Cara Mudah Memperbaiki Konektor HP yang Rusak atau Longgar

Cara Mudah Memperbaiki Konektor HP yang Rusak atau Longgar

Konektor HP yang Rusak atau Longgar menjadi suatu permasalah banyak pengguna smartphone karena dengan kerusakan tersebut kamu gak bisa ngecash HP dengan maksimal atau bahkan sama sekali HP kamu gak bisa dicash.

Terkadang komponen HP yang sudah tua akan menujukan gelaja gelaja tersebut atau bisa saja kamu sangat sering untuk melakukan pengisian baterai yang membuat konektor kamu cepat rusak. Jadi sebelum kamu pergi ke tukang servis HP yuk kita coba dulu memperbaiki nya sendiri dengan cara dibawah ini.

Ciri-Ciri Konektor Charger HP Rusak

Pernah merasa baterai HP gak terisi saat dicas/diisi dayanya? Dapat jadi itu bukan karena bateraimu yang bermasalah, melainkan konektor HP mu. Nih, terdapat beberapa ciri yang menandakan bahwa konektornya bermasalah dan wajib segera kamu perbaiki. Berikut ulasannya!

1. Kabel Cas Gampang Banget Lepas

Ciri pertama yang akan kamu temukan adalah kabelnya yang susah terpasang atau gampang terlepas dari konektornya. Namun jangan langsung kamu pikir kalau hal itu menandakan terdapat masalah serius pada komponennya. Bisa jadi kamu hanya kurang menancapkannya dengan benar. Akan tetapi justru salah satu penyebab konektor HP rusak atau longgar adalah kebiasaan memasang kabel chargernya secara asal-asalan, sob.

2. Baterai Lama Sekali Penuhnya

Ciri lainnya yang akan kamu temukan adalah proses pengisian daya yang jauh lebih lama daripada biasanya. Hal tersebut dapat terjadi bila kabelmu nggak tersambung di konektor smartphone dengan baik. Akan tetapi, kalau ternyata konektormu baik-baik saja, bisa jadi baterainya yang memang bermasalah. Jika begitu, mau gak mau kamu harus memahami cara merawat baterai smartphone dengan baik dan benar supaya kejadian di atas nggak menimpamu.

VIRAL :  Ketahui Cara Cek Nomer dan Kuota Kartu Indosat, Update 2021!

3. Baterai gak Terisi Sama Sekali

Mau sebagus apapun kabel charger yang kamu punya, jika konektornya longgar atau bahkan rusak, kabelnya nggak bakal bisa tersambung dengan maksimal. Paling parah, bateraimu gak bakal terisi sama sekali jika baik konektor maupun kabelnya rusak salah satu atau dua-duanya. Dengan begitu, kamu wajib untuk memahami kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki konektor pada smartphonemu. Penasaran gimana caranya? Cek info di bawah ini ya!

Cara Memperbaiki Konektor Cas HP Rusak

Berbeda dengan cara memperbaiki flashdisk yang gak terbaca, cara benerin konektor cas HP jauh lebih gampang, mengingat yang bermasalah adalah hardwarenya, bukan softwarenya. Cara ini pula dapat kamu lakukan di mana saja selama ada peralatan yang mendukung. Untuk uat kamu yang mau tahu cara mengatasi konektor HP yang rusak ataupun longgar, berikut panduannya!

1. Menggunakan Jarum Pentul

Serius, jarum pentul? Betul sekali! Kamu dapat menggunakan aneka jenis jarum, entah itu jarum pentul atau ujung peniti. Fungsinya adalah mengutak-atik lubang konektor yang longgar. Akan tetapi kamu harus ingat, kamu wajib berhati-hati biar nggak malah rusak.

Tapi gimana caranya? Berikut panduan singkatnya!

  • Kamu siapin aja jarum atau benda kecil yang panjang dan tipis yang kamu kira-kira bisa masuk ke dalam port charger.
  • Selanjutnya itu, silakan pakai benda tersebut untuk mengubah posisi konektornya sampai benar-benar pas dan nggak longgar lagi.
  • Silakan dicoba untuk mengisi daya menggunakan kabel charger nya. Kalau belum pas, silakan dicoba lagi.
  • Hanya saja, cara ini nggak berlaku kalau konektor smartphone mu sudah benar-benar rusak dan nggak bisa dipakai lagi.

2. Bersihkan Port HP Cas yang Kotor

VIRAL :  Cara Ganti Paket Kartu Halo Terbaru 2021 Yang Mudah

Cara lain yang dalat kamu lakukan yaitu membersihkan konektor HP mu. Bisa jadi, konektormu gak dapat berfungsi bukan karena komponennya yang rusak, melainkan lebih karena kotor atau kemasukan benda asing.

Kalau kasusnya seperti itu, maka kamu dapat memakai beberapa trik untuk membersihkannya. Salah satunya, kamu bisa memakai jarum atau cotton bud seperti cara di atas.

Lalu, pelan-pelan gosok sisi atas bawah konektor. Sesekali, kamu dapat mencungkil atau mengambil benda-benda asing yang dirasa mengotori port konektor HP mu.

3. Ganti Konektor HP

Bila kedua cara di atas sudah dilakukan dan ternyata konektor baterai hp smartphone mu tetap bermasalah, maka gak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

Mimin sarankan supaya kamu jangan mencoba menggantinya sendirian. Selain sulit, garansi HP mu gak akan bisa terpakai kalau kamu membongkar HP secara nggak resmi.

Nah, kamu dapat menggantinya di aneka service center HP mu, entah itu Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Vivo. Selain mengganti konektor HP, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli aneka charger HP fast charging agar kecepatan ngecas HP mu bisa ngebut.