HENTIKAN! Ternyata Ini 5 Penyebab Layar HP Cepat Rusak

Hallo sobat teknohits. Kali ini mimin akan memberikan informasi super penting untuk kamu pengguna smartphone yaitu 5 Penyebab Layar HP Cepat Rusak. Ini bisa kamu minimalisir dengan mengindari segala hal yang akan buat layar HP kamu cepat retak.

Layar HP merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam smartphone. Karena jika layar HP kamu mengalami kerusakan sekecil apapun dan kamu sabodo amat maka akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Jadi yuk kita bahas apa saja sih Penyebab Layar HP Cepat Rusak berikut ini.

Kerusakan terhadap layar HP ternyata dapat disebabkan dari aktivitas sehari-hari yang kamu anggap normal alias biasa-biasa saja. Teknohits akan kasih tau lima kebiasaan atau pola penggunaan yang bisa bikin layar HP kamu cepat rusak. Cekidoootttt!

1. Menaruh HP di Tempat Sempit

Sebagai ‘teman’ yang selalu mendampingi kemana pun kamu melangkah, terkadang kamu enggak memperhatikan di mana meletakkan HP kita secara tepat. Seringkali kamu menyimpan pada saku celana yang super ketat dan sempit.

Gak perlu dipertanyakan lagi, menaruh HP atau smartphone di tempat sempit tentunya bikin tekanan yang diterima layar jadi lebih besar. Bila terjadi dalam jangka waktu lama atau berkesinambungan, layar HP akan mengalami error sesekali, sampai timbulnya retakan di bagian-bagian tertentu.

2. Menekan Layar Berlebihan

Tenaga yang dikeluarkan setiap orang tentu berbeda-beda, salah satunya tenaga yang dikeluarkan oleh jari kala menekan layar HP. Apalagi untuk kamu yang hobi main Mobile Legends atau game lain yang menuntut keaktifan jari kamu dalam menekan layar.

Sama halnya seperti menyimpan HP di tempat sempit, menekan layar dengan tenaga berlebih akan bawa dampak jangka panjang berupa rusaknya layar. Logikanya sama, layar yang sering menerima tekanan berlebih secara terus-menerus pastinya akan cepat menurun performanya dan berujung pada disfungsi alias kerusakan.

3. Menyentuh Layar yang Salah

Kamu enggak pernah letakan HP di tempat sempit atau selalu menekan layar dengan lembut, kamu pula tetap harus memperhatikan cara kamu menyentuh layar HP kamu lho. Apalagi khusus kamu yang gemar memelihara kuku dan umum menggunakan ‘benda tajam’ itu untuk menyentuh layar HP.

Meski enggak setajam silet, pisau atau benda tajam lain, kuku tetap saja merupakan bagian tubuh paling tajam di tubuh manusia. Seringnya layar menerima ‘hantaman’ kuku malah dapat perpendek umur layar HP tersebut. Berawal dari munculnya lecet dan beret, layar HP kamu kemudian bisa berujung pada kerusakan dan mati total.

4. Ditaruh Dekat Barang Elektronik

Aktivitas sehari-hari kamu memang enggak dapat lepas dari berbagai benda atau alat elektronik. Enggak heran jika seringkali kita menaruh HP di dekat benda elektronik lain semisal di atas TV, di dekat laptop atau di bawah kulkas?

Menaruh HP di dekat benda elektronik lain, terutama yang sedang menyala atau dalam keadaan aktif ternyata dapat mempengaruhi kinerja layar HP! Barang-barang seperti TV, radio dan benda lainnya memiliki magnet cukup besar yang bisa menurunkan responsivitas layar HP kamu.

5. Sinar Matahari Langsung

Kamu yang aktif dengan beragam kegiatan luar ruangan harus lebih memperhatikan hal yang berikut ini. Usahakan untuk menghindari smartphone atau HP kamu dari sorot sinar matahari secara langsung.

Kontak sinar matahari yang terus-menerus pada layar dapat mengikis layar itu sendiri dan mengakibatkan perubahan kontras dan warna pada seluruh tampilan layar. Apalagi sinar matahari yang semakin panas akibat adanya global warming, maka risiko kerusakan pada layar jadi semakin besar.