintar juga bisa dijadikan pilihan. Keunikan dari Kredit pintar terletak pada persyaratannya, seseorang hanya membutuhkan KTP untuk bisa mencairkan dana disana. Ketika meminjam, seseorang akan diminta untuk selfie dengan KTP tersebut.

Tips Ketika Meminjam ke Pinjaman Online

Walaupun peminjaman dilakukan secara online, bukan berarti seseorang bisa asal dalam pembayarannya. Upaya pandai pilih pinjaman online akan percuma jika seseorang tetap tidak serius dalam pembayaran. Jika bisa, selalu lakukan pembayaran sebelum masuk jatuh tempo.

Dengan itu, kamu akan menjadi lebih tenang dan memperkecil kemungkinan lupa membayar. Ingat, terdapat bunga harian yang akan dibebankan apabila telat membayar. Dari pada kehilangan uang dalam jumlah besar karena hal itu, selalu pastikan untuk membayar secepat mungkin.

Jangan lupa juga untuk selektif memilih platform. Apabila salah pilih, beberapa kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Kemungkinan buruk tersebut seperti bunga tinggi, tidak nyamannya proses penagihan, hingga privasi yang terganggu. Selalu pastikan untuk selektif, berhati-hati, dan pandai pilih pinjaman online.