Mengenal 2 Alat Wajib bagi para Pengusaha; Program Payroll serta Software Penjualan Barang dan Jasa

Program Payroll serta Software Penjualan Barang dan Jasa

Teknohits.com - Pernahkah Anda merasa kelabakan ketika harus dihadapkan pada persoalan rumitnya menghitung atau mendata barang di toko Anda? Atau Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk menghitung berapa besaran gaji yang seharusnya Anda bayarkan untuk karyawan Anda?

Jika persoalan tersebut merupakan problem Anda saat ini, maka sudah seharusnya Anda memiliki alat atau tools yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan itu. Tools pembantu tersebut merupakan tools yang wajib dimiliki saat ini oleh setiap usaha baik yang bergerak dalam penjualan barang maupun jasa serta memiliki karyawan lebih dari 2 orang.

Tools tersebut adalah Software Program Payroll dan Software Penjualan Barang dan Jasa. Cukup banyak model dan versi dari tools atau alat dari perangkat lunak tersebut. Fiturnya pun bermacam-macam mulai dari sistem pendataan barang untuk Software Penjualan Barang dan Jasa sampai modul perhitungan lembur yang ada pada Software Program Payroll.

Biasanya, software-software tersebut dijual berdasarkan sistem hak pakai. Harganya pun bervariasi tergantung dari kelengkapan fitur dalam software dan technical support dari setiap penyedia software yang bersangkutan.

Software Program Payroll


Program Payroll merupakan software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu Anda dalam perhitungan gaji karyawan. Acuan dalam perhitungan tersebut bisa bervariasi tergantung fitur dan versi yang dikeluarkan oleh developer pembuat software.

Misalkan saja seperti Software Program Payroll yang dikeluarkan oleh Krishand. Aplikasi Krishand Payroll dapat dibilang sederhana namun mempunyai fitur yang cukup lengkap dan mudah untuk dioperasikan. Program Payroll Krishand ini juga memungkinkan Anda sebagai user untuk mengubah beberapa acuan seperti perubahan peraturan PTKP, Biaya Jabatan, dan tarif PPh 21. Anda sebagai user juga dapat membuat formula perhitungan sendiri.

Manfaat Program Payroll bagi sebuah usaha baik besar maupun kecil pada dasarnya adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam perhitungan yang dapat saja terjadi jika dihitung secara manual. Selanjutnya juga untuk lebih mengefisiensikan waktu dalam perhitungan sehingga pemberian gaji dapat tepat waktu alias tidak molor. Dan terakhir, untuk mengefisiensikan biaya pengeluaran jika menggunakan jasa pihak ketiga secara manual.

Jika Anda memang berniat untuk memiliki Software Program Payroll maka ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan:

  • Pertama, Software Program Payroll tersebut harus mampu menghitung potongan dan jumlah gaji. Sistem mesti mampu secara otomatis menghitung potongan pajak, asuransi maupun potongan BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan.
  • Kedua, Software Program Payroll tersebut mesti dapat membuat formulir pajak.
  • Ketiga, Software Program Payroll tersebut mesti dapat menyimpan data secara otomatis tanpa harus membuang kertas dan tempat penyimpanan.
  • Keempat, Software Program Payroll tersebut mempunyai fitur technical support yang dapat membantu penyesuaian dari kebutuhan user.
  • Kelima, Software Program Payroll tersebut mesti dapat diakses dengan mudah.
  • Keenam, Software Program Payroll mesti dapat terintegrasi dengan sistem cloud base. Sistem cloud base ini memungkinkan perubahan data terkait kebijakan pemerintah secara otomatis yang diupdate oleh developer. Sehingga user tidak perlu bersusah payah dalam pengupdatean tersebut. Namun, jika user tidak membutuhkan akses internet dalam usahanya, Software Program Payroll juga dapat berjalan secara offline meski user harus menginput data kebijakan baru dari pemerintah secara manual.
  • Ketujuh, Software Program Payroll mesti dapat menghasilkan berbagai laporan-laporan seperti slip gaji, daftar penghasilan bulanan.tahunan, atau laporan man power untuk kebutuhan analisa Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain ketujuh dari fungsi dasar yang harus dimiliki Program Payroll adalah fitur tambahan yang membuat antar software menjadi unik. Oleh karena itu, pemilihan Software Program Payroll mesti disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai user.

Software Penjualan Barang dan Jasa

Software Penjualan Barang dan Jasa merupakan perangkat lunak komputer yang dapat membantu Anda dalam menganalisa serta mendata terkait penjualan barang dan jasa yang Anda lakukan. Pendataan tersebut meliputi invoice, kwitansi, faktur pajak, sales order dan lain sebagainya. Seperti halnya yang dimiliki oleh Krishand Invoicing yang merupakan salah satu dari sekian banyak Software Penjualan Barang dan Jasa. Pada Krishand Invoicing, Anda sebagai user juga dapat memperoleh Laporan Analisa Piutang, dan pelaporan SPT secara otomatis.

Hal-hal yang mesti Anda perhatikan sebelum memilih Software Penjualan Barang dan Jasa adalah:

  • Pertama, Software Penjualan Barang dan Jasa mesti mudah dalam pengoperasionalan dalam hal mendata barang-barang yang akan dijual.
  • Kedua, Software Penjualan Barang dan Jasa seharusnya dapat membuat transaksi menjadi lebih cepat.
  • Ketiga, Software Penjualan Barang dan Jasa juga mesti dilengkapi dengan Sales Order atau Purchasing Order dalam memudahkan order pembelian.
  • Keempat, Software Penjualan Barang dan Jasa dapat menampilkan neraca keuangan dengan cepat. Seperti Laporan Analisa Piutang, Aset, Liabilitas, dan Ekuitas.
  • Kelima, Software Penjualan Barang dan Jasa dapat menampilkan data barang secara akurat, simpel dan otomatis.

Jangan khawatir tentang kemungkinan Anda akan dirugikan terkait fitur dalam software-software tersebut yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, sudah banyak developer atau vendor pembuat software tersebut yang menyediakan masa trial atau versi gratis berjangka agar user lebih paham mengenai operasional dari software tersebut. Bahkan ada pula yang menyediakan video tutorial terkait cara pemakaian dari software-software tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel