Cara Menghilangkan Iklan di Android 100% Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Teknohits.com - Pernah mengalami saat bermain hp eh ada iklan yang tiba tiba muncul di smartphone Android? Jika demikian, maka bisa dipastikan hp Android kamu sudah terserang malware yang menyematkan iklan tanpa , iklan yang disematkan ini pastinya bertujuan untuk mengambil keuntungan berupa uang atau bahkan data penting yang ada di hp android kamu. Hal ini harus segera dibasmi dan dihilangkan semuanya, karna sangat merugikan dan bisa membuat hp Android lemot.

Selain iklan yang ditanam menggunakan malware, ada juga iklan (biasa) yang muncul dari berbagai platform, seperti situs web/blog dan aplikasi yang menyediakan layanan gratis, konten gratis dan perangkat lunak gratis.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan iklan di android. Postingan ini akan memberi beberapa solusi untuk menghilangkan iklan di hp Androi. Namun, sebelum ke tutorial cara menghilangkan iklan, Teknohits mau berbagi sedikit pengetahuan tentang jenis iklan apa saja yang muncul di Android.

Beberapa Jenis Iklan yang Sering Muncul di Android


1. Iklan Notifikasi Push

Push alert, push notifications, dan notification spam adalah iklan notifikasi yang muncul saat kamu tidak aktif menggunakan aplikasi. Aplikasi ini umumnya ada di latar belakang. Untuk menghilangkannya kamu harus mengetahui aplikasi tersebut dan kemudian hapus sampai akar-akarnya.

2. Iklan Spam Ikon

Salah satu jenis iklan spam terburuk yang dilarang di Google Play. Ini adalah iklan yang muncul di layar utama, sama seperti saat kamu install aplikasi baru dari Google Play Stroe. Kamu bisa menghapusnya secara manual (tapi mereka akan kembali lagi) atau menghapus aplikasi yang memunculkan iklan spam ikon)

3. Iklan Popup pada Browser

Iklan popup umumnya ada 3 bentuk, yaitu: Iklan muncul saat menjelajah web, iklan layar penuh di aplikasi dan iklan pemberitahuan. Iklan yang muncul di browser (chrome, mozilla dll) adalah iklan popup yang muncul saat kita berkunjung ke blog atau website. Biasanya iklan ini muncul saat kita mengklik di sembarang tempat.

4. Iklan Banner

Beberapa pengguna Android sudah terserang jenis iklan banner yang muncul entah dari mana asalnya dan yang membuat jengkel adalah iklan banner ini suka muncul tiba-tiba saat terhubung ke internet.

3 Metode yang bisa kamu lakukan untuk menghapus iklan di Android


  1. Bersihkan iklan di Android tanpa Root dan Aplikasi
  2. Menghilangkan iklan di Android menggunakan Aplikasi tanpa Akses Root
  3. Blokir iklan menggunakan Aplikasi dan Akses Root


Ada 3 motode, namun disini Teknohits tidak akan membahas semua 3 metode tersebut, mungkin hanya beberapa metode yang paling umum dan gampang dilakukan untuk semua kalangan, baik itu orang awam yang kurang paham Android atau yang sudah tau seluk-beluk Android bisa menggunakan cara ini.

Cara Menghilangkan Iklan di Android tanpa Root


#1 Blokir iklan dengan aplikasi AdBlock Plus


Untuk menginstal aplikasi seperti AdBlock Plus di hp Android, kamu harus mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

  1. Buka Aplikasi > Setelan > Lainnya dan klik Keamanan.
  2. Selanjutnya, periksa opsi yang membaca Sumber Tak Dikenal.
  3. Silahkan Download aplikasi AdBlock Plus, kemudian install.
  4. Setelah AdBlock Plus berhasil diinstall, semua iklan yang muncul akan dihilangkan oleh aplikasi pemblokir iklan ini.

#2 Menghilangkan iklan dengan mematikan koneksi internet dan Wi-Fi


Solusi paling sederhana untuk menghilangkan iklan adalah dengan mematikan koneksi iternet. Iklan didistribusikan oleh server, jadi dengan mematikan koneksi internet, kamu juga akan menonaktifkan iklan spam tersebut.

Harap dicatat bahwa solusi ini hanya berlaku untuk aplikasi dan permainan yang tidak memerlukan internet untuk menjalankannya.

#3 Blokir iklan (pemberitahuan) notifikasi di Android


Selain iklan, pemberitahuan yang tidak diinginkan mungkin muncul juga di ponsel Android kamu. Aplikasi seperti AirPushDetector atau AddonsDetector dapat mendeteksi aplikasi yang menampilkan iklan dalam bentuk notifikasi. Untuk menghilangkan iklan notifikasi di Android, kamu bisa install salah satu aplikasi pemblokir notifikasi yakni aplikasi AirPushDetector atau AddonsDetector.

#4 Bokir iklan Popup saat brwosing menggunakan browser Google Chrome


Memblokir iklan ini sebenarnya cukup mudah, tapi bagi orang awam mungkin belum tau caranya, makannya Teknohits tulis juga caranya. Berikut cara menghilangkan iklan Popup pada browser.

1. Buka browser Google Chrome.
2. Tekan menu sebelah kanan atas aplikasi.
3. Pilih menu Settings.
4. Pilih menu Site settings.
5. Pilih menu Pop-ups.
6. Geser kekanan untuk mengaktifkan (slider diset ke Blocked).

Bokir iklan Popup saat brwosing menggunakan browser Google Chrome
7. Selesai.

Setelah mengikuti cara menghilangkan iklan pada hp android di atas, silahkan kamu coba buka aplikasi atau kunjungsi situs yang menampilkan iklan pop-up, iklan banner atau iklan apapuun, jika masih muncul silahkan cari alternatif lain.
Ingat, iklan adalah mata pencaharian para pengembang aplikasi dan pemilik situs atau penulis. Jika tidak terlalu menggangu sebaiknya jangan deh ngeblock iklan (wajar) tersebut.
Sekian semoga bermanfaat, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel