Terkuak! Inilah Penyebab dan Solusi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Terkuak! Inilah Penyebab dan Solusi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

Hallo sobat teknohits apakah kamu pernah mengalami kasus Whatsapp tidak bisa dibuka? Jika pernah tentu saja itu membuat kamu jengkel seharian bukan, karena pada saat ini aplikasi pesan singkat tersebut sangat penting, bukan cuma untuk berbalas pesan, saat ini whatsapp juga sering digunakan untuk belajar daring.

Tapi jika kamu mengalami Whatsapp Tidak Bisa Dibuka kamu harus tahu dulu apasih penyebabnya, dibawah ini sudah mimin rangkum beberapa penyebab utama akun whatsapp tidak bisa dibuka, setelah itu mimin akan mengulas cara bagaimana cara memperbaikinya, yuk langsung kita ulas dibawah ini.

Penyebab Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang sudah mimin katakan Sebelumnya mimin akan kasih tahu kamu Apa saja penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka, simak baik-baik ya artikel ini.

1. Smartphone Kamu Sudah Tidak Support

Alasan pertama kenapa WhatsApp gak bisa dibuka yang pertama yaitu smartphone yang Kamu pakau tidak support aplikasi WhatsApp. Seperti yang yang Kamu tahu, setiap smartphone akan selalu mengalami pembaharuan.

Karena saat ini, spesifikasi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp yaitu minimal Android dengan OS 4.0 dan iPhone dengan IOS 8. So, saat WhatsApp tidah bisa dibuka, pastikan smartphone kamu support dengan aplikasi WhatsApp. Dan segera update jika ada update terbaru.

2. Aplikasi WhatsApp Sudah Kadaluarsa

Penyebab kedua merupakan aplikasi WhatsApp yang Kamu pakai sudah kadaluarsa, atau masih versi lama. Setiap waktu, WhatsApp akan selalu memberikan update untuk mengatasi bugs di aplikasinya. So, penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka ini dapat menjadi karena Kamu masih menggunakan versi lama. Karena tertinggal versi, akhirnya WhatsApp Kamu tidak bisa video call dan lainnya.

3. Koneksi Internet yang Jelek

Penyebab WhatsApp gak dapat dibuka juga bisa disebabkan masalah oneksi internet yang tidak stabil. Efeknya, WhatsApp pun tidak dapat mengirim pesan, atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Hal tersebut sering terjadi pada iPhone.

4. Cache Whatsapp yang Menumpuk

Alasan terakhir kenapa WhatsApp gak bisa dibuka mungkin sebab banyaknya cache yang menumpuk. Semakin banyak Cache yang menumpuk terdapat pada aplikasi smartphone, membuat beberapa aplikasi jadi berat dan gak bisa dibuka.

Solusi Aplikasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka

Setelah kamu mengetahu alasan kenapa aplikasi WhatsApp gak bisa dibuka, kali ini Jaka akan memberikan solusi jika aplikasi WhatsApp Kamu tidak bisa dibuka. Berikut cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka:

1. Update OS dan Aplikasi WhatsApp

Solusi pertama yaitu update OS smartphone Kamu, dan pula update aplikasi WhatsApp. Biasakan untuk selalu menggunkaan sistem operasi dan versi aplikasi terbaru ya, karena biasanya lebih minim bugs.

2. Hapus Cache Aplikasi Whatsapp

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka kedua yaitu dengan mengapus cache WhatsApp. Caranya, buka menu “Pengaturan” di smartphone, lalu pilih “Aplikasi”. Pilih “WhatsApp”, dan pilih “Hapus Cache”. Lakukan cara ini secara berkala agar cache gak menumpuk.

3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Selain menghapus cache, Kamu pula dapat mengatasi WhatsApp yang gak dibuka dengan menghapus data. Caranya hampir sama dengan cara menghaspu cache sebelumnya, namun yang dipiliha adalah “Hapus Data. Perlu diingat, dengan menghapus data, maka akan menghilangkan semua data, seperti chat WhatsApp hilang, media dan kontak. Maka disarankan backup terlebih dahulu untuk melindungi chat yang penting.

4. Restart Smartphone

Mengapa WhatsApp gak bisa dibuka juga dapat disebabkan karena banyaknya sistem memori yang berjalan. Untuk mengatasinya, coba restart smartphone Kamu. Saat dinyalakan lagi, voila WhatsApp kamu bisa dibuka kembali.

5. Install Ulang Aplikasi Whatsapp

Bila kamu sudah menjalankan semua solusi yang teknohits berikan tetapi WhatsApp tidak pula bisa dibuka, Kamu bisa menghapus aplikasi WhatsApp dari HP Kamu, lalu menginstalnya kembali.