3 Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Windows 10

Lupa Password Windows 10 menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna perangkat komputer saat akan membuka PC, dari sekian banyak pengguna hanya segelintir orang saja yang mengetahui bagaimana caranya Mengatasi Lupa Password Windows 10, tapi kamu tak perlu khawatir karena disini teknohits akan mengulas tuntas bagaimana sih Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Windows 10 yuk dibawah ini.

Berbicara mengenai pengamanan PC sangat dibutuhkan karena biasanya didalam Perangkat komputer terdapat berbagai file penting yang tidak boleh ada yang menyentuh selain kamu, maka dari itu terkadang banyak pengguna yang sering mengganti password windows agar PC kamu selalu aman, tapi malah bikin pusing sendiri saat kamu lupa password. Yuk langsung kita bahas caranya satu per satu dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10 lewat Install Ulang Windows

1. Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10 Tanpa Reset (Password Hint)

Password hint buka merupakan password sebenarnya, tapi petunjuk menuju password yang pernah dibuat. Ketika kamu bikin password di PC, pastinya kamu akan temukan kolom password hint yang berfungsi sebagai petunjuk dari password PC yang telah dibuat. Password hint di sini pula ternyata dapat kamu manfaatin untuk lihat petunjuk saat kamu lupa password Windows 10 lho, sob.

Mengenai caranya, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 – Nyalakan PC

Nyalakan PC / laptop yang ter-install Windows 10.

Selanjutnya itu maka PC akan meminta password. Karena di sini kamu dalam posisi lupa password Windows 10, maka langsung saja klik ikon tanda panah.

Langkah 2 – Masukkan password yang cocok dengan hint

Setelah itu, di bawah kolom password maka akan tertera hint dari password yang pernah kamu buat, sob.

Sekarang tugas kamu yaitu mengingat password yang sekiranya cocok dengan hint yang tertera dan klik ikon tanda panah atau tombol Enter.

Bila sudah ingat, lalu masukkan passwordnya ke dalam kolom yang tersedia deh, sob.

2. Cara Reset Password Windows 10 dengan Flashdisk

Cara ini sebetulnya cuma dapat bekerja ketika kamu sudah memiliki file userkey.psw yang tersimpan di media eksternal seperti misalnya flashdisk, sob.

Sebelum lanjut ke cara mengatasi lupa password windows 10 melalui reset password disk, teknohits akan jelaskan terlebih dahulu cara untuk membuat reset password disk lewat langkah-langkah berikut.

Langkah 1 – Masuk ke User Accounts

Masuk ke menu Control Panel, lalu pilih menu User Accounts.

Selanjutnya pilih lagi menu User Accounts.

Langkah 2 – Hubungkan flashdisk ke PC

Hubungkan flashdisk yang ingin kamu jadikan tempat menyimpan file password.

Langkah 3 – Pilih “create a password reset disk”

Jika sudah masuk ke menu halaman User Accounts, pilih opsi “create a password reset disk”.

Langkah 4 – Ikuti perintah Forgotten Password Wizard

Di tahap ini kamu ikuti langkah-langkah yang diperintahkan oleh program Forgotten Password Wizard.

Di tahap ini pula nantinya kamu akan diminta untuk pilih lokasi untuk menyimpan file reset password yang mana adalah flashdisk, sobat. Berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan password yang digunakan saat ini, lalu klik next sampai selesai. Sampai di tahap ini proses pembuatan file userkey.psw sudah berhasil, sob. File ini akan otomatis tersimpan di dalam flashdisk.

Selanjutnya, untuk menggunakan file userkey.psw ketika lupa password Windows 10, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 – Hubungkan flashdisk ke PC

Untuk mengatasi lupa password lewat file reset password disk yang tersimpan di flashdisk, tentunya kamu wajib untuk menghubungkan flashdisk ke PC terlebih dahulu.

Langkah 2 – Nyalakan PC

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan tentunya menyalakan PC terlebih dahulu. Selanjutnya, saat diminta memasukkan password, langsung saja klik ikon tanda panah.

Langkah 3 – Pilih reset password

Setelah itu, maka akan muncul password hint dan reset password di bagian bawahnya. Di sini kamu pilih reset password.

Langkah 4 – Ikuti perintah Password Reset Wizard

Setelah mengklik opsi reset password, lalu ikuti perintah yang terdapat di window Password Reset Wizard.

Di tahap tersebut perintah yang harus kamu lakukan meliputi pemilihan flashdisk yang di dalamnya terdapat file userkey.PSW dan perintah untuk membuat password baru yang digunakan untuk login selanjutnya.

Jika sudah, kamu tinggal pilih tombol finish.

Langkah 5 – Login memakai password baru

Langkah berikutnya, kamu login menggunakan password yang sudah kamu buat tadi, sob.

Tadaa! sekarang kamu sudah bisa login ke PC yang kamu lupa passwordnya deh.

3. Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10 Melalui Install Ulang Windows

Jika kedua cara yang teknohits sudah jelaskan sebelumnya masih belum bisa mengatasi lupa password Windows 10, maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang pada PC, sob. Untuk kamu yang belum tahu cara mengintasll ulang Windows 10 di PC, baca saja artikel teknohits tentang cara mudah menginstall Windows 10 dengan menggunakan flashdisk. Lewat informasi yang ada di artikel tersebut, maka kamu dapat menginstall Windows 10 dengan mudah dan masalah lupa password Windows 10 bisa langsung teratasi deh.

Tinggalkan komentar