Ketika Sewa Apartemen Lebih Aduhai Ketimbang Sewa Hotel

Sewa Apartemen

Teknohits.com - Dewasa ini, bisnis apartemen memang tengah menggeliat. Bisnis apartemen yang dimaksud disini bukanlah semata yang dilakukan oleh perusahaan atau developer properti saja, tetapi lebih kepada si pemilik apartemen. Pemilik apartemen yang telah membeli sebuah unit dari developer lalu memutuskan untuk menyewakan unitnya tersebut. Baik sewa apartemen harian maupun sewa apartemen bulanan bahkan tahunan.

Sehingga, apartemen tidak lagi dilihat dari sisi sebagai pengganti rumah tinggal biasa, simbol kemapanan dan pamor prestise di mata masyarakat. Tetapi, sudah menjadi semacam investasi menggiurkan yang tentu saja dapat mendatangkan income atau pendapatan kepada pemiliknya. Hal inilah yang membuat bisnis penyewaan apartemen semakin diminati di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Penyewaan apartemen sebenarnya bukanlah satu-satunya model bisnis properti yang tengah melejit. Semenjak zaman aplikasi dan online marak, siapapun yang mempunyai properti pribadi seperti apartemen, rumah atau villa dapat dengan mudah menyewakannya kepada siapa saja. Entah itu lewat akun media sosial masing-masing pemiliknya ataupun menggunakan platform-platform aplikasi yang merupakan jembatan antara pemilik dengan calon klien. Salah satu contoh platform tersebut yang cukup terkenal tidak saja di Indonesia melainkan di dunia adalah AirBnB.

Harganya? Bisa Anda bayangkan sendiri. Harganya pasti akan jauh lebih murah ketimbang Anda menyewa sebuah kamar hotel. Jika pertanyaannya mana yang lebih murah dan menguntungkan, apakah sewa apartemen harian atau sewa apartemen bulanan, jawabannya tergantung dari kebutuhan dan mobilitas Anda sendiri.

Sewa Apartemen Harian


Tak salah kalau Anda menemukan beberapa pendapat yang mengatakan bahwa bisnis hotel ke depannya akan semakin seret. Pasalnya, hal ini disebabkan karena kecenderungan bisnis properti yang tidak lagi dimonopoli oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga merambah hingga tataran paling bawah yaitu si pemilik properti tersebut. Bisnis properti konvensional atau katakanlah patron lama selalu menempatkan pemilik properti sebagai konsumen. Tidak ada lagi strata di bawah pemilik properti sebagai konsumen. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dimana teknologi informasi dapat memudahkan deal dan transaksi, maka si pemilik properti tidak lagi menjadi tataran terbawah dari patron lama tersebut. Si pemilik properti dapat memutuskan sendiri apakah properti miliknya hanya dia sendiri yang menggunakan atau memutuskan untuk disewakan harian maupun bulanan. Sehingga, jika Anda adalah pengusaha hotel sudah sepatutnya waspada dan memutar otak terhadap hal tersebut.

Sewa apartemen harian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sewa kamar hotel. Bahkan, banyak sumber mengatakan bahwa keuntungan menyewa apartemen harian lebih besar ketimbang menyewa kamar hotel. Terlebih jika si penyewa atau klien merupakan satu keluarga yang memang kebutuhannya tidak hanya sekedar kamar.

Mengapa begitu? Sebab satu unit apartemen tak ubahnya seperti sebuah rumah kecil. Satu unit apartemen mestilah mempunyai kamar, kamar kecil, dapur, dan ruang keluarga. Hal inilah yang membuat perbedaan cukup mendasar dengan hotel. Sementara perangkat fasilitas lain tentunya beragam dari setiap hunian apartemen.

Dilihat dari harga, sewa apartemen harian di Jakarta rata-ratanya berkisar antara Rp. 450.000 hingga Rp. 550.000/harinya. Tetapi bukan berarti tidak ada yang lebih murah atau lebih mahal dari itu ya. Semua tergantung dari letak strategis apartemen tersebut, dan dari kelengkapan serta fasilitas yang ada dalam unit apartemen tersebut. Keuntungan lain yang didapatkan dari sewa apartemen harian adalah Anda tidak akan dibebankan dengan biaya perawatan.

Sewa apartemen harian cocok untuk Anda yang bepergian bersama keluarga. Entah itu rekreasi, atau menghadiri acara keluarga, atau bisa juga saat menghadiri acara wisuda dari anggota keluarga. Tentu akan lebih layak untuk menyewa apartemen secara harian ketimbang harus menyewa kost-kostan atau kamar hotel sekalipun. Sewa apartemen harian juga cocok untuk Anda yang sedang tugas kerja atau berkepentingan dalam waktu singkat kurang dari satu bulan. Para ekspatriat yang juga sedang dalam urusan bisnis dalam waktu singkat juga cenderung memilih untuk sewa apartemen harian.

Sewa Apartemen Bulanan


Sewa apartemen bulanan tak ubahnya seperti Anda mengontrak rumah. Bedanya tentu ada pada fasilitas yang ditawarkan di setiap unit apartemen. Tetapi, jika Anda memilih untuk menyewa apartemen secara bulanan Anda juga akan dibebankan biaya lain seperti biaya perawatan yang memang diterapkan oleh setiap hunian apartemen.

