5 Tips Menulis Caption Instagram untuk Meningkatkan Engagement

Tips Menulis Caption Instagram untuk Meningkatkan Engagement

Teknohits.com - Walaupun gambar lebih bisa mengungkapkan ribuan kata, ternyata memasang gambar saja di Instagram tidaklah cukup. Meskipun Instagram sendiri merupakan media visual, tapi menuliskan caption Instagram yang baik juga sangat penting untuk foto atau video yang diposting.

Hal ini karena beberapa baris teks tersebut tidak hanya bisa membantu memberikan konteks pada gambar, tapi juga bisa membantu menonjolkan kepribadian akun sendiri. Apalagi jika akun yang digunakan merupakan akun yang diperuntukkan bagi bisnis.

Tapi menulis caption yang sempurna tidaklah mudah. Apa hal yang harus ditulis? Bagaimana agar followers ikut komentar dan tertarik? Seberapa panjang?

Menuliskan kata-kata biasa saja tidaklah bisa membantu. Karena konten yang kita tampilkan akan memiliki jutaan saingan yang diposting dalam sehari. Dan setiap caption Instagram tersebut akan berusaha menarik perhatian jutaan pengguna lainnya.

1. Semua Orang Senang Membaca Cerita

Siapa yang tidak senang membaca cerita? Memang, tidak semua orang tidak suka membaca, tapi mengetahui cerita atau pengalaman seseorang selalu menarik perhatian. Hal ini bisa diaplikasikan pada caption Instagram. Misalkan saja, ada sebuah gambar sunset yang ingin dipasang di Instagram. Kebanyakan orang akan menuliskan caption singkat seperti "beautiful sunsest" atau "sunset at beach". Padahal, kita bisa bercerita mengenai pengalaman kita hari itu yang akhirnya berujung pada sunset. Ceritakan bagaimana perjalanan menuju sunset, berapa lama menunggu sunset di tempat tersebut, sampai bagaimana sunset tersebut berbeda dari sunset-sunset lain di pantai yang pernah kamu kunjungi.

2. Perhitungkan Panjang Caption

Walau bisa digunakan untuk bercerita untuk menarik perhatian, tapi ingatlah akan panjang caption. Karena, caption yang terlalu panjang akan dengan mudah dilewati oleh followers. Apalagi, jika tidak ada baris kosong antara satu paragraf dan paragraf berikutnya. Orang akan pusing membacanya, apalagi ukuran huruf di Instagram sendiri tidak terlalu besar. Maka dari itu, jangan terlalu panjang menuliskan caption. Selain itu, perlu diingat bahwa tiga baris pertama Instagram biasanya bisa langsung terbaca. Lebih dari itu, followers perlu mengklik "more" untuk membaca sisanya. Jadi pastikan tiga baris caption pertama bisa langsung menarik perhatian followers.

Untuk mengakali hal ini, kita bisa juga menuliskan caption sebagai gambar. Dengan membuat desain caption Instagram di Canva yang memiliki banyak template quote menarik. Jadi, kita bisa menuliskan caption dalam gambar quote, sehingga hanya membutuhkan caption yang pendek saat mempostingnya.

3. Buat Pertanyaan

Salah satu cara agari postingan Instagram dapat dilihat oleh lebih banyak prang adalah postingan kita harus memiliki banyak engagement. Caranya adalah dengan mendapatkan like dan comment yang banyak. Maka dari itu, membuat pertanyaan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Dengan membuat pertanyaan sederhana, tentunya banyak orang akan ikut menjawab di kolom komentar, sehingga engagement akan naik. Pertanyaan bisa bebas, yang penting jelas dan bisa mengajak orang untuk menuliskan jawabannya. Bisa juga dengan membuat pertanyaan yang meminta followers menjawab salah satu dari dua pertanyaan.

4. Manfaatkan Hashtag atau Tagar

Hashtag atau tanda pagar (tagar) adalah fitur penting yang bisa dimanfaatkan seseorang agar postingannya bisa dilihat oleh banyak orang. Dengan menggunakan tagar, postingan gambar akan dengan mudah di temuka oleh mereka yang mengklik tagar itu sendiri. Agar caption tetap rapi, jangan terlalu banyak menggunakan tagar. Pastikan hanya menggunakan tagar yang sesuai dan relevan dengan gambar. Selain itu, pisahkan juga tagar dengan caption. Simpan tagar di bagian bawah caption.

5. Ajak Melakukan Sesuatu

Mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu lewat caption juga bisa efektif untuk menaikkan engagement. Apalagi, engagement untuk menulis sesuatu di kolom komentar. Tidak hanya berhenti di sana, kamu juga bisa meminta followers untuk mengklik link menuju website di bio. Dengan begitu, traffic website juga akan meningkat, tidak hanya engagement Instagram saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel