7 Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam, Blank

Pada artikel sebelumnya, Teknohits sudah memberikan informasi apa sih penyebab dan masalah utama laptop kamu ngeblank hitam. nah setelah kamu tahu masalahnya ada dimana, yuk langsung kita ulas apa saja cara untuk mengatasi hal tersebut.

Oh, ya! Cara ini berlaku untuk berbagai merek dan tipe laptop, ya, geng, seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, Toshiba, dan lain-lain.

1. Mengecek Layar Laptop

Kalau suara mesin komponen laptop tetap terdengar akan tetapi layar laptop hitam, maka bisa jadi sumber masalah ada pada bagian layar. Cara memastikannya yaitu dengan menghubungkan layar laptop ke layar eksternal, seperti komputer atau TV, dengan menyambungkan port VGA atau port HDMI.

Jika pada layar eksternal muncul gambar, bisa dipastikan LCD laptopmu bermasalah. Sebaliknya, bila enggk muncul gambar, kemungkinan terjadi kerusakan pada VGA. Cara lain yang bisa kamu lakuin yaitu dengan mengarahkan lampu senter ke sekeliling layar laptop. Jika ada tulisan atau gambar yang terlihat, maka yang bermasalah hanya lampu pada layar laptop.

2. Mengatur Resolusi Layar

Pengaturan resolusi layar yang melebihi kemampuan laptop, apalagi pada laptop berspesifikasi rendah dapat menjadi penyebab layar laptop blank. Cara memastikan masalah ini yaitu dengan menyalakan laptop. Kemudian, tekan dan tahan tombol F8 hingga laptop masuk ke Safe Mode. Bila sudah, ganti resolusi layar dengan cara klik kanan, lalu pilih Properties pada Windows 7 dan 8, atau Display settings pada Windows 10.

Kamu akan melihat berbagai pilihan resolusi layar dari yang kecil hingga besar. Ubah resolusi layar ke pilihan Recommended, lalu restart laptopmu.

3. Atur BIOS ke Mode Default

Cara masuk ke BIOS yaitu dengan menekan tombol F2, F8, F11, atau Delete setelah kamu menyalakan laptop. Saat udah masuk ke pengaturan BIOS, buka menu Exit, lalu pilih Load Defaults, dan klik OK. Jangan lupa untuk menekan Save Changes and Exit. Selain masuk ke pengaturan BIOS, kamu juga bisa melepas baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) dan memasangnya kembali setelah beberapa menit. Hal tersebut dikarenakan saat baterai CMOS dilepas, maka konfigurasi BIOS akan kembali seperti sedia kala dalam mode default.

4. Uninstall Software dan Aplikasi Mencurigakan

Umumnya, seseorang meng-install software yang wajib diinstall untuk memudahkan pekerjaan mereka. Akan tetapi, aplikasi yang tidak didukung oleh sistem dapat menyebabkan layar laptop nyala tapi tidak ada tampilan apapun. So, kamu harus menghapus aplikasi tersebut.

Caranya, masuk ke Safe Mode, lalu uninstall software yang kamu anggap sebagai penyebab masalah layar laptop yang hitam. Kemudian, restart laptopmu. Jika layar kembali normal, maka masalah memang disebabkan oleh software yang tidak sesuai.

5. Masuk ke Registry Editor

Cara mengatasi layar laptop hitam Windows 10 dan versi lainnya bisa pula dengan menggunakan Registry Editor. Cara selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

  • Tekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard, lalu klik Start Task Manager.
  • Pilih File dan klik pada New Task (Run…). Ketika muncul pop-up window bertuliskan Create New Task, ketik “regedit” lalu klik OK.
  • Di sini, kamu akan masuk ke Registry Editor. Cari folder bernama HKEY_CURRENT_USER, masuk ke folder Software, pilih folder Microsoft, dan buka folder Windows.
  • Lalu, masuk ke folder CurrentVersion, dan pilih folder Explorer. Cari file ExplorerStartupTraceRecorder dan hapus file tersebut.
  • Jika sudah, restart laptop kamu.

6. Membersihkan RAM

Selain dari segi software, masalah ad pada hardware pula dapat menjadi alasan kenapa layar laptop hitam ketika dinyalakan. Jika hardware, contohnya RAM, mengalami kerusakan, maka akan mengakibatkan layar laptop enggak berfungsi dengan maksimal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan RAM laptop dengan melepasnya dari slot di motherboard. Sebelum melakukannya, cabut semua perangkat yang tersambung dengan laptop. Lalu, buka casing bagian belakang pada laptop dan lepaskan RAM. Gunakan kuas atau penghapus pensil untuk membersihkan komponen RAM. Setelah itu, pasang kembali RAM dengan benar.

7. Mengganti Layar

Bila semua cara mengatasi laptop black screen di atas masih belum berhasil, cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengganti layar laptop dengan yang baru. Usahakan untuk membeli layar laptop yang benar-benar baru, karena dari segi kualitas akan berbeda dengan layar laptop second. Selain itu, pastikan pula sebelum membeli, kamu sudah paham dengan jenis monitor pada laptopmu. Jadi, jangan sampai salah beli, ya!

 

Tinggalkan komentar