Sewa apartemen bulanan cocok untuk Anda yang baru menetap di sebuah kota tetapi belum mempunyai tempat tinggal. Atau sedang berada dalam masa tugas kerja dimana membutuhkan tempat tinggal dalam kurun waktu yang lebih lama dari satu minggu. Ekspaktriat yang sedang melakukan kunjungan bisnis juga cenderung memilih untuk menyewa apartemen ketimbang menyewa kamar hotel.

Untuk harga, kisaran sewa apartemen bulanan di Jakarta adalah Rp. 8.000.000. Letak strategis dari hunian apartemen tersebut dan kelengkapan fasilitasnya juga membuat variasi harga dari setiap hunian apartemen.

Tips dalam Menyewa Apartemen Baik Sewa Apartemen Harian maupun Sewa Apartemen Bulanan
Jika Anda memilih untuk menyewa apartemen baik itu sewa apartemen harian maupun sewa apartemen bulanan, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  • Pertama, ketahui fasilitas yang ada pada setiap unit apartemen. Jika Anda melihat sebuah iklan penyewaan apartemen, maka cari tahu terlebih dahulu fasilitas-fasilitas yang ada pada unit apartemen tersebut. Anda bisa mengkomparasikannya antara fasilitas yang tertera di iklan dengan fasilitas pada unit yang sama di website developernya. Apakah terdapat perbedaan? Ataukah fasilitas di iklan terasa melebih-lebihkan? Itu semua dikembalikan kepada Anda untuk memutuskan. Jangan sampai ekpektasi yang Anda harapkan tidak sebanding dengan yang ada di lapangan ketika Anda memutuskan untuk menyewa apartemen harian maupun menyewa apartemen bulanan.
  • Kedua, letaknya strategis dan kemudahan transportasi. Bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi tentu kedua hal ini menjadi penting. Sehingga jangan langsung tergiur dengan harga murah saja tetapi juga melihat kondisi dan kebutuhan Anda. Hal ini berlaku baik Anda ingin melakukan sewa apartemen harian maupun sewa apartemen bulanan.
  • Ketiga, lebih bagus jika Anda melakukan deal dengan pemilik apartemennya langsung. Memang, tidak semua broker atau pihak perantara atau agen tidak berlaku profesional terhadap calon klien. Misal dengan melebih-lebihkan informasi tentang fasilitas dalam unit apartemen tersebut sehingga Anda menjadi tertarik tetapi ketika sudah deal cenderung lepas tangan. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda membuat deal dengan pemilik apartemennya langsung. Banyak tempat atau platform yang memberikan data lengkap termasuk nomor kontak pemilik. Anda hanya membutuhkan ketelitian dan kesabaran serta kemauan dalam meriset hal tersebut sehingga tidak dirugikan nantinya.
  • Keempat, jika memungkinkan lakukanlah survey. Mintalah kepada pemilik atau agen agar Anda dapat menyurvei atau melihat-lihat langsung ke dalam unit yang disewakan. Terlebih jika Anda membutuhkan untuk sewa apartemen bulanan. Hal ini agar Anda lebih yakin tentang tempat yang akan Anda sewa tersebut. Anda pun juga dapat meminta bantuan kepada rekan atau keluarga untuk melakukan survey tersebut.
  • Kelima, perhatikan dengan seksama perjanjian sewa yang akan Anda tandatangani. Di beberapa apartemen, Anda akan diminta menandatangani dokumen perjanjian sewa. Baca dan pahami dokumen tersebut sebelum Anda memutuskan untuk menandatanganinya. Dokumen perjanjian sewa mungkin hanya akan Anda temukan ketika menyewa apartemen secara bulanan dan tahunan.
  • Keenam, pahami juga tentang peraturan yang ada di setiap apartemen. Peraturan yang ditetapkan di setiap apartemen memang bervariasi. Mulai dari kartu akses sampai dengan keamanan serta penggunaan fasilitas publik yang ada di apartemen tersebut. Sehingga jangan sampai perjanjian sewa Anda dibatalkan oleh karena ketidaksengajaan yang Anda lakukan. Sehingga penting untuk memahami poin ini terlebih jika Anda menyewa apartemen dalam waktu yang relatif lama. Baik itu sewa apartemen bulanan maupun tahunan.

Dan yang lebih penting lagi adalah pilihlah dengan bijak platform atau aplikasi yang Anda gunakan sebagai bahan awal informasi sebelum Anda memutuskan menyewa apartemen harian maupun menyewa apartemen bulanan. Anda harus paham bahwa bertransaksi online punya resiko pun termasuk ke dalamnya adalah soal penyewaan apartemen ini. Anda bisa googling untuk mengetahui mana platform yang benar-benar terpercaya dan sedikit kemungkinan bisa membuat Anda rugi. Jangan ragu pula untuk menanyakan kepada orang-orang yang punya pengalaman lebih dalam penyewaan apartemen. Hal ini tentu saja agar Anda dapat lebih nyaman dalam memutuskan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel