Bagusan Exynos vs Snapdragon? Ini Perbandingannya!

Saat kamu membeli hp baru apa pertimbangan ukur dalam memilih hp baru? Kamu pasti tertuju pada kapasitas RAM, baterai yang tahan lama dan prosesor power full.

Ngomongin prosesor kebanyakan HP-HP flagship zaman sekarang menggunakan chipset Snapdragon karena memang prosesor tersebut dianggap sebagai yang terbaik. Mungkin kamu juga sudah tahu jika Snapdragon lebih baik dari mediatek. Tapi bagaimana jika kita bandingkan dengan Exynos siapa yang lebih baik? Yuk kita ulas dibawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Prosesor Exynos dan Snapdragon

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan utama, ada baiknya kita mengenal lebih dekat tentang kedua prosesor terbaik ini terlebih dahulu. Seperti yang sudah teknohits katakan sebelumnya, hampir semua HP flagship, terutama yang diproduksi dari China menggunakan prosesor Snapdragon.

Berbeda dengan HP keluaran Samsung, sob. Semua HP Samsung menggunakan prosesor Exynos, baik pada HP low-end, mid-end, sampai flagship paling anyar seperti Samsung Galaxy S20 series. Snapdragon dirancang oleh produsen SoC kenamaan, yaitu Qualcomm. Performance-nya yang sangat keren bikin prosesor ini digunakan oleh hampir semua HP Android di dunia.

Berbeda dengan Exynos. Exynos adalah sebuah prosesor yang telah dikembangkan secara khusus oleh Samsung untuk semua perangkatnya. Meskipun begitu, hal tersebut enggak menutup kemungkinan jika brand lain juga menggunakan prosesor tersebut.

Dari segi produk, Snapdragon mempunyai pilihan varian yang lebih banyak dibandingkan dengan prosesor HP seri Exynos. Hal tersebut buat Snapdragon mempunyai kemampuan yang lebih bervariasi. Meskipun rata-rata HP Samsung menggunakan chipset Exynos, akan tetapi HP Samsung yang ada di pasar Amerika Serikat dan China menggunakan prosesor Snapdragon.

Perbandingan Exynos vs Snapdragon

Kini kita masuk ke segmen perbandingan antara Exynos vs Snapdragon. Supaya adil, teknohits bakal mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan dari 2 prosesor tersebut.

1. Harga

Gak perlu jauh-jauh membahas performa dulu, deh. Salah satu indikator perbandingan yang paling mudah adalah dari segi harga terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui, HP Samsung yang memakai prosesor Exynos dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan HP dengan Snapdragon.

Performa pada HP kelas mid-range berbekal Exynos 9611 vs Snapdragon 712 cukup jauh berbeda. Snapdragon 712 bikin HP mid-range kamu mempunyai performa yang mirip dengan HP flagship. Kalau kamu mau beli HP mid-range, saran Jaka pilihlah yang menggunakan chipset Snapdragon.

2. Efisiensi Baterai

Jika kamu suka main game di HP, enggak cuma RAM dan jenis processor saja yang kudu kamu pertimbangkan. Percuma, kan, kalau HP ngangkat game-game berat tapi ketahanan baterainya cupu?

Faktor ketahanan baterai adalah salah satu keunggulan Exynos dibandingkan dengan Snapdragon. Seperti yang kita tahu, Snapdragon memang didesain untuk kamu yang membutuhkan performa maksimal.

Sementara, Exynos yang dirancang oleh Samsung telah dioptimasi supaya dapat bekerja tanpa perlu menguras baterai. Kalau kamu cuma pakai HP untuk main media sosial dan chatting, HP dengan chipset Exynos bisa jadi solusi.

3. Performa

Nih, saat ini kita masuk ke dalam performa, sob. Antara Exynos vs Snapdragon, keduanya mempunyai sebuah perbedaan performa yang cukup signifikan, terutama pada multi-core benchmark. Exynos terlihat mempunyai keunggulan pada single-core benchmark serta lebih hemat RAM. Sayangnya, performanya kalah ngebut dibandingkan dengan Snapdragon.

Perbedaan Exynos vs Snapdragon enggak begitu signifikan pada HP-HP flagship. Bisa dibilang, Exynos mampu menandingi Snapdragon pada HP flagship meskipun belum dapat mengalahkan Snapdragon.

Exynos vs Snapdragon, Bagus Mana?

Jika melihat pembahasan Exynos vs Snapdragon di atas, sih, sudah kelihatan bahwa Snapdragon lebih unggul dibandingkan Exynos. Apalagi, untuk HP kelas mid dan low.

Akan tetapi, untuk kelas flagship, kualitas prosesor Exynos gak kalah dengan Snapdragon. Apalagi, Exynos memang sudah didesain dan dioptimasi secara khusus untuk HP Samsung supaya dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Selebihnya kembali lagi ke preferensi kamu masing-masing serta bujet yang kamu miliki mengingat HP Samsung dengan prosesor Exynos mempunyai harga yang lebih tinggi.