10 Software Desain Rumah Terbaik | Bebas Bikin Rumah Sendiri

Hallo sobat teknohits. kali ini mimin akan merekomendasikan deretan software desain rumah terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk untuk membuat atau mendesain rumah idaman kamu sendiri. tak usah basa basi. inilah simak 10 Software Desain Rumah Terbaik berikut ini.

1. NCH DreamPlan

DreamPlan mungkinkan kamu bikin sketsa rumah, kondominium atau apartemen cuma dalam sekejap. Kamu bisa tentukan warna, tekstur, furnitur dan dekorasi khusus, serta rencanakan ide lansekap eksterior dan halaman rumah. Sangat mudah untuk beralih antara mode tampilan yang berbeda dengan pilihan mode 3D, 2D dan Blueprint.

Software yang dapat berjalan di berbagai platform ini memiliki antarmuka yang menarik serta fitur desain interior yang menarik, karena sudah dilengkapi dengan berbagai item seperti perabotan, furnitur, dan bahkan merencanakan dan merancang ruang bawah tanah.

2. SketchUp Pro

Untuk kamu yang masih awam dalam bidang desain interior ataupun eksterior bisa memanfaatkan forum online yang ada dalam SketchUp Pro. Di dalamnya berisi berbagai tutorial hingga diskusi yang membantumu untuk menyelesaikan project desain impian. SketchUp Pro mungkinkan kamu dengan mudah merancang model rumah 3D yang begitu detail. Software ini pula cukup bagus untuk membuat dokumen presentasi karena telah mendukung berbagai fitur mulai dari perancangan hingga ilustrasi vektor dan juga beragam animasi objek 3D.

3. Home Designer Professional

Home Designer Professional memberikan berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk mendesain rumah idaman mulai dari bagian interior, eksterior, halaman rumah serta perkiraan biaya. So, Home Designer Professional dapat kamu andalkan untuk merombak atau membuat rumah maupun ruangan menjadi lebih mengagumkan.

Software tersebut dilengkapi dengan ribuan objek arsitektur 3D yang dapat kamu gunakan mulai dari furnitur, perabotan, hingga warna dinding dan lantai. Dengan berbagai fitur tersebut membuat Home Designer Professional menjadi salah satu software desain rumah terbaik.

4. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D adalah sebuah software yang paling mudah dan sederhana untuk mendesain rumah. Software ini memungkinkan kamu untuk membuat interior ataupun eksterior sesuka hati cuma dengan beberapa klik saja. Terdapat banyak furnitur yang terbagi dalam beberapa kategori seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Setelah menambahkan furnitur tersebut, kamu bisa mengustomisasinya dengan mengubah warna, tekstur, ukuran, ketebalan, lokasi, dan orientasi. Tampilan 3D ini dapat kamu nikmati di berbagai platform mulai Windows, macOS, Linux, hingga Solaris.

5. HGTV Home & Landscape Platinum Suite

Untuk kamu yang mau mempunyai halaman rumah dan bagian eksterior yang indah, maka dapat memakai HGTV Home & Landscape Platinum Suite ini untuk memulai merancangnya. Salah satu fitur unggulannya adalah the deck builder wizard yang memungkinkan kamu untuk membuat dek atau teras baru, yang kemudian dapat dirapikan dengan tanaman, pagar, dan sebagainya.

HGTV mempunyai sebuah referensi lebih dari 7.500 pohon, tanaman, bunga, semak dan pilihan groundcover serta tersedia berbagai item yang dapat mempercantik halaman rumah maupun bagian eksterior rumah.

6. Space Designer 3D

Space Designer 3D adalah sebuah software berbasis web yang mungkinkan kamu untuk merencanakan dan memvisualisasikan desain rumah ideal memakai browser web. Selain untuk dijalankan diberbagai platform, software ini memungkinkan kamu untuk menggambar denah lantai dari ruang bawah tanah hingga atap dan kamu juga dapat menyesuaikan desain interior dengan dukungan lebih dari 5.000 furnitur yang beragam. Space Designer 3D dapat simulasikan pencahayaan alami secara realistis, dengan efek visualisasi 2D maupun 3D.

7. Chief Architec Premier

Chief Architect Premier adalah salah satu software desain rumah yang diciptakan oleh arsitek maupun desainer profesional. Chief Architect Premier bisa sepenuhnya tangani semua jenis proyek desain rumah untuk tujuan komersial. Fiturnya dapat dibilang sangat lengkap, misalnya saat kamu membuat dinding, maka secara otomatis software tersebut akan bikin model 3D dan tampilkan daftar bahan dan alat-alat bangunan untuk membuat dinding tersebut. Software ini mempunyai katalog objek 3D yang memungkinkan kamu untuk mengekspor data dalam berbagai format.

8. Total 3D Home Design Deluxe 11

Dilengkapi dengan berbagai item seperti perabotan dan furnitur membuat kamu lebih mudah untuk mengkustomisasi ruangan serta halaman rumah kamu menjadi lebih indah. Software tersebut juga cukup ramah bagi pemula yang masih awam dalam bidang desain, karena di dalamnya berisi berbagai fitur yang akan membimbingmu untuk memiliki hunian yang indah. Salah satu fitur terbaiknya adalah smartroom blok yang memungkinkan kamu untuk mengubah ruangan atau kamar menjadi lebih indah dalam waktu sekejap.

9. Virtual Architect Ultimate Home

Lebih dari 7.500 objek seperti furnitur, jendela penutup, lantai, perabotan, dan cat tersedia dalam software berikut. Selain itu di dalamnya juga terdapat semacam tutorial yang mungkinkan kamu untuk belajar tentang desain rumah, mulai dari bagian interior hingga eksterior. Melalui software tersebut bisa bantu kamu perkiraan harga dan bahan yang akan digunakan untuk membangun project desain yang sudah kamu rancang.

10. Punch Home & Landscape Design

Salah satu keunggulan software ini yaitu berkat ada fitur yang bisa bantu kamu wujudkan desain rumah secara virtual, didukung dengan visualisasi 2D maupun 3D serta perkiraan biaya serta bahan yang akan digunakan untuk membangun desain yang sudah kamu rancang. Dukungan lebih dari 4.700 objek berupa, furnitur, perabotan, perlengkapan kamar mandi, pintu, peralatan, jendela, lampu, dan sebagainya. Untuk memulainya kamu bisa memilih menu quickstart kemudian kamu akan menemukan langkah lebih lanjut memulai merancang desain rumah impian.

Itulah software desain rumah yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan hunian impian. Tak perlu skill yang hebat untuk mewujudkannya karena di dalam software tersebut berisi berbagai contoh serta rujukan yang bisa bimbing kamu dalam menciptakan hunian impian.