12/12/2017

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer (Windows)


Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer

Teknohits.com - Di zaman sekarang ini, kita harus bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi yang sudah tersebar di beberapa tempat umum. Manfaat wifi sudah jelas, dengan menggunakan jaringan WiFi kita bisa akses internet dan bebas berselancar di internet tanpa repot-repot menggunakan kabel ataupun modem. Sangat berguna bagi pengguna laptop, tablet dan perangkat mobile.

Saat ini WiFI gratis juga sudah banyak disediakan dibeberapa tempat seperti Sekolah, Kampus, Taman, Perpustakaan, Mall, Restoran hingga tempat makan dipinggiran jalan pun menyediakan layanan Wi-Fi gratis.

Masuk ke inti topik pembahasan, baca sampai tuntas!

Semua laptop pada umumnya sudah dibekali fitur Wi-Fi. Nah kalau komputer atau PC Desktop beda lagi sama laptop atau notebook. Jika kamu menggunakan PC, kamu harus menggunakan hardware tambahan seperti internal Wi-Fi card atau USB Wi-Fi Adaptor yang berfungsi untuk menagkap sinyal WiFi dan mengaktifkan Wi-Fi.

Beberapa laptop yang bagus (mahal) sudah dilengkapi dengan tombol atau switch "Wi-Fi", tombol WiFi ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi dengan mudah dan cepat. Jika Laptop atau PC kamu tidak memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan "Wi-Fi", kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengaktifkannya.

Cara mengaktifkan WiFi pada dasarnya sangat mudah, namun ada saja orang yang belum tau cara mengaktifkannya, bahkan tidak sedikit juga orang yang belum paham dan mengalami kesulitan dalam penggunaan laptop atau komputer. Berikut ini beberapa cara termudah untuk mengaktifkan WiFi.

Mengaktifkan WiFi di Laptop dan Komputer PC Desktop


#1 Menggunakan Tombol khusus untuk mengaktifkan WiFi


Tombol Wi-Fi pada Laptop

Cara pertama untuk mengaktifkan WiFi yaitu menggunakan tombol Wi-FI. Beberapa laptop sudah menyediakan tombol khusus untuk mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi. Tombol WiFi ini biasanya berada di atas atau di samping keyboard.

Cara mengaktifkannya, cukup menekan tombol WiFi tersebut. Tombol ini biasanya dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala saat WiFi aktif.

#2 Menggunakan tombol FN + function WiFi


WiFi di KeyboardJika laptop kamu tidak dilengkapi tombol khusus WiFi, maka cara yang kedua ini adalah pilihan termudah yang bisa kamu ikuti. Hampir semua brand laptop sudah menyediakan tombol di keryboard khusus untuk mengaktifkan WiFi. Tombol function ini berada di antara F1 sampai F12.

Pertama-tama, silahkan kamu cari terlebih dahulu tombol function pada keyboard yang terdapat simbol WiFi. Sebagai contoh jika ikon WiFi tersebut ada di tombol F12 (ini di laptop Asus).

Cara mengaktifkannya tekan tombol Fn dan F12 secara bersamaan.
tekan tombol Fn dan F12

Cara mengatasi ikon Wi-Fi yang hilang (Adapter WiFi Disable)


Sebenaranya ini bukan hilang, mungkin teman-teman gak sengaja menonaktifkan Adapter WiFi atau mungkin ada Software lain yang menonaktifkan Adapter WiFi.

Cara mengaktifkan Adapter WiFi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pergi ke Start Menu dan pilih Settings.
  2. Klik pada Network & Internet.
  3. Pilih Wi-Fi pada panel kiri.
  4. Gulir ke bawah dan klik opsi Change adapter.
  5. Klik kanan pada adaptor Wi-Fi dan klik Enable.
Mengaktifkan WiFi di Laptop, Komputer yang dinonaktifkan

Jika WiFi belum juga aktif, coba Update dan Instal Wireless Driver


Jika cara di atas belum bisa mengaktifkan WiFi, maka kemungkinan masalahnya ada pada Driver Wireless Adapter. Untuk menginstalnya kamu dapat mengunduh driver tersebut di website vendor laptop atau wireless adapter-nya.

Cara lainya, kamu juga bisa mencarinya secara otomatis dengan bantuan Windows. Caranya:

  1. Buka Start Menu lalu pilih Control Panel.
  2. Pilih kategori "Hardware and Sound".
  3. Pilih opsi "Device Manager" yang ada di bawah kategori "Devices and Printers"
  4. Cari adapter wireless yang kamu gunakan, klik kanan dan pilih opsi "Update driver software".
  5. Pada jendela yang muncul, pilih opsi "Search automatically".
  6. Tunggu beberapa saat hingga Windows menemukannya dan menginstalnya driver.

Menghubungkan laptop atau komputer ke jaringan WiFi


Jika WiFi sudah berhasil aktif, langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi. Cara ini bisa kamu praktekan di OS Windows XP, Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghubungkan laptop ke jaringan WiFi:

1. Arahkan kursor ke pojok bawah layar, kamu akan melihat ikon WiFI. Klik ikon WiFI.
2. Hubungkan ke WiFi yang tersedia dan masukan password WiFi (pastikan kamu sudah tau password WiFi-nya). Jika sudah, langsung saja klik Connect.

Menghubungkan ke jaringan WiFi

Jika berhasil terhubung, maka tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Terhubung ke jaringan WiFi


Itulah cara mengaktifkan dan menghubungkan WiFi di laptop atau komputer untuk sistem operasi Windwos. So, sangat mudah bukan? Sekarang kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan jaringan WiFi yang ada di area kamu (asal kamu tau password WiFi-nya 😁).

Sekian, semoga bisa membantu dan jangan lupa like, comment dan share artikel ini jika postingan ini bermanfaat. Terimakasih.


EmoticonEmoticon