Ukuran Foto Polaroid Secara Standar

Ukuran Foto Polaroid

Teknohits.com - Dengan kemajuan era digital saat ini, orang-orang bisa dengan mudahnya mengambil foto dengan hanya mengandalkan kamera smartphone tanpa harus menggunakan kamera DSLR atau jenis kamera professional lainnya. Kamera smartphone saat ini sudah memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi sehingga siapa saja bisa menghasilkan foto kualitas terbaik dengan kamera ponselnya sendiri. Teknologi digital sangat memudahkan kita untuk melakukannya.

Kemajuan teknologi juga mempermudah kita untuk mencetak foto sendiri dengan hanya menggunakan printer berukuran kecil dengan harga yang terjangkau. Saat ini, salah satu model frame foto yang paling diminati adalah foto polaroid.

Nama polaroid sendiri diambil dari nama sebuah perusahaan kamera di Amerika Serikat pada tahun 1950an yang pertama kali memproduksi kamera tersebut. Zaman dulu, nama perusahaan yang memproduksi kamera tersebut seringkali digunakan sebagai nama kamera yang diproduksi, seperti contohnya terjadi juga pada perusahaan Kodak yang memproduksi kamera bernama serupa.

Kamera polaroid pada zamannya memiliki popularitas yang sangat tinggi sehingga tidak heran jika namanya terus digunakan hingga saat ini, meskipun terjadi sedikit perluasan makna di dalamnya. Polaroid yang kita kenal saat ini mengacu pada kamera yang langsung mencetak hasil jepretan hanya dalam beberapa detik saja dengan hasil foto bernuansa vintage atau zaman dulu.

Merk yang paling terkenal memproduksi tipe kamera polaroid ini adalah Instax yang diproduksi oleh Fuji, sebuah perusaahan kamera terkenal dari Jepang. Seiring dengan tingginya minat akan hal-hal berbau old school, maka kamera jenis polaroid juga semakin diminati, khususnya oleh kaum remaja tanggung. Apalagi kamera polaroid yang dihasilkan oleh Instax bisa diperoleh dengan harga yang terbilang cukup terjangkau (murah) dibandingkan kamera jenis DSLR dan Mirrorless yang harganya bisa dua hingga tiga kali lipat mahalnya.

Kini untuk mendapatkan hasil foto polaroid, tidak harus memiliki kamera Instax. Hanya dengan menggunakan smartphone maupun laptop saja, sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto dengan hasil seperti kamera polaroid.

Ada hal-hal yang perlu diketahui jika memang ingin mencetak foto dalam bentuk polaroid, yaitu terkait dengan ukuran-ukuran frame foto polaroid yang akan digunakan. Ukuran ini sebenarnya bisa dikreasikan sesuai dengan selera.

Pada kenyataannya memang banyak yang mengkreasikan sendiri sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan tidak teralu memperdulikan ukuran standarnya. Namun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui ukuran standar polaroid yang sering digunakan, khususnya bagi orang awam yang tidak tahu menahu soal ukuran foto polaroid yang umum digunakan.

Secara umum memang ukuran frame polaroid sendiri cukup beragam, seperti yang sudah dibahas tadi, namun pada umumnya memiliki ukuran standarnya sendiri yaitu 7,7cm x 9,3cm, dengan rasio foto 3 : 4. Ukuran tersebut lagi-lagi tidak baku, besar atau kecilnya ukuran masih bisa disesuaikan dengan keinginan si pencetaknya.

Ukuran Standar Foto Polaroid


ukuran standar foto polaroid

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai kamera polaroid hingga ukuran frame foto polaroid bagi yang ingin print atau mencetak foto polaroid sendiri.

Nuansa yang dihasilkan oleh jenis foto polaroid memang sangat digemari para pecinta vintage mengingat saat ini hal-hal berbau zaman dulu kembali menjadi primadona. Untuk menghasilkan foto Polaroid tidak melulu harus mahal, kini hanya dengan menggunakan laptop dan printer harga murah, sudah bisa mencetak foto polaroid sebanyak dan sesering yang kamu inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel