2/03/2018

10 Aplikasi Animasi 2D & 3D Terbaik untuk PC 2018


Software Aplikasi Pembuat Animasi 2D & 3D Terbaik untuk PC

Teknohits.com - Kamu suka dengan animasi, terus ingin belarjar animasi dan sekarang sedang mencari aplikasi pembuat animasi 2D atau 3D terbaik. Tenang saja, kali ini teknohits akan membuat artikel daftar aplikasi animasi terbaik untuk membuat animasi 2D dan 3D beserta ulasan singkatnya.

Namun sebelumnya teknohits mau sedikit berbincang-bincang kenapa sih video animasi ini sangat disukai oleh anak-anak, remaja bahkan orang tua pun menyukainya.

Film dan animasi menjadi salah satu bidang yang paling terpengaruh oleh teknologi. Banyak orang telah menjadi penggemar film animasi dan kartun sejak awal saat pertama kali diperkenalkan. Dan sekarang, aplikasi animasi telah menjadi sangat maju sehingga mereka tidak hanya bisa membuat animasi kartun namun juga meningkatkan realitas untuk menunjukkan hal yang tidak mungkin seolah-olah itu benar.

Software animasi membuat sesorang dapat menambahkan VFX ke cuplikan sederhana agar bisa beredar dan tidak dapat dipercaya. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan tingkat keahlian sehingga pengguna dapat memilih sesuai dengan persyaratan proyek dan keterampilan mereka.

Di bawah ini adalah daftar aplikasi animasi terbaik untuk PC yang bisa kamu gunakan untuk belajar animasi atau mulai mengerjakan proyek animasi kamu dengan mudah.

Daftar Aplikasi Animasi Terbaik untuk PC


1. AutoDesk Maya


Aplikasi Animasi AutoDesk Maya

AutoDesk Maya masuk daftar software animasi terbaik untuk PC pada artikel kali ini. Fitur utama AutoDesk Maya meliputi pemodelan 3D dan simulasi. Ada sejumlah alat yang memungkinkan gerakan realistis sehingga menjadikannya aplikasi pembuat animasi yang profesional. Seorang pengguna baru harus sangat sabar dalam belajar bekerja dengan Autodeks Maya karena membutuhkan ketrampilan tingkat tinggi dalam penggunaannya.

2. AutoDesk Softimage


Aplikasi Animasi AutoDesk Softimage

Softimage adalah aplikasi animasi yang sudah dirilis cukup lama. Softimage dirilis pada tahun 2000 dan merupakan alat utama yang digunakan dalam menciptakan film dan game profesional. Softimage dibeli oleh Autodesk dan kemudian dikembangkan lebih baik lagi. Meski sudah dihentikan dan tidak dikembangkan lagi, Softimage masih tergolong aplikasi yang hebat untuk pemula dan bisa digunakan untuk mempelajari dasar-dasar animasi profesional di PC.

3. Houdini


Aplikasi Animasi Houdini

Houdini adalah software berikutnya dalam daftar software animasi terbaik untuk PC. Ini mengkhususkan diri dalam 3D imaging, modeling, texturing, rigging dan model 3D animasi. Aplikasi ini juga menawarkan penciptaan dunia 3D lengkap untuk game dan juga perpaduan antara dunia nyata dengan animasi untuk proyek seperti film. Dukungan untuk plugin tambahan menjadikannya software animasi yang bagus untuk windows.

4. Aurora 3D Animation Maker


Aplikasi Animasi Aurora 3D Animation Maker

Aurora 3D Animation Maker sepertinya cocok untuk kamu yang ingin belajar animasi 3D. Ini menyediakan fitur dasar yang minimal bagi seseorang yang ingin masuk ke dunia animasi, atau hanya perlu satu atau dua video kasual saja. Selain gambar dan gerak dasar, Aurora 3D  menawarkan teks animasi, watermark dan banyak lagi. Aurora 3D Animation Maker bisa menjadi software animasi yang bagus untuk mengeksplorasi minat kamu dalam animasi. Ada percobaan gratis dan kamu bisa mendapatkan versi lengkap setelah mencoba software ini.

5. Adobe After Effects


Aplikasi Animasi Adobe After Effects

Meskipun bisa digunakan sebagai software animasi yang berdiri sendiri, sebagian besar pengguna menggunakannya dengan software adobe lainnya seperti Adobe Premiere Pro untuk menambahkan animasi ke proyek video. Ini bisa digunakan untuk membuat logo animasi, dan menambahkan VFX ke video kamu. Adobe After Effects adalah software animasi yang paling banyak digunakan oleh YouTuber dan editor video.

6. Blender


Aplikasi Animasi Blender

Blender adalah software 3D animation dan modeling gratis untuk PC. Blender menjadi aplikasi animasi yang lengkap dan banyak disukai. Software ini menawarkan berbagai alat untuk berbagai proyek animasi yang berkaitan dengan 3D, pemodelan, tekstur, pencahayaan dan pemrosesan pos untuk VFX dan animasi. Hal terbaik tentang penggunaan Blender adalah proyeknya portabel di seluruh platform.

7. Anime Studio


Aplikasi Animasi Anime Studio

Jika 3D bukan gaya kamu dan kamu ingin menghidupkan cerita kamu dengan cara tradisional dengan kartun 2D, aplikasi Anime Stuido adalah pilihannya. Anime adalah genre dari Jepang yang disukai di seluruh dunia. Jika kamu mencari alat untuk membuat anime, Anime Studio adalah aplikasi yang cocok untuk kamu. Ada beberapa klip konten animasi yang sudah tersedia untuk mempercepat proses animasi.

8. MoDo


Aplikasi Animasi MoDo

Modo adalah software animasi untuk PC. Software ini fokus dalam pemodelan 3D. UI software pada MoDo sangat produktif karena berfokus pada produktivitas. Alat dan panel disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak pekerjaan dengan sedikit usaha. Aplikasi ini sangat cocok untuk para desainer dan animator yang ingin menggabungkan animasi dan fotografi.

9. AutoDesk 3Ds Max


Aplikasi Animasi AutoDesk 3Ds Max

AutoDesk 3Ds Max adalah alat pemodelan 3D yang sangat profesional untuk pengembangan game. Ini menyediakan bentuk sederhana untuk digunakan dan kemudian dapat digunakan untuk membuat struktur animasi yang kompleks. Software ini relatif mudah dipelajari namun memiliki fitur yang cukup untuk mengelola proyek multi pengguna dengan sejumlah besar struktur.

10. Cinema 4D Studio


Aplikasi Animasi Cinema 4D Studio

Cinema 4D Studio adalah software animasi yang menakjubkan. Cinema 4D Studio fokuas pada penciptaan objek dan gerak. Cinema 4D Studio membuatnya super mudah dan fluidic untuk membuat objek dan memungkinkan gerak mereka. Ada banyak alat untuk animasi dan kreasi namun fokus utama alat ini adalah gerak, oleh sebab itu aplikasi ini sangat dianjurkan untuk proyek film animasi.

Bagiamana, sudah tau aplikasi apa yang akan kamu gunakan untuk membuat animasi 2D & 3D ? Aplikasi di atas memiliki keterampilan dan fitur yang berbeda sehingga kamu harus memilih yang sesuai dengan minat dan persyaratan proyek animasi kamu.

Oke, cukup sekian artikel mengenai aplikasi animasi terbaik untuk PC. Sekian dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon