Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar dan Mencairkannya 2021
Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) diperlihatkan disela sosialisasi kartu tersebut, Makassar, Sulsel, Jumat (7/11). Secara bertahap pemerintah akan membagikan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia. Peluncuran tahap awal di lakukan di 19 kabupaten/kota di 10 provinsi dan diperkirakan akan rampung pada pertengahan bulan Desember 2014. ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/ss/pd/14

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar dan Mencairkannya 2021

Cara mendapatkan kartu indonesia pintar dan mencairkannya dalam artikel di bawah ini mungkin akan membantu Anda yang masih awam. Sehingga, bisa mengurus KIP dengan baik dan benar. Apakah langkah-langkahnya sulit? Tentu tidak.

Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu program pemerintah yang dibuat untuk memberikan bantuan tunai pendidikan kepada anak berusia 6 sampai 21 tahun. Yaitu untuk SD, SMP, SMA dan Kuliah.

Tujuan adanya program ini adalah untuk anak-anak sekolah dari keluarga kurang mampu agar mendapatkan layanan pendidikan sampai lulus sekolah menengah. Program ini tidak hanya berlaku bagi yang berpendidikan formal, tetapi juga berlaku untuk anak yang mengambil paket A maupun C.

Lalu, bagaimana cara memperoleh Kartu Indonesia pintar? Mari kita simak ulasannya berikut

Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar dan Mencairkannya

Sebelum mengetahui cara memperoleh Kartu Indonesia Pintar, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuannya, yaitu :

  • Merupakan anak sekolah usia 6 sampai 21 tahun
  • Asal keluarga dari keluarga miskin dibuktikan dengan Kartu Keluarga Sejahtera, anak yatim piatu, korban bencana alam, anak yatim piatu, dan peserta Program Keluarga Harapan.
  1. Cara Mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP)
Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar
Sumber gambar: orami.com

Untuk memperoleh Kartu Indonesia Pintar, tahap yang dilakukan cukup mudah.

Pertama, kamu harus mendaftarkan diri dengan membawa bukti Kartu Keluarga Sejahtera ke sekolah atau lembaga pendidikan terdekat yang terdaftar.

Setelah itu, sekolah atau lembaga pendidikan tersebut akan mendaftarkan kamu melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jangan khawatir untuk kamu yang tidak mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera, kamu bisa meminta surat keterangan tidak mampu ke RT/RW atau Kelurahan/Desa tempat kamu tinggal sebelum datang ke sekolah atau lembaga pendidikan.

Anak yang telah terdaftar kemudian akan mendapatkan kartu masing-masing satu kartu.

Jika kartu tersebut rusak atau hilang, anak tersebut harus segera menghubungi kontak pengaduan yang tertera dalam situs resmi Program Indonesia Pintar. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor kartu dan identitas mu ya.

  1. Cara Mencairkan Dana Kartu Indonesia Pintar

Jika kamu sudah memperoleh Kartu Indonesia tapi bingung bagaimana cara mencairkannya, berikut penjelasannya :

  • Melaporkan nomor Kartu Indonesia Pintar ke sekolah, lembaga pelatihan, atau pusat kegiatan belajar lainnya yang telah terdaftar.
  • Tahap kedua adalah sekolah akan memasukkan nomor siswa tersebut ke Data Pokok Pendidikan atau Dapodik di bawah Kemendikbud.
  • Data tersebut diterima oleh Dinas Pendidikan setempat untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh Direktorat Teknis Kemendikbud
  • Sekolah atau lembaga penyalur dana kemudian akan membuatkan rekening bagi siswa kemudian menunggu untuk disetujui
  • Lembaga atau sekolah tersebut berikutnya akan memberi informasi kepada siswa jika dana sudah siap dicairkan
  • Dana bisa dicairkan menggunakan surat keterangan pencairan dana yang dibuat oleh lembaga pendidikan tersebut ke  lembaga resmi yang sudah ditetapkan dinas sebelumnya

Manfaat Kartu Indonesia Pintar

Program Kartu Indonesia Pintar sendiri digunakan sebagai penanda untuk menjamin layanan dan fasilitas pendidikan bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Tidak hanya siswa yang kurang mampu, program ini juga akan menjamin berbagai anak penyandang kesejahteraan sosial.

Selain itu, manfaat yang diperoleh untuk penerima kartu ini antara lain :

  1. Mendapatkan bantuan sebesar Rp 450.000 per tahun untuk siswa tingkat SD/MI/ Paket A
  2. Mendapatkan bantuan sebesar Rp 750.000 per tahun untuk siswa tingkat SMP/MTs/ Paket B
  3. Mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.00.000 per tahun untuk siswa tingkat SMA/MA/SMK/ Paket C

Demikianlah informasi mengenai Cara Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar dan Mencairkannya, semoga informasi ini dapat membantu kamu yang akan mendaftar program Kartu Indonesia Pintar.