Awas! Inilah 9 Penyebab Laptop Hang

Laptop Hang merupakan sebuah hal yang sangat menjengkelkan. Terutama untuk kamu mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi pasti kamu akan merasa frustasi jika mengalami masalah tersebut.

Maka dari itu, teknohits akan menjelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop kamu hang. Berikut ini merupakan beberapa penyebab laptop hang yang kudu kamu ketahui sebelum masuk ke langkah memperbaikinya:

1. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Penyebab paling umum terjadinya hang pada laptop yaitu terletak pada aplikasi yang terlalu banyak dibuka dalam satu waktu. Sehingga kapasitas laptop itu sendiri tidak sanggup menjalankan semuanya dan terjadi hang. Bagi sebagian pengguna awam, kapasitas sebuah laptop atau PC cuka diukur melalui RAM saja. Akan tetapi, sebenarnya prosesor dan jenis memori internal juga memengaruhi terjadinya hang.

Tiap aplikasi yang dibuka membutuhkan proses membaca dan menuliskan data, hal ini dikerjakan oleh prosesor, memori internal, dan RAM secara bersamaan. Bahkan VGA untuk kondisi tertentu. Prosesor yang sudah usang akan mengalami penurunan kinerja yang menyebabkan proses menjalankan aplikasi semakin lambat, begitu juga dengan RAM dan memori internal.

Maka membuka aplikasi yang terlalu banyak dan melebihi kapasitas CPU kamu bisa menyebabkan error hingga hang.

2. Kapasitas RAM Tak Mencukupi

Masih berhubungan dengan penyebab pertama, kapasitas RAM yang kurang besar bisa pengaruhi terjadinya laptop hang. Itu karena RAM laptop merupakan peranti keras yang bertanggung jawab untuk menampung aplikasi aktif.

Tiap aplikasi membutuhkan ruang RAM yang berbeda-beda, umumnya diukur melalui seberapa aplikasi tersebut dioptimasi dan banyaknya fitur yang bisa digunakan. Aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan melebihi kapasitas RAM laptop akan tertutup secara otomatis. Namun, terdapat saat laptop tidak sanggup melakukan penutupan otomatis dan terjadilah hang.

3. Laptop Overheat

Laptop overheat atau kepanasan merupakan hasil dari kerja semua peranti keras yang bekerja tanpa adanya istirahat, serta sistem pendinginan yang tidak optimal. Setiap laptop mempunyai sebuah jenis pendinginan berbeda-beda. Bahkan terdapat yang memakai sistem water cooling untuk mendinginkan CPU.

Laptop yang mengalami overheat kebanyakan akan menghentikan kerja CPU dan menyebabkan hang. Akan tetapi, ada pula yang mengabaikan overheat dan laptop akan terus bekerja yang dapat menyebabkan salah satu peranti kerasnya terbakar.

4. Driver Corrupt

Penyebab laptop hang berikutnya yaitu driver yang corrupt atau mengalami error. Driver umumnya dipakai sebagai penghubung antara peranti keras dengan sistem operasi. Driver yang corrupt tentu akan memutuskan komunikasi antar kedua hal terpenting pada sebuah laptop sehingga terjadi hang.

Peranti keras yang tidak tersambung dengan sistem operasi tentunya akan menghentikan kerjanya, dan laptop juga akan mengalami hang hingga mati secara tiba-tiba.

Penyebab Laptop Error Tidak Bergerak Lainnya~

5. Setting BIOS

BIOS atau Basic Input Output System yaitu bagian dari CP/M, yang dibikin pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan peranti keras Mudahnya, BIOS yaitu salah satu penghubung antara sistem operasi dengan peranti keras yang pertama kali berjalan. Tentu saja sebelum driver menjalankan bagiannya.

Sama hal itu dengan Driver corrupt, pengaturan BIOS yang keliru akan menyebabkan error pada proses kerja peranti keras dan menyebabkan laptop hang.

6. Error pada Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal seperti keyboard dan mouse ternyata pula merupakan salah satu penyebab terjadinya laptop hang. Perangkat error yang dihubungkan ke laptop akan menghasilkan proses driver perangkat menjadi terhambat. Hal tersebut terkadang akan menghasilkan kejadian Device Not Responding sampai sistem operasi yang ikut error dan hang.

7. Virus

Virus tentunya jadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan kekacauan bagi setiap sistem PC. Terdapat virus pada PC kamu tentu akan menghambat kinerja laptop hingga menyebabkan hang. Bahkan, ada virus yang dapat menyebabkan CPU overheat dan merusak laptop secara permanen. Maka sebuah software antivirus adalah satu-satunya hal yang wajib kamu miliki dalam sebuah laptop.

Bila kamu sedang mencari aplikasi antivirus terbaik untuk laptop yang gratis maupun berbayar, kamu dapat cek artikel yang sudah Jaka buat di bawah ini.

8. File System Corrupt

Kejadian sistem file yang corrupt tersebut umum terjadi pada PC dengan sistem operasi Windows 10 dan 7 setelah melakukan update besar. Setiap terdapat update, sistem operasi akan mendapatkan file baru yang menggantikan file lama. Akan tetapi, beberapa kali pengguna Windows 10 dan 7 mengalami hang setelah update sistem.

Cara mengatasi laptop hang sebab sistem file yang corrupt adalah dengan melakukan downgrade sistem ke versi sebelumnya, atau menunggu update selanjutnya untuk memperbaiki sistem operasi.

9. Software Error

Terakhir yaitu software yang sedang kamu gunakan mengalami error. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan banyak hal, mulai dari penggunaan software yang kurang baik hingga bug dalam software yang belum dioptimasi. Cara untuk atasi laptop hang karena sebab ini, tentu dengan menghindari aplikasi yang sering mengalami error atau melakukan re-install.