Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Menguntungkan

Banyak orang yang ingin memiliki kartu kredit karena sejuta manfaatnya, tetapi tidak banyak yang mengerti bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan benar. Faktanya, menggunakan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup dan juga sangat bermanfaat untuk mengontrol pengeluaran. Di artikel ini, Anda akan diberitahu bagaimana cara menggunakannya agar menguntungkan dan tidak membuat merugi.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Yang Baik dan Benar

Menggunakan dalam hal ini adalah memanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga Anda mendapatkan manfaatnya dibandingkan negatifnya—terjebak gaya hidup konsumtif misalnya. Cara dalam menggunakan kartu kredit ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memilih credit card sesuai dengan kebutuhan Anda

Kartu kredit atau credit card pada faktanya memiliki banyak jenis. Misalnya, jika Anda adalah seorang pebisnis yang seringkali melakukan perjalanan di luar negeri, maka memilih kartu kredit travel adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena perjalanan yang Anda lakukan akan mendapatkan bonus dan insentif.

Berbeda jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, maka menggunakan kartu kredit yang menawarkan cashback di berbagai ritel akan sangat menguntungkan Anda. Maka dari itu Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki.

  1. Jangan terlalu banyak kartu kredit

Sebaiknya Anda memiliki kartu kredit secukupnya. Hal ini dikarenakan jika Anda memiliki banyak kartu, maka otomatis tanggungan Anda pun semakin banyak. Maka dari pada Anda menyebar “hutang” di banyak kartu, maka lebih baik Anda menggunakan satu kartu kredit saja.

  1. Mengatur limit yang sesuai dengan kebutuhan

Limit kartu yang besar lebih dari kebutuhan Anda bisa membuat Anda gelap mata. Anda bisa menjadi konsumtif dan membelikan berbagai barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Maka dari itu penting sekali untuk mengatur limit sehingga hal yang seperti ini tidak terjadi.

  1. Menghindari tarik tunai dari kartu kredit

Di kartu kredit memang ada fasilitas untuk Anda menarik tunai limit kartu Anda. Tetapi hal ini sebaiknya Anda hindari saja. Ini seperti Anda mendapatkan pinjaman secara instan, bukan? Tetapi sebaiknya Anda menghindari ini karena bunganya yang cukup tinggi. Kebanyakan kartu kredit menetapkan bunga untuk tarik tunai yakni sebesar 2,25% yang mana ini tidak main-main.

Apalagi, Anda juga akan dikenakan tax saat uang tersebut diambil yakni sebesar 4 hingga 6 persen. Tentu dengan begini, bunga yang Anda bayarkan besar sekali, bukan? Maka dari itu, jika tidak sedang benar-benar membutuhkan, menarik tunai dari kartu kredit sebaiknya tidak dibeli.

Tips Agar Tidak Konsumtif

Berbicara mengenai kartu kredit, maka akan sangat erat dengan budaya konsumtif. Hal ini karena kebanyakan pengguna kartu kredit akhirnya jatuh ke lubang konsumtif. Maka dari itu, Anda perlu mengerti bagaimana agar Anda tidak konsumtif. Agar tidak konsumtif, maka sebaiknya Anda:

  1. Tidak selalu tergiur diskon, karena sering kali barang yang di diskon adalah barang yang harganya dinaikkan kemudian diturunkan kembali
  2. Kenali jenis barang konsumtif dan tidak konsumtif, barang konsumtif adalah barang yang nilainya semakin turun sehingga tidak sebanding untuk dibeli dengan kartu kredit. Contoh barang konsumtif (HP, Mobil, dan lain sebagainya)
  3. Memahami kebutuhan diri dengan baik supaya tidak lapar mata

Jangan takut untuk menggunakan kartu kredit. Selama Anda mengerti bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang  benar seperti tips di atas, sebenarnya menggunakan kartu kredit bukanlah hal yang menyeramkan. Tetaplah bijak dalam melakukan transaksi, dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar