10 Cara Bikin Foto di Tempat Gelap | Mirip Kayak Artis!

10 Cara Bikin Foto di Tempat Gelap | Mirip Kayak Artis!

Hallo sobat teknohits. Kali ini mimin akan memberikan info menarik nih khusus untuk kamu yang menyukai dunia fotografi. karena dalam artikel ini mimin akan kasih kamu beberapa cara membuat foto ditempat gelap supaya hasilnya lebih baik dan menarik. yuk langsung saja kita simak tahapannya dibawah ini.

1. Jangan Goyang

Jika hasil fotomu malam hari atau tempat gelap sering ngeblur, coba deh kamu pertimbangkan trik yang satu ini, yakni membeli tripod. Di tempat dengan tingkat pencahayaan rendah, goyangan sedikit saja dapat sangat mempengaruhi hasil foto.

2. Gunakan Flash

Saat memakai flash, kamu harus menghindari pengambilan foto dari jarak jauh. Sebab akan bikin LED flash gak bekerja secara maksimal. Penggunaan LED flash terlalu dekat pun akan membuat objek gambarmu kurang detail atau background terlihat kurang jelas. Disarankan untuk memakai flash pada jarak sedang karena penerangannya akan jauh lebih baik.

3. Gunakan Fitur Refocus

Fitur refokus ini bisa membantumu menghasilkan foto yang bagus di malam hari. Malahan hasil fotonya dapat mirip sama yang ada di kamera dslr. Cuma saja tentukan momen yang pas agar hasil jepretan terlihat lebih dramatis.

4. Bidik Objek dengan Sumber Cahaya

Di malam hari kamu dapat memfoto misalnya, misalnya yang punya lampu-lampu penghias atau air mancur dengan lampu warna warni. Teknik foto ini akan bikin fotomu lebih hidup karena suasana malam yang sebenarnya benar-benar terlihat.

5. Manfaatkan HDR

Mode HDR bisa mengambil ambar dengan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Selanjutnya akan dikombinasikan menjadi foto dengan dengan cahaya yang lebih baik.

6. Atur ISO

Kabar baik bagi kamu yang mempunyai HP dengan mode manual di kameranya. Kamu bisa menyeting ISO tergantung tingkat pencahayaan yang ada, sekitar 800-6400. Jika ISO terlalu tinggi juga dapat membuat kualitas foto jadi enggak bagus, seperti banyak titik-titik. Jadi, set lah ISO sesuai dengan tingkat cahaya yang ada.

7. Jangan di-zoom

Saat kamu berada di tempat gelap, menggunakan digital zoom yaitu sebuah hal yang terakhir yang ingin kamu lakukan. Karena zoom akan bikin gambar tampak kurang detail. Untuk itu, sebelum kamu memotret sebaiknya pilih jarak yang enggak terlalu jauh dengan objek foto. Jika kamu tipikal orang suka motret dari jarak jauh, pertimbangkan untuk membeli lensa zoom tambahan, yang bisa bisa ditempel di HP.

8. Gunakan Fitur Black and white

Trik yang satu ini pula dapat dijadikan alternatif untuk memotret di tempat gelap. Hasilnya pula membuat foto terkesan berkelas dan artistik. Enggak cuma itu, fitur black and white juga membantu menghilangkan noise warna yang terlalu mencolok.

9. Kenali HP-mu

Saat ini sudah banyak HP yang mempunyai sebuah kamera bawaan canggih. Fitur-fiturnya juga beragam. Seperti teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF). Teknologi canggih berikut ini bisa bikin gambar dengan kualitas tinggi, dan mempermudah kamu untuk membidik objek yang bergerak, atau letaknya jauh/dekat, dengan kecepatan 0,3 detik.

10. Install Aplikasi Edit Foto

Kamu dapat mengunduh dan menginstall aplikasi edit foto untuk menambahkan filter atau efek pada foto. Tapi, cara ini kurang membantu.