Mengupas Habis Format Gambar JPG dan JPEG, Apa Bedanya?

Mengupas Habis Format Gambar JPG dan JPEG, Apa Bedanya?

Jika kamu pecinta fotografi tentunya sudah enggak asing lagi dengan format gambar JPG dan JPEG. Meskipun kelihatan nya gak penting tapi mimin yakin pasti kamu pernah berpikir apasih bedanya JPG dan JPEG? Apakah sama?.

Mungkin namanya sampir sama tapi ternyata kedua format gambar tersebut berbeda lho sob. jadi teruntuk kamu yang masih bingung, dalam artikel ini mimin akan membahas habis apa saja sih perbedaan dari format gambar JPG dan JPEG berikut ini.

Perbedaan JPG dan JPEG, Sama atau Beda?

Dari antara berbagai macam format gambar, JPG dan JPEG jadi sebuah jenis format yang paling sering dan paling umum dipakai di semua foto-foto yang kita temui di dunia digital.

Contohnya saja, bila kamu telah membaca artikel Jaka yang berjudul Kumpulan Gambar Kartun Lucu ini, kamu akan menenjo semua gambar atau fotonya menggunakan format .jpg atau .jpeg. Kira-kira apa ya yang membedakan keduanya?

Daripada penasaran, berikut akan mimin bahas satu-satu!

1. Mengenal Ragam Format Gambar

Dunia fotografi atau gambar mengenal beberapa jenis format gambar, dimulai dari RAW, GIF, PNG, hingga yang sedang kita bahas sekarang, yaitu JPG dan JPEG.

Bila format RAW sendiri dikhususkan pada foto-foto berkualitas high, maka GIF mempunyai spesialisasi gambar animasi atau gambar bergerak, sedangkan PNG secara khusus mempunyai tampilan yang transparan sehingga umum dibuat logo.

Bila semuanya mempunyai perbedaan yang signifikan, lain halnya dengan JPG dan JPEG. Maksudnya? Berarti kedua format ini sebenarnya sama, dong? Eh, jangan buru-buru ambil kesimpulan dulu, geng! Mimin bakal jelasin pelan-pelan dulu di bawah ini.

2. Format JPEG, Pionir Gambar dan Foto Kece

Sebelum membahas tentang bedanya JPG dan JPEG, teknohits perlu jelaskan terlebih dahulu tentang format gambar JPEG yang sering banget kita temuin di aneka jenis foto.

VIRAL :  Cara Mudah Screenshot di Perangkat Macbook

JPEG adalah sebuah singkatan dari Joint Photographics Expert Group. Format gambar ini mulai dikembangkan pada tahun 1986, di mana pada tahun 1992 versi ISO Standard nya secara resmi dirilis dan dipakai secara luas oleh masyarakat.

JPEG sendiri pertama digunakan di komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi UNIX, yakni sekitar tahun 1990-an awal. Memang sudah jadul banget, geng!

3. Format JPG, Generasi Terbaru JPEG

Nah, setelah kita bahas tentang format JPEG, saatnya kita ulas mengenai format gambar JPG. Untuk kamu yang sudah menduga-duga bahwa JPG dan JPEG sebenarnya sama, kamu benar sob! So. semua ini berawal dari versi terdahulu dari Windows/DOS system yang butuh penamaan file ekstensi hanya terdiri dari 3 huruf saja. Dengan demikian, ekstensi .jpeg gak dapat dipakai karena memiliki 4 huruf.

Maka dari itu, dibuatlah ekstensi terbaru dari JPEG yang terdiri dari 3 huruf, yakni .jpg atau JPG. Saat ini, versi terbaru dari Windows sudah bisa mendukung ekstensi 4 huruf, jadi baik JPG maupun JPEG bisa dipakai.

4. Keunggulan dan Kelemahan

Keunggulan JPEG atau JPG yang paling utama yaitu ia punya tingkat kompresi tinggi namun tetap menggunakan warna true colour (24 bit). Hasilnya, walau ukuran file-nya kecil, warna yang ditayangkan tetap akurat, sehingga kualitas gambar dapat terjaga dengan sempurna.

Nah, keduanya adalah format kompresi bitmap, biasanya untuk kompresi lossy, yang rasionya berkisar 10:1 sampai 20:1. Kompresi rasio ini sendiri bisa dibesarkan atau dikecilkan, baik dari sisi ukuran file maupun kualitas. Itu berarti, saat dikompresi nantinya, barisan piksel yang memadati foto akan dihilangkan. Secara tidak langsung, hal itu akan mengurangi kualitas foto yang kamu punya, sobat!

VIRAL :  Cara Membuka Smartphone ketika Lupa Password atau Pola

Itu sebabnya, kamu butuh aneka macam aplikasi kompres foto terbaik yang mampu menjaga kualitas fotomu biarpun ukuran ataupun bentuknya dimodifikasi.

5. Kesimpulannya …..

Setelah kamu baca penjelasan mimin di atas, maka kamu dapat menyimpulkan jika keduanya sebetulnya sama aja, bahkan dua-duanya masih menjadi 1 format gambar yang sama, yaitu JPEG. Perbedaan file JPG dan JPEG cuma terletak pada jumlah karakter huruf di ekstensi yang dipakai. Bila .jpeg mempunyai jumlah 4 huruf, .jpg hanya memiliki jumlah 3 huruf aja. So, sekarang sudah gak ada yang perlu dibingungkan lagi jika kamu mendapatkan foto ataupun gambar dengan kedua format gambar ini. Jelas kan?