Cara Mengirim Lamaran Lewat Email & Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Teknohits.com - Di zaman yang sudah serba internet seperti sekarang ini, kirim lamaran kerja berlaku dengan mengirim lamaran lewat email. Berbeda dengan zaman dulu, ketika mau melamar pekerjaan kita harus mengirim data pribadi atau CV serta berkas lamaran lewat kantor pos atau dikirim langsung ke tempat yang bersangkutan.

Kini sudah banyak perusahaan yang meng-legalkan calon karyawan untuk mengirim surat lamaran kerja via email. Melalui metode ini memang lebih efisien, dari pihak perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan tempat untuk perekrutan dan bagi calon karyawan tidak perlu repot-repot mendatangi perusahaan tempat melamar kerja.

Dengan menggunakan metode kirim lamaran lewat email ini, sangat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Sayangnya, dengan metode ini tidak semua calon karyawan bisa melakukannya, terkadang ada kendala yang tidak jarang dihadapi oleh calon karyawan, yakni tidak tau cara mengirim email lamaran kerja dan cv lewat email yang baik dan benar.

Mengirim lamaran via email mungkin terasa mudah, tapi jika kamu melakukannya dengan tidak baik dan terlihat kurang sopan, besar kemungkinan kamu tidak diterima. Oleh karean itu kamu juga harus tau dan mempelajari etika mengirim lamaran melaui email.

Persyaratan dan kelengkapan untuk melamar kerja via email


Langkah pertama yang harus kamu persiapkan untuk mengirim surat lamaran kerja lewat email adalah mempersiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat lamar kerja, berikut adalah persyaratan yang umumnya harus dilengkapi oleh pelamar kerja:

  • KTP
  • Ijasah
  • Pasfoto 2x3, 3x4, 4×6
  • Data Riwayat Hidup (CV)
  • Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Lamaran Kerja (bisa ditulis langsung di email atau dalam bentuk file di MS. Word)

Berikut adalah contoh "Surat Lamaran Kerja"


Contoh Surat Lamaran Kerja

Karna lamaran dikirim via email, berarti kamu harus scan semua kelengkapan persyaratan lamaran di atas menjadi file elektronik. Dan simpan semua file lamaran ke flashdisk atau media penyimpanan lainya.

Tips: Jika kamu tidak punya Scanner, jauh dari warnet atau tempat layanan scan, kamu bisa memanfaatkan smartphone android dengan menggunakan "Aplikasi Scanner Android". Hasilnya cukup bersih (tergantung kualitas kamera).

Catatan: Usahakan semua ukuran file yang sudah discan tidaklah terlalu besar, jadi kamu harus kompres semua dokument terlebih dahulu agar proses upload dan kirim email lebih mudah dan cepat.

Cara Mengirim CV dan Surat Lamaran Kerja via Email yang Baik dan Benar


Pastikan kamu sudah punya akun email yang masih bisa digunakan, boleh email dari gmail, yahoo, hotmail dan lain sebagainya. Disini Teknohits akan contohkan mengirim lamaran lewat email Gmail.

Langkah pertama adalah membuka email, dan mulai menulis isi surat dengan cara klik Compose.

Tulis surat lamaran kerja di email

Kemudian mengisi form email dan menulis surat lamaran seperti contoh surat lamaran kerja di atas, isikan sesuai biodata kamu.

Contoh mengirim lamaran kerja lewat email

Keterangan gambar:
  1. Isi dengan alamat email perusahaan yang akan dituju.
  2. Isi subject dengan kategori lamaran.
  3. Isi dengan format surat lamaran.
  4. Isi dengan dokumen dan data yang telah di scan, tekan pada insert Attach files dan masukkan data scan yang tersimpan di komputer atau flashdisk kamu. Pastikan semua data sudah terupload dengan benar.
  5. Setelah selesai, tekan Send untuk mengirim email.

Sebelum keluar dari email, pastikan email sudah terkirim, cek pada kotak "pesan terkirim" (sent item). Jika pada kotak "pesan terkirim" sudah muncul laporan terkirim berarti email kamu sudah terkirim ke alamat email tujuan.

Demikian artikel cara mengirim lamaran kerja lewat email, semoga bisa bermanfaat dana membantu teman-teman yang akan melamar pekerjaan. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel