Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2021, Tips Agar Lolos!

Pemerintah mengeluarkan program bernama kartu  pra kerja.  Ini adalah program yang dikeluarkan pemerintah untuk mempersiapkan Anda sebelum terjun ke dunia kerja. Dalam pelatihan ini, nantinya Anda juga akan dikasih insentif atau uang. Lantas, sudah tahukah Anda bagaimana cara daftar kartu pra kerja?

Ini sangat penting utamanya bagi Anda yang merupakan lulusan baru atau fresh graduate, atau mungkin bagi Anda yang belum kunjung menemukan pekerjaan. Disini Anda akan mendapatkan pembekalan sekaligus uang saku sehingga nantinya Anda akan semakin siap dalam bekerja.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online, baik itu lewat hp android ataupun PC/laptop. Langkah-langkahnya juga tergolong mudah, sehingga jangan khawatir merasa kesusahan. Berikut uraian selengkapnya.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Tidak banyak yang tahu, kenyataannya mendaftar kartu pra kerja ini sangatlah mudah. Banyak orang yang berfikir tentang hal ini susah, padahal tidak demikian. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akun terlebih dahulu yakni di prakerja.go.id
  2. Di prakerja.co.id, Anda harus memasukkan data secara lengkap. Anda akan diminta mengisi mulai dari nama lengkap, alamat email, password, dan lain sebagainya.
  3. Setelah memiliki akun, pergilah ke halaman https://prakerja.go.id
  4. Lakukanlah login menggunakan akun yang telah Anda miliki dan buat sebelumnya
  5. Nantinya setelah Anda berhasil login, maka Anda akan masuk ke halaman dashboard
  6. Selanjutnya, Anda harus memverifikasi KTP Anda
  7. Setelah itu, Anda akan diminta melengkapi data diri Anda disana dan juga diminta untuk mengunggah foto KTP Anda beserta foto selfie Anda dengan KTP
  8. Langkah berikutnya, lakukan verifikasi nomer telepon Anda
  9. Kemudian, klik “kirim”
  10. Setelah berbagai tahapan di atas yang sudah Anda lalui, selanjutnya Anda harus mengisi deklarasi survey
  11. Langkah berikutnya, Anda diwajibkan untuk melakukan tes yang tersedia
  12. Setelah tes dilakukan, maka Anda akan ikut seleksi batch
  13. Anda harus memilih batch sesuai domisili atau tempat tinggal Anda
  14. Pendaftaran Anda selesai! dan selanjutnya, tunggu proses evaluasi pendaftaran yang ada.

Meskipun caranya terlihat banyak, tetapi tidak sesulit yang dibayangkan. bukan? Selain itu, meskipun prosesnya panjang, tetapi akan setimpal dengan ilmu yang akan Anda dapatkan saat mengikuti pelatihan. Bekal dari pelatihan tersebut bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk Anda di dunia kerja.

Yang di Dapatkan Pada Pelatihan Pra Kerja

Mungkin Anda selama ini belum terlalu jelas tentang apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda mendaftarkan kartu pra kerja ini. Yang didapatkan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan insentif setiap bulan yang mana jika ditotal adalah hingga sebesar Rp. 3.550.000 yang mana dikirimkan secara bertahap dalam kurun waktu 4 bulan lamanya.
  2. Sertifikasi keahlian sehingga Anda memiliki peluang karir yang lebih tinggi
  3. Membuat Anda lebih produktif saat masa menganggur
  4. Memiliki keterampilan yang sesuai dengan standardisasi

Dan masih banyak lagi kebermanfaatan yang akan Anda rasakan saat mengikuti pelatihan pra kerja di program kartu pra kerja ini. Dengan begitu, Anda akan semakin siap dan juga memiliki bekal skill atau kemampuan saat akan melamar pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan.

Ternyata, cara daftar kartu pra kerja sangat mudah, bukan? Meskipun mudah, sesungguhnya mendaftar ini membutuhkan kesabaran karena prosesnya cukup banyak. Meskipun begitu, hal ini sangat sebanding dengan apa yang Anda dapatkan ketika Anda mengikuti program kartu pra kerja yang secara khusus memang diciptakan untuk mempersiapkan angkatan kerja ini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar