Beginilah Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Karton dan Online

Beginilah Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Karton dan Online

Cara membuat kartu ucapan bisa terbilang mudah dan mungkin banyak orang yang menganggapnya sulit. Kartu ucapan yang kamu beli di toko biasanya mungkin memang cantik dan unik, tapi kebanyakan dari kartu ucapan itu tidak personal, jadi membuat kartu ucapan sendiri bisa membuatmu memiliki kontrol sepenuhnya dalam daftar isi yang ada di kartu.

Mulai dari membuat kartu ucapan untuk sahabat, ulang tahun, natal, lebaran dan banyak lagi. Silahkan sesuaikan dengan kreatifitas dan kebutuhan masing-masing. Tanpa panjang lebar, mari disimak tutorial lengkapnya berikut.

Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Karton

Langkah yang pertama, rancanglah bentuk kartu ucapan terlebih dahulu. Caranya:

Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Karton dan Online
Sumber gambar: wikihow.com
  1. Lipat selembar kertas menjadi 2 atau menjadi bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan apa yang kamu inginkan

Jenis kertas yang paling bagus untuk membuat kartu ucapan adalah kertas karton A5, karena kertas ini berukuran sedang dan cukup kuat tapi tidak mengurangi kemudahan dalam melipatnya.

Namun, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan kertas apapun yang ada di rumah. Manfaatkan kertas-kertas di rumah yang sebenarnya masih cukup bagus tapi sudah mau dibuang dengan menjadikannya sebuah kartu ucapan. Yang terpenting, potong kertas itu terlebih dahulu menjadi persegi panjang kemudian lipat menjadi 2 atau menjadi bentuk-bentuk yang kamu inginkan.

  1. Pastikan objek yang akan dipasang di kartu

Objek ini dapat berupa gambar, foto, tulisan cantik ataupun hiasan-hiasan lainnya. Berkreasilah sekreatif mungkin, pikirkan matang-matang penerima kartu ucapan itu dan biarkan imajinasimu membuka jalan untuk pembuatan kartu ucapanmu.

  1. Siapkan rancangan lanjutan

Terdapat berbagai cara untuk melakukannya. Contohnya, lapisi beberapa lembar kertas warna di bagian bawah objek. Semakin ke atas, ukuran kertasnya semakin mengecil.

  1. Tentukan posisi kalimat ucapan

Membubuhkan kalimat pada kartu ucapan dilakukan pada saat semua hiasan telah tertempel yang berarti dilakukan paling terakhir.

Langkah kedua mulai buat kartu ucapan, caranya adalah:

  • Gabungkan rancangan

Ketika sudah mengatur penempatan semua rancangan pada kartu, singkirkan semua terlebih dahulu, tapi tetap jangan lupa dengan tata letaknya masing-masing objek.

  • Tuliskan ucapan di bagian depan kartu jika memang kamu berniat menulisnya disana

Ini bersifat opsional, kamu tidak diharuskan menuliskan ucapan selamat di bagian depan kartu. Yang terpenting, tuliskan ucapan saat hiasan sudah tertempel semua.

  • Terakhir, jangan lupa menulis secarik pesan di bagian dalam kartu

Tulis ucapan atau pesan yang ingin kamu sampaikan kepada penerima kartu. Tulis dengan sungguh-sungguh dan ketulusan yang melimpah sehingga sang penerima kartu mampu memahami perasaanmu saat menulisnya.

Membuat kartu ucapan juga bisa dilakukan secara online, lho!

Cara Membuat Kartu Ucapan Dari Karton dan Online
Sumber gambar: tribun jakarta

Kamu bisa membuat kartu ucapan secara online dengan bantuan dari sebuah aplikasi. Di zaman modern seperti sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mengunduh aplikasi yang sedang kamu butuhkan dalam hitungan detik ataupun menit saja, tak terkecuali mengunduh aplikasi untuk membuat kartu ucapan.

Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Canva. Canva sendiri menyediakan banyak pilihan gambar yang bisa kamu gunakan secara gratis. Itulah yang membuat Canva dipilih banyak orang.

Ini adalah cara memakai aplikasi Canva untuk membuat kartu ucapan:

  • Buka aplikasi Canva dan masuk atau daftarkan akunmu
  • Pilih jenis desain apa yang kamu butuhkan, karena kamu sedang ingin membuat kartu ucapan, maka pilih “Kartu Ucapan”
  • Pilihlah layout yang sesuai dengan pilihanmu
  • Unggah foto atau gambar yang kamu punya untuk hiasan yang akan kamu gunakan
  • Cek kembali kartu ucapanmu, lalu berikan filter yang keren dan menarik
  • Bubuhkan beberapa kata yang berkesan
  • Jika sudah selesai, tinggal kamu simpan dan kamu sudah bisa membagikan kartu itu kepada sang penerima.

Cukup mudah bukan cara membuat kartu ucapan? Tidak membutuhkan waktu banyak maupun tenaga besar untuk membuatnya. Kamu bisa coba sendiri di waktu luangmu